Pencarian populer

Pesanan Saya-icon

Pesanan Saya

Lihat Semua Topik

Pesanan Saya

Saya Terima Produk Rusak/Tidak Sesuai

Perhatian!
Pastikan kamu selalu memeriksa kondisi dan jumlah pesanan yang kamu terima sebelum klik tombol Selesai, karena klaim komplain yang dilakukan setelah konfirmasi penerimaan barang bukan tanggung jawab Tokopedia (Syarat & Ketentuan Tokopedia Poin C. Transaksi Pembelian).


Toppers, apabila kamu mengalami kendala barang yang diterima rusak/tidak sesuai, perhatikan ketentuan berikut:
  • Pesanan Diterima Pembeli
  • Pesanan Dikembalikan Pembeli
  • Cara Klaim Ongkir
  1. Pembeli sudah menerima barang dan status Pesanan Tiba
    Apabila barang yang kamu terima rusak/tidak sesuai, kamu dapat ajukan komplain dalam waktu kurang dari 2x24 jam sejak Pesanan Tiba.  Toppers dapat ajukan komplain di sini dengan mengikuti panduan pengajuan komplain  di sini untuk produk rusak dan di sini untuk produk tidak sesuai
  2. Pembeli sudah menerima barang dan status Pesanan Selesai
    Apabila barang yang kamu terima rusak/tidak sesuai pada saat status Pesanan Selesai (>2x24 jam setelah Pesanan Tiba), silakan Pembeli hubungi pihak Penjual melalui fitur Chat untuk kesepakatan solusi dan meminta alamat retur ke pihak Penjual.
  3. Apabila kamu menggunakan asuransi kerusakan barang, silakan klaim asuransi dengan mengikuti panduan di sini.
 

Catatan:

  1. Toppers apabila kamu sedang mengajukan komplain di Pusat Resolusi, mohon untuk tidak klik Batalkan Komplain sebelum kendala terselesaikan.
  2. Apabila kamu ingin ubah solusi, kamu dapat konfirmasi melalui Tokopedia Care.
  3. Apabila kamu ingin mengubah jumlah produk yang dikomplain, silakan ikuti panduan di sini.

Toppers, apabila Penjual dan Pembeli sepakat untuk melakukan pengembalian barang, kamu dapat mengirimkan barang ke alamat yang sudah diberikan Penjual. Apabila barang sudah diterima Penjual, maka dana dapat dikembalikan ke Saldo Tokopedia kamu.
 
Berikut beberapa syarat retur/mengirimkan barang kembali:

  1. Dokumentasikan pengemasan atau kondisi paket sebelum dikirim guna mengantisipasi kendala lainnya.
  2. Cantumkan nomor invoice yang berkendala di luar paket.
  3. Jika menggunakan asuransi pengiriman, kamu bisa memilih pengiriman Dijemput Tokopedia sehingga bisa langsung request pick up di Pusat Resolusi
  4. Kamu dapat datang langsung ke agen pengiriman yang bekerjasama dengan Tokopedia atau menggunakan layanan jemput/pick up ke rumah (Ninja XpressAnterAjaSiCepatRex Kiriman ExpressLion Parcel).
  5. Pastikan kamu tidak menggunakan layanan bayar di tempat (DFOD/COD) serta pengiriman instant kurir seperti GrabExpress dan Gosend untuk menghindari kendala pada proses pengiriman.

User-added image
Toppers, apabila pesanan kamu menggunakan Asuransi Pengiriman maka kamu dapat ajukan klaim ongkos kirim retur dengan nominal penggantian maksimal senilai ongkos kirim awal. Silakan pilih panduan klaim sesuai dengan kendala kamu:

  1. Cara Klaim Biaya Pengiriman Retur Tukar
  2. Cara Klaim Biaya Pengiriman Retur & Refund


Apabila dalam melakukan transaksi tidak menggunakan layanan Asuransi, kemudian terjadi kendala pada produknya serta dilakukan retur, maka ongkos kirim bisa didiskusikan secara langsung dengan pihak Penjual, agar bisa mendapatkan kesepakatan bersama.
 

Catatan: Dana klaim komplain akan masuk ke Saldo Refund kamu.

Artikel Terkait

Pertanyaanmu belum terjawab?

Kami siap bantu atasi kendalamu

tokopedia
© 2009 - 2022, PT Tokopedia