• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Kesalahan Paling Fatal dalam Menggunakan Make-Up

Share

10 Kesalahan Paling Fatal dalam Menggunakan Make-Up

Kesalahan yang sering dilakukan wanita saat menggunakan make-up. Yakin langkah yang kamu lakukan sudah benar?


Pada dasarnya penggunaan riasan wajah atau make-up bertujuan untuk mempercantik tampilan wajah. Namun tidak jarang wanita justru melakukan kesalahan-kesalahan saat menggunakan make-up, yang justru membuat penampilannya terlihat tidak menarik.  Lalu apa saja kesalahan yang paling sering dilakukan oleh seorang wanita saat menggunakan make-up?

1. Keliru dalam menggunakan foundation

Mungkin Toppers kerap kali mengaplikasikan foundation dengan tebal untuk menutupi bagian kekurangan pada wajah kamu. Namun ternyata foundation yang tebal justru akan membuat wajah kamu terlihat aneh dan tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya. Cukup pulas foundation secara tips dan merata menggunakan sponge atau tangan. Semakin tipis maka akan semakin baik pula hasil akhir make up yang dihasilkan.

Selain itu, salah memilih foundation juga dapat merusak penampilan kamu. Sebaiknya pilih foundation dengan warna yang paling mendekati warna kulit kamu. Menggunakan foundation dengan warna yang lebih terang justru akan menonjolkkan garis-garis halus sehingga membuat kamu tampak lebih tua.

Saat mengaplikasikan foundation pada wajah, jangan lupakan pula bagian leher. Banyak wanita yang sering lupa untuk memulas foundation pada leher, yang akhirnya membuat kulit terlihat belang. Oleh karena itu, jangan hanya fokus pada wajah yah Toppers, perhatikan juga bagian leher agar warna kulit wajah dan leher terlihat sama.

2. Menggunakan concealer pada seluruh bagian wajah

Pada dasarnya concealer berfungsi untuk menutupi kekurangan pada wajah, misalnya bekas jerawat dan lingkaran hitam di area mata. Oleh karena itu, hindari memulasnya pada seluruh bagian wajah karena hanya akan membuat wajah kamu terlihat aneh. Cukup sapukan concealer secara tipis menggunakan kuas pada area-area wajah yang gelap seperti lingkaran hitam pada mata.

3. Berlebihan saat membentuk alis

Rambut alis yang tumbuh tidak beraturan tentunya dapat membuat penampilan kamu jadi kurang maksimal. Untuk mendapatkan bentuk alis yang bagus, mencabut atau mencukur alis dapat menjadi pilihan. Namun yang perlu kamu perhatikan adalah jangan mencabutnya secara berlebihan karena akan membuat penampilan kamu menjadi terlihat tidak natural.

Selain itu, pemilihan warna pensil alis pun harus kamu perhatikan. Bagi kamu yang memiliki alis tebal ataupun hitam, sebaiknya hindari pensil alis berwarna hitam pekat jika tidak ingin wajah kamu terlihat galak. Warna coklat merupakan pilihan yang paling tepat untuk menonjolkan kesan natural pada wajah kamu. Namun jika kamu ingin menggunakan warna hitam, cukup gunakan secara tipis saja.

4. Maskara dan eyeliner terlalu tebal

Mungkin kamu sering menggunakan maskara secara tebal, dengan maksud ingin membuat bulu mata terlihat lebih lentik dan tebal. Namun memakai maskara justru akan membuat bayangan di bawah mata terlihat semakin jelas dan tidak menonjolkan kecantikan matamu. Sebaiknya gunakan maskara secara tipis saja untuk menonjolkan warna putih dari bola mata sehingga mata kamu pun akan terlihat lebih jernih.

Selain maskara, penggunaan eye liner pun tidak boleh terlalu tebal karena eyeliner yang tebal hanya akan membuat riasan wajahmu terlihat norak dan membuat kamu tampak lebih dewasa. Disarankan untuk memulas eyeliner dengan tipis saja, untuk memberikan kesan natural pada wajah kamu. (Baca juga: Alat Make-Up Kamu Rusak? Coba Perbaiki dengan 5 Cara Ini?)

5. Menggunakan warna-warna yang terlalu terang dan gelap

Dalam riasan wajah, pemilihan warna tentunya menjadi hal utama yang akan mempengaruhi tampilan wajah kamu. Warna-warna yang terlalu terang ataupun terlalu gelap hanya akan membuat penampilan wajah kamu terlihat norak dan terkesan berat. Sebaiknya pilih riasan dengan warna-warna yang ringan dan lembut, terutama untuk make-up sehari-hari.

