Download Tokopedia App
Tentang TokopediaMitra TokopediaMulai Berjualan PromoTokopedia Care
tokopedia-logo
Kategori

Terasi

Filter
Produk
Result By Product
Katalog
Result By Catalog
Menampilkan 11437 produk untuk "Terasi" (1 - 60 of 11437)
Tambah ke Wishlist
Terasi Udang - Ny.Siok - 150gr
Terasi Udang - Ny.Siok - 150gr
Rp42.000
SurabayaToko Arbian
starstarstarstarstar (1)
topads icon
Pencarian terkait
Daftar Harga Terasi Terbaru Juli 2020
Harga Terasi Udang Bangka Asli / Trasi Bangka Asli
Selengkapnya

Sedapnya Terasi Penambah Nikmat Setiap Masakan

Terasi memang memiliki bau yang tajam dan warna yang tidak menarik jika dilihat dengan mata. Namun, tahukah Anda jika bumbu dapur yang berasal ikan atau udang rebon difermentasikan ini ternyata mampu membuat aneka olahan masakan lebih nikmat dan sedap. Ya, Terasi memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia dan penikmat sambal ulek khususnya. Segala jenis sambal dan masakan seperti tumis kangkung, pepes dan sayur yang dibuat dengan terasi akan terasa lebih nikmat dan memiliki popularitas di kalangan masyarakat Indonesia. Bukan hanya itu, terasi juga sering dipakai sebagai penyedap masakan dalam berbagai masakan nusantara. Daerah-daerah lain di Asia Tenggara juga mengenal terasi sebagai bumbu masakan yang penting. Biasanya, sebelum digunakan sebagai bumbu. Terasi diolah terlebih dahulu dengan cara dibakar atau pun digoreng dengan minyak. Proses pemasakan inilah yang nantinya akan menghasilkan bau yang jauh lebih tajam dan menghasilkan rasa yang lebih lezat. Salah satu contoh produk terasi khas Indonesia yang melegenda adalah terasi cirebon dan terasi medan. Kedua jenis terasi ini memiliki rasa yang khas dan terbuat dari bahan ikan segar pilihan, sehingga tak ayal jika banyak orang yang mencari kedua terasi ini.

Terasi Udang Khas Cirebon, Bumbu Dapur Warisan Nenek Moyang.

Siapa yang tak pernah mendengar terasi cirebon? Terasi yang sudah diproduksi di Cirebon sejak zaman dahulu ini begitu populer di jajaran bumbu dapur Indonesia. Aroma yang khas dan rasanya yang gurih membuat aneka masakan semakin lebih sedap dan nikmat saat disantap. Siapa sangka jika dulunya terasi yang sedang ada di dapur rumah Anda ternyata tercipta dari sang raja yang menginginkan upeti berupa satu pikul bubukan udang rebon yang sudah ditumbuk. Maka dari itu, pada prosesnya terasi khas daerah cirebon ini menggunakan bahan dasar berupa udang rebon yang ditumbuk. Pemilihan udang rebon pun tak bisa sembarangan, udang rebon yang digunakan dalam proses pembuatan terasi ini hanya menggunakan udang rebon segar, sehingga akan memberikan rasa terasi yang lebih enak. Udang rebon tersebut disimpan semalaman, kemudian dijemur agar menjadi kering. Setelah itu, udang rebon ditumbuk sampai benar-benar halus. Dalam proses penumbukkan, sesekali terasi dicampurkan dengan sedikit air agar hasilnya menjadi berbentuk adonan yang kemudian dicetak dan dijual di pasaran. Seiring perkembangan zaman, saat ini Anda dapat membeli terasi udang khas cirebon ini dengan mudah di pasaran dan dengan berbagai macam kemasan.


Pentingnya Mengolah Terasi Dengan Benar

Terasi adalah salah satu bumbu dapur yang wajib ada di rumah. Bumbu dapur yang terbuat dari udang rebon yang sudah difermentasikan ini umumnya dipakai sebagai bahan penyedap dan bahan utama dalam pembuatan sambal. Bukan hanya sambal, terdapat juga banyak kuliner yang khas dengan bumbu pelengkap terasi. Salah satunya adalah cah kangkung. Makanan ini sering dijadikan sebagai menu sayuran yang populer di banyak restoran. Sayur kangkung dimasak dengan berbagai bumbu, seperti bawang putih, garam, dan sebagainya, kemudian dilengkapi dengan terasi yang menambah rasa nikmat dari cah kangkung. Terasi juga memperkuat rasa dari nasi goreng khas Indonesia. Biasanya terasi dicampurkan ke dalam masakan ketika sedang diolah dengan cara diulek bersamaan dengan bumbu. Namun, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengolah terasi menjadi masakan yang akan disantap Anda dan keluarga. Pertama, pilihlah terasi yang memiliki warna kehitaman. Jangan memilih terasi dengan warna merah karena sebenarnya warna ikan dan udang yang segar akan menciptakan warna hitam pada terasi. Jika terasi berwarna merah, biasanya hal itu disebabkan oleh pewarna makanan tambahan. Kedua, pastikan Anda memasak terasi terlebih dahulu dengan cara dibakar, digoreng maupun dikukus. Hal ini berguna untuk membunuh bakteri penyebab penyakit serta menghilangkan adanya kemungkinan bahan kimia yang terkandung di dalam terasi.


Temukan Berbagai Jenis Terasi Pilihan di Tokopedia

Terasi memang terbukti menjadi salah satu bumbu yang digemari dan menjadi salah satu bumbu yang wajib tersedia di rumah-rumah masyarakat Indonesia. Menambahkan sedikit saja potongan terasi dapat membuat masakan lebih beraroma nikmat dan tentunya membuat masakan lebih sedap. Untuk itu, terasi wajib untuk dimasukkan ke dalam daftar belanja untuk dibeli secara rutin terlebih bagi Anda yang suka memasak. Jika Anda tak menginginkan berbelanja aneka bumbu dapur termasuk terasi menjadi lebih mudah. Jangan khawatir, kini Anda bisa dengan mudah mendapatkan berbagai jenis terasi kesukaan di Tokopedia. Hanya dengan membuka Tokopedia, Anda dapat mencari berbagai jenis terasi yang Anda inginkan dan membelinya langsung secara online. Temukan berbagai jenis merek terasi ternama seperti terasi super, terasi bonang, terasi lombok, terasi abc, hingga terasi panggang merek lainnya di Tokopedia dengan harga murah. Nikmati pengalaman berbelanja aneka terasi lebih menyenangkan dengan penawaran program gratis ongkir dari Tokopedia ke seluruh kota di Indonesia yang akan semakin memanjakan Anda. Tunggu apa lagi? Yuk berbelanja di Tokopedia.


Mengapa belanja online di Tokopedia aman dan bebas penipuan dari para penipu online?Buka Toko Online / Online Shop Gratis di Tokopedia
  • Keamanan

Ikuti Kami

icon-facebookicon-twittericon-pinteresticon-instagram
© 2009 - 2020, PT. Tokopedia.Server process time: 0.040 sec