Download Tokopedia App
Tentang TokopediaMitra TokopediaMulai Berjualan PromoTokopedia Care
tokopedia-logo
Kategori

Ragi

Filter
Produk
Result By Product
Katalog
Result By Catalog
Menampilkan 15485 produk untuk "Ragi" (1 - 60 of 15485)
Tambah ke Wishlist
Fermipan Ragi Instant 4 x 11 gram
Fermipan Ragi Instant 4 x 11 gram
Rp21.500
BekasiSamudera Shop
starstarstarstarstar (12)
topads icon
Pencarian terkait
Daftar Harga Ragi Terbaru Juli 2020
Harga SAF instant ragi yeast 500gr
Selengkapnya

Tips Membuat Kue Anti Alot

Ragi adalah bahan pengembang kue yang terbuat dari salah satu spesies jamur yang memiliki nama latin Saccharomyces cerevisiae. Ragi merupakan faktor terpenting yang mendukung proses pengembangan roti agar menghasilkan tekstur lebih empuk dan lembut saat digigit. Penggunaan ragi sangat krusial karena apabila salah, dapat membuat adonan tidak mengembang, keras, dan bantat. Untuk itulah pentingnya memakai ragi dengan cara yang tepat pada adonan roti, sehingga akan mendorong proses fermentasi agar adonan roti maupun kue sempurna mengembang. Menambahkan ragi pada olahan makanan memang perlu kehati-hatian, apabila tidak ingin gagal. Salah satunya adalah dengan memastikan bahwa ragi tersebut siap digunakan dengan direndam dalam air terlebih dahulu. Selanjutnya, pastikan Anda mengatur berapa waktu yang Anda gunakan saat membiarkan ragi kering atau ragi basah bekerja dalam proses fermentasi pada adonan. Jangan membiarkan proses fermentasi ragi terlalu lama karena hal ini akan membuat adonan menjadi keras dan terasa alot ketika digigit. Sebaiknya hitung waktu proses fermentasi tersebut dengan tepat. Terakhir, pastikan terdapat kandungan gula pada adonan yang Anda buat karena ragi tidak akan berproses jika tidak ada gula di dalamnya.

Aneka Makanan dari Hasil Fermentasi Ragi

Penggunaan ragi tak terbatas pada adonan kue atau roti saja. Berbagai olahan makanan nikmat ternyata menggunakan ragisebagai bahan utamanya. Salah satunya adalah tempe, sebuah lauk pauk yang sudah sangat dekat dengan berbagai kalangan masyarakat. Tempe menggunakan ragi untuk memproses kedelai yang sudah dibungkus dengan daun pisang agar mengembang dan terjadi proses fermentasi. Ragi juga digunakan untuk membuat tape dan oncom. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membalurkan ragi kering ke seluruh lapisan kulit luar singkong yang sudah direbus dan dibersihkan terlebih dahulu. Tunggulah proses tersebut hingga 3 hari, tape siap dihidangkan, Sedangkan oncom terbuat dari bahan sisa kedelai tahu dan bungkil kacang tanah dan difermentasikan dalam 3-4 hari. Ragi juga dapat membuat aneka olahan memiliki rasa yang lebih manis. Seperti salah satunya adalah tape ketan. Tape ketan merupakan camilan favorit bagi masyarakat jawa. Banyak orang yang membuat tape ketan sebagai makanan hantaran, camilan hingga untuk oleh-oleh bagi sanak keluarga. Di luar negeri sendiri, ragi sering digunakan dalam pembuatan adonan pizza, donat, dan bakpao dari china.


Mengenal Berbagai Jenis Ragi

Membuat aneka roti menjadi lebih mengembang pastinya memerlukan ragi yang ditambahkan ke dalam adonan roti. Namun, sebelum membuat aneka adonan roti maupun kue dengan menggunakan ragi. Sebaiknya, pahami terlebih dahulu berbagai jenis ragi yang ada di pasaran. Ragi dibagi menjadi 3 yaitu ragi basah, ragi koral dan ragi instan. Ragi basah memiliki kadar air yang cukup tinggi dan biasanya berbentuk balok kotak. Ragi ini dapat digunakan dengan menghancurkannya terlebih dahulu sebelum mencampurkannya dengan adonan roti. Namun, perhatikan dengan benar saat menyimpan ragi basah ini, karena ia hanya mampu bertahan selama beberapa hari saja pada suhu dingin. Selanjutnya adalah ragi koral yang memiliki aroma lebih kuat dibanding dengan ragi jenis lainnya. Ragi koral memiliki bentuk bulir-bulir kecil yang dilarutkan ke dalam air terlebih dahulu saat ingin digunakan. Ragi yang juga memiliki nama lain active dry yeast ini sering kita jumpai pada supermarket atau minimarket. Terakhir adalah ragi instan atau ragi yang memiliki tekstur bubuk. Dibanding jenis ragi lainnya, ragi instan lebih mudah dan praktis untuk saat digunakan dalam pembuatan roti. Ragi ini hanya perlu dituang secukupnya ke dalam adonan kue, sehingga proses fermentasi terjadi. Cukup mudah bukan? Pastikan berbagai jenis ragi diatas Anda simpan di tempat yang kering dan lembab udara ya.

Beragam Ragi Instan untuk Keperluan Memasak Tersedia di Tokopedia

Hanya dengan membuka aplikasi dan situs Tokopedia di handphone Anda. Semua kebutuhan harian mulai dari bahan makanan pokok, pakaian, transaksi pulsa, hingga sayur-sayuran segar semua tersedia di Tokopedia. Termasuk bagi Anda yang sedang mencari ragi untuk membuat adonan roti atau masakan lainnya. Di Tokopedia tersedia berbagai jenis ragi mulai dari ragi instan, ragi basah hingga ragi kering dengan lengkap, karena ribuan seller Tokopedia tersebar ke seluruh kota di Indonesia siap memenuhi berbagai macam kebutuhan Anda. Temukan berbagai macam ragi terlaris seperti ragi donat, ragi aktif, ragi wine, ragi fermipan dan ragi roti dengan harga termurah dan kualitas terjamin di Tokopedia. Nikmati juga berbagai jenis penawaran menarik dan program gratis ongkir untuk semua wilayah di Indonesia. Dengan Tokopedia, rasakan pengalaman berbelanja berbagai macam kebutuhan masakan lebih menyenangkan dan tentunya lebih praktis. Yuk, tunggu apa lagi segera berbelanja berbagai kebutuhan Anda dan keluarga di rumah lewat berbelanja online di Tokopedia sekarang juga.


Mengapa belanja online di Tokopedia aman dan bebas penipuan dari para penipu online?Buka Toko Online / Online Shop Gratis di Tokopedia
  • Keamanan

Ikuti Kami

icon-facebookicon-twittericon-pinteresticon-instagram
© 2009 - 2020, PT. Tokopedia.Server process time: 0.040 sec