Selain itu, sebaiknya kombinasikan beberapa warna dalam riasan wajah kamu. Penggunaan satu warna saja akan membuat wajah kamu terlihat tidak menarik dan membosankan. Cobalah kombinasikan warna riasan wajah, misalnya warna peach untuk blush on dan lipstick, sementara untuk eyeshadow, gunakan warna coklat dan pulas secara tipis saja.

6. Menyapu blush on secara penuh pada pipi

Salah satu kesalahan yang paling fatal saat merias wajah adalah menyapukan blush on secara penuh pada pipi. Alih-alih ingin menegaskan bentuk pipi dan wajah, menyapukan blush on pada keseluruhan pipi terutama di area dekat hidung, justru akan membuat pipi kamu tampak seperti turun dan membuat. Sebaiknya cukup sapukan blush on pada di bagian tulang pipi saja dan jangan terlalu dekat dengan hidung.

7. Lipstick yang terlalu mencolok

Penggunaan lipstick dengan warna yang terlalu terang ataupun terlalu gelap dan mencolok memang sah-sah saja. Namun kamu harus menyesuaikannya dengan waktu dan tempat yang akan kamu datangi. Untuk make-up sehari-hari, sebaiknya hindari warna yang terlalu terang atau terlalu gelap. Selain membuat tampilan kamu terlihat berlebihan, warna-warna tersebut juga cenderung lebih sulit dihapus dan dapat membuat bibir menjadi hitam. Sebaiknya pilih warna-warna yang ringan dan lembut seperti soft pink untuk tampilan yang lebih natural.

Selain itu, usahakan kamu menggunakan kuas saat memulas lipstick agar semua permukaan bibir tertutupi lipstick secara merata. Kamu juga bisa membatasi bibir dengan menggunakan lip liner pada garis bibir. Mengaplikasikan lip liner akan membantu kamu dalam memulas lipstick dengan lebih merata, terutama bagi kamu yang memiliki bentuk bibir yang tidak simetris.

8. Penggunaan shimmer yang berlebihan

Penggunaan shimmer memang dapat membuat wajah terliha lebih berkilau dan sehat. Namun yang harus kamu perhatikan adalah cara penggunaannya. Hindari penggunaan shimmer pada seluruh bagian wajah karena hal tersebut hanya akan menonjolkan garis-garis halus pada wajah. Sebaiknya gunakan pada salah satu bagian wajah yang ingin kamu tonjolkan saja, misalnya pada tulang pipi atau tulang hidung.

Namun penggunaan shimmer ini tidak disarankan bagi kamu yang memiliki wajah dengan tipe yang berminyak, karena shimmer akan semakin membuat wajah kamu terlihat mengkilap. Selain itu, jika terlalu sering digunakan, shimmer juga akan membuat pori-pori wajah semakin membesar dan memunculkan garis-garis halus pada wajah.

9. Memakai bedak berulang-ulang

Kulit wajah kamu yang berminyak mungkin memaksa kamu untuk mengaplikasikan bedak secara berulang-ulang. Namun cara tersebut bukanlah solusi yang tepat. Memulas bedak berulang-ulang dan terlalu banyak akan membuat wajah kamu terlihat tidak natural. Untuk mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah kamu, sebaiknya gunakan jenis bedak yang bisa menyerap minyak.

Selain itu, penggunaan bedak tabur juga sangat tidak dianjurkan. Bedak tabur memang dapat mengurangi minyak pada wajah, namun juga bisa menonjolkan kerutan dan membuat kulit wajah terlihat sangat kering sehingga membuat wajah kamu tampak lebih tua.

10. Terlalu total pada semua bagian

Suka menggunakan make-up full dengan eye shadow warna ungu, blush on super merah dan lipstick shocking pink? Niatnya sih mau tampil maksimal, tapi penampilan dengan make-up full tersebut hanya akan membuat kamu terlihat norak dan menjadi bahan tertawaan. Sebaiknya kamu tampil natural dengan menonjolkan salah satu bagian wajah saja. Misalnya jika sudah menggunakan lipstick berwarna merah, pilihlah warna yang ringan untuk bagian mata dan pipi, misalnya soft pink untuk blush on, dan warna abu-abu untuk eye shadow.

Jangan sampai penampilan kamu terlihat tidak menarik hanya karena kamu melakukan kesalahan-kesalahan di atas ya, Toppers. Satu hal lagi yang tidak boleh kamu abaikan adalah jangan pernah lupa untuk menghapus riasan wajah kamu sebelum tidur. Karena jika tidak dibersihkan, sisa make-up tersebut dapat menyumbat pori-pori wajah kamu dan menimbulkan masalah kulit lainnya seperti jerawat dan kulit kusam.

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

10 Pelembap Wajah untuk Remaja: Kulit Terhidrasi Secara Optimal
Kecantikan
10 Pelembap Wajah untuk Remaja: Kulit Terhidrasi Secara Optimal
© 2009-2024, PT Tokopedia