10 Kelebihan Lampu LED Dibanding Lampu Biasa

843
Lampu LED

Kelebihan Lampu Led – Lampu LED merupakan inovasi teknologi canggih dalam bidang pencahayaan. Betapa tidak, lampu LED memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Manfaat penggunaan lampu memang tak dipungkiri lagi bahwa dibutuhkan oleh semua orang, mulai dari lampu tidur, lampu taman, lampu baca, dan lainnya.

Melihat penggunaan lampu pastinya dibutuhkan dalam berbagai ruangan, ada baiknya kamu memperhatikan kualitas penerangan ruangan demi kenyamanan. Selain kenyamanan, kesehatan mata pun juga perlu diperhatikan. Jika penerangan pada ruangan kurang, justru dapat berakibat buruk pada kesehatan mata. Jenis lampu LED memang dibilang sebagian teknologi pencahayaan yang memberikan berbagai kelebihan dan keunggulan.

Apa saja keunggulan tersebut? Simak daftar keunggulan lampu LED di bawah ini!

Baca juga: 8 Lampu LED Paling Terang namun Tetap Hemat Listrik

Kelebihan dan Keunggulan Lampu LED

1. Umur LED Lebih Panjang

Sumber Gambar: Pixabay

Lampu LED cenderung lebih tahan lama dibandingkan jenis lampu lainnya. Lampu LED setidaknya bisa bertahan 2-4 kali lebih lama ketimbang lampu jenis lain. Tepatnya, kemampuan bertahan rata-rata lampu LED bisa mencapai 50.000-100.000 jam.

2. LED Lebih Hemat Listrik

Sumber Gambar: Pixabay

Secara umum, lampu LED menggunakan listrik lebih sedikit dari lampu lainnya. Banyak studi yang menunjukkan bahwa lampu LED bisa mengefisienkan penggunaan energi hingga sebesar 60%-70% lebih baik dari lampu jenis lainnya. Tidak heran bila banyak kendaraan yang menggunakan lampu LED speedometer untuk menghemat listrik.

3. LED Ramah Lingkungan

Sumber Gambar: Pixabay

Lampu LED lebih ramah lingkungan karena penggunaan energi pada lampu LED lebih rendah. Selain itu, lampu LED tidak menggunakan merkuri secara internal sehingga membuat lampu LED tidak berbahaya untuk lingkungan.

4. LED Kompatibel Dengan Teknologi Dim

Sumber Gambar: Pixabay

Lampu LED sangat kompatibel dengan teknologi dimming karena memang pada dasarnya lampu LED berfungsi pada persentase yang bisa ditentukan (0-100%). Jadi, jika kamu ingin memanfaatkan fitur dim seperti untuk lampu tidur, gunakan switch yang memungkinkan untuk dimming lampu.

5. LED Secara Desain Fleksibel

Bentuk LED yang kecil membuatnya fleksibel untuk ditempatkan di mana saja, dari mulai digantung hingga menjadi lampu tempel. Kebutuhan penerangan apapun dapat terpenuhi dengan LED tanpa mengorbankan estetika ruangan, cocok buatmu yang ingin mengoptimalkan desain sebuah ruangan.

lampu belajar
Belajar tetap maksimal di malam hari dengan lampu belajar paling terang dan berkualitas terbaik!

Baca juga: 5 Tips dan Trik Membuat Rumah Menjadi Terang

6. LED Punya Daya Render (CRI) Yang Baik

Sumber Gambar: Pixabay

Color Rendering Index adalah daya lampu dalam menunjukkan warna-warna asli dari sebuah objek ketika dibandingkan dengan sumber cahaya (cahaya alami). Secara umum, nilai CRI pada lampu LED cukup tinggi – lebih tinggi daripada lampu-lampu jenis lainnya.

7. LED Adaptif Terhadap Cuaca

Sumber Gambar: Pixabay

Lampu LED terkenal sangat adaptif terhadap kondisi cuaca apapun. LED dapat beroperasi pada situasi temperatur berkisaran sangat luas tanpa tingkat degradasi yang signifikan pada lampu. Fakta inilah yang membuat banyak orang menggunakan LED sebagai lampu taman.

8. LED Beroperasi Dengan Voltase Rendah

Sumber Gambar: Pixabay

Lampu LED dapat beroperasi tanpa menuntut penggunaan voltase tinggi. Kebutuhan voltase yang sangat rendah tentunya berpengaruh pada efisiensi penggunaan listrik. Hal itu juga membuat LED cocok untuk kebutuhan lampu outdoor.

9. LED Tidak Memproduksi Emisi UV

Sumber Gambar: Pixabay

Berbeda dengan lampu lainnya, LED hanya memproduksi cahaya spektrum kacamata dan spektrum infrared, bukan UV. Hal ini tentunya membuat LED dapat menghindarkan penggunanya dari bahaya-bahaya yang dapat disebabkan sinar UV pada kulit. Ini yang membuat lampu LED populer digunakan sebagai lampu belajar.

10. Keamanan Penggunaan LED Lebih Terjamin

Sumber Gambar: Pixabay

Sedikit orang yang tahu kalau LED punya tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan lampu jenis lainnya. LED hampir tidak mengeluarkan daya panas, berbeda dengan lampu jenis lain yang menggunakan 90% daya untuk mengeluarkan daya panas. Voltasenya yang kecil juga dapat meminimalisir resiko-resiko terkait penggunaan listrik.

Baca juga: Tutorial Membuat Lampu Hias untuk Natal

Nah itulah keunggulan-keunggulan yang dimiliki lampu LED. Memang, lampu LED sangat bermanfaat untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan penerangan, sepeti Lampu Meja. Sedang mencari lampu LED? Di Tokopedia, ada berbagai merk lampu LED, seperti lampu led Canbus, lampu LED Nexus, dan lampu LED Panasonic.

Langsung cek dan dapatkan lampu LED dengan harga terbaik hanya di Tokopedia!

Jual lampu LED murah
Mari menghemat energi dengan beralih ke lampu LED. Tetap terang walau menggunakan watt kecil. Saatnya buat bumi kita lebih baik!

Bagikan Artikel