Pencarian populer

Seputar Penjualan-icon

Seputar Penjualan

Lihat Semua Topik

Seputar Penjualan

Toko Saya Dimoderasi/Diblokir

Perhatian!
Buka menu Penjualan apabila terdapat keterangan "Toko tidak aktif lebih dari 30 hari" atau "Toko Anda sudah inaktif". Setelah itu kamu dapat relogin atau refresh halaman Toko kembali.


Tokopedia melakukan moderasi terhadap toko-toko yang dianggap telah melanggar syarat dan ketentuan. Moderasi yang berulang akan menyebabkan toko dimoderasi permanen dan tidak bisa dibuka kembali. Namun Toppers tak perlu khawatir dan mohon menunggu hasil pengecekan melalui email selama 1x24 jam.
 

Silakan cek email kamu yang terdaftar di Tokopedia untuk menemukan alasan toko kamu dimoderasi. Berikut detail email dengan subject:

  1. Informasi Moderasi pada Toko Anda, email tersebut merupakan notifikasi bahwa toko kamu dimoderasi.
  2. Penting, Peringatan Moderasi pada Toko Anda untuk mengetahui alasan toko kamu dimoderasi.
  3. Info Penghapusan Produk Anda, email tersebut terkait produk yang menyebabkan toko kamu dimoderasi.

Tokopedia berwenang untuk menutup toko/akun pengguna baik sementara maupun permanen apabila ditemukan kecurangan dan melanggar syarat dan ketentuan.

Untuk informasi mengenai penyebab toko kamu dimoderasi dan cara supaya kamu dapat buka toko kamu kembali, dapat kamu simak di bawah ini.
  • Penyebab Toko Dimoderasi
  • Cara Buka Toko Kembali
  1. Menjual Produk yang Dilarang & Konten Tidak Memenuhi Standar
    Menjual produk yang dilarang atau mengandung konten yang tidak memenuhi standar dalam Syarat dan Ketentuan Tokopedia. Cek kriteria produk yang melanggar di sini.
    Contoh: Toko menjual produk-produk senjata api.
    User-added image
  2. Mengarahkan Pembeli untuk Bertransaksi di Luar Tokopedia
    Agar kepercayaan antara penjual dan Pembeli terjaga dengan baik, seluruh proses jual beli harus dilakukan di Tokopedia. Kamu tidak boleh mengajak Pembeli untuk bertransaksi di luar Tokopedia. Proses transaksi di Tokopedia lebih mudah dan aman baik dari sisi Penjual dan Pembeli.
    Contoh: Mengajak calon Pembeli untuk bertransaksi lewat saluran pribadi atau Whatsapp.
    User-added image
  3. Menyalahgunakan Data Pembeli
    Untuk menjaga identitas dan kerahasiaan data Pembeli, Penjual tidak diperbolehkan untuk menggunakan data Pembeli seperti alamat atau nomor telepon untuk kepentingan lain selain pengiriman. Tokopedia selalu berupaya untuk memberikan pengalaman bertransaksi yang baik sehingga Penjual tidak perlu untuk menghubungi Pembeli melalui kontak pribadi. Kamu dapat menghubungi calon Pembeli melalui fitur Chat yang disediakan.
    User-added image
  4. Ada Indikasi Manipulasi
    Adanya indikasi manipulasi transaksi melalui penjualan tinggi yang mencurigakan, tidak adanya resi pengiriman yang valid, dan ketidakwajaran lainnya demi memperoleh keuntungan pribadi (promo, reputasi produk, reputasi toko, dan lain-lain).
    Indikasi manipulasi ini juga termasuk kerja sama antara penjual dan Pembeli untuk memanipulasi transaksi guna mendapatkan keuntungan promo yang merugikan Tokopedia.
    Contoh: Toko yang baru buka, tetapi langsung memiliki banyak produk dan sudah melakukan puluhan transaksi.
    User-added image
  5. Ada Indikasi Toko Menipu Pembeli
    Sebagai Penjual, kamu tidak boleh meminta kode verifikasi, password, atau upaya lain yang dapat merugikan Pembeli. Aktivitas seperti itu akan diduga sebagai indikasi untuk menipu Pembeli.
    Contoh: Penjual meminta kode verifikasi atau kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
    User-added image 
  6. Duplikasi Toko
    Penjual terindikasi meniru produk toko lain dengan deskripsi, judul, atau gambar yang sama/serupa.
    Contoh: Penjual membuat satu atau lebih toko yang mengandung deskripsi dan gambar produk serupa dengan toko lainnya.
    User-added image
  7. Performa Toko yang Buruk 
    Moderasi toko juga dapat terjadi akibat performa toko yang buruk. Aktivitas yang dapat membuat performa toko buruk antara lain toko sering menolak pesanan, memasukkan jumlah stok produk yang tidak sesuai, atau hal lain yang mengakibatkan pengalaman Pembeli yang buruk saat bertransaksi di Tokopedia.
    Contoh: Menulis jumlah tertentu pada keterangan stok barang padahal sebenarnya kosong.
    User-added image
  8. Terhubung ke Akun yang Mencurigakan
    Adanya indikasi toko berhubungan dengan akun-akun mencurigakan yang melanggar Syarat dan Ketentuan Tokopedia, serta berpotensi digunakan sebagai sarana manipulasi.
    Contoh: Akun memiliki deskripsi toko yang tidak jelas.
    User-added image
 

Catatan:

  1. Info selengkapnya seputar produk yang dilarang silakan cek di sini.
  2. Selain produk terlarang, Tokopedia juga akan menghapus produk yang terdapat watermark dari toko lain.
  3. Untuk mencegah toko kamu dimoderasi, mohon untuk selalu perhatikan Syarat dan Ketentuan Tokopedia karena Tokopedia akan secara otomatis menghapus produk kamu apabila tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Toppers, sebagai penjual di Tokopedia pastikan terlebih dahulu bahwa kamu telah mengikuti syarat dan ketentuan Tokopedia dan tidak menjual produk yang dilarang oleh Tokopedia. 

Jika tokomu melanggar ketentuan-ketentuan Tokopedia sehingga dimoderasi, kamu bisa mengaktifkannya kembali dengan cara berikut.

User-added image

 

Catatan:

  1. Pastikan toko kamu sudah pernah upload atau menambahkan satu produk selama 90 hari setelah dibuka agar tidak dinonaktifkan secara permanen. Simak informasinya di sini.
  2. Jika kamu ingin tutup toko cek infonya di sini.

Artikel Terkait

Pertanyaanmu belum terjawab?

Kami siap bantu atasi kendalamu

tokopedia
© 2009 - 2021, PT Tokopedia