5 Tips Memilih Bra Menyusui

0
499
posisi menyusui yang benar
Sumber gambar: pexels

Saat menyusui, perempuan seringkali merasa tidak nyaman mengenakan bra karena terjadi perubahan ukuran payudara. Berikut tips memilih bra menyusui yang aman dan nyaman.


Perubahan hormon yang terjadi pada ibu saat hamil membuat tubuhnya juga mengalami banyak perubahan.

Adalah prolaktin, hormon yang memproduksi ASI, membuat aliran darah menjadi lancar serta menstimulasi kerja kelenjar susu di area payudara.

Inilah yang kemudian membuat payudara membesar, dan juga merupakan cara tubuh untuk mempersiapkan makanan pertama bagi bayi setelah dilahirkan.

Perubahan payudara yang terjadi sering kali membuat ibu tidak nyaman. Karena itu, pemilihan bra yang tepat menjadi kunci. Tapi kebanyakan ibu berpikir, memilih bra menyusui cukup dengan menaikkan 1-2 dari ukuran sebelumnya.

Padahal, bra menyusui yang nyaman tidak sekadar ukuran yang lebih besar, tapi juga memilih bahan yang nyaman serta bentuk yang mendukung perubahan postur tubuh saat hamil dan menyusui. Karena itu tepat di world breastfeeding week atau pekan menyusui sedunia ini, Parentstory ingin membagikan 5 tips memilih bra menyusui yang tepat dan nyaman. Semoga melalui tips ini para ibu semakin menikmati momen menyusui buah hati.

1. Ketahuilah Ukuran Bra Menyusui kamu

Bra dengan ukuran yang tepat adalah syarat utama dari memilih bra menyusui, karena itu ibu harus mengerti bagaimana cara mengukur bra. Adapun yang diperlukan untuk mendapatkan ukuran bra menyusui yang tepat adalah mengukur lingkar dada dan lingkar payudara. Siapkanlah meteran kain atau meteran pita untuk mempermudah pengukuran. Marilah kita mulai mengukur.

Mengukur lingkar dada: Lingkarkan meteran kain pada tulang rusuk kamu, lalu lihatlah angka yang ada dalam meteran dalam satuan inci. Jika meteran menunjukkan angka 40 inci, ini adalah ukuran bra menyusui kamu. Karena ukuran bra adalah angka genap, maka ketika hasil meteran menunjukkan angka ganjil maka naikkanlah satu ukuran. Misalkan angka meteran menunjukkan angka 41 maka ukuran bra menyusui kamu adalah 42.

Mengukur lingkar payudara: Lingkarkan meteran kain di depan puting payudara, pastikan postur tubuh tegap dan bahu tegak. Angka dalam satuan inci yang tertera pada meteran kain adalah ukuran lingkar payudara kamu. Lalu, kurangi lingkar dada dengan lingkar payudara, hasilnya adalah ukuran bra kamu. Jika selisihnya adalah 1 maka ukurannya adalah A, 2 adalah B, 3 adalah C, dan 4 adalah D.

2. Pilihlah Bahan Kain Bra Menyusui yang Menyerap Keringat serta Ringan

Setidaknya, ada 2 hal yang membuat ibu menyusui mudah sekali berkeringat saat menyusui. Pertama, karena perubahan hormon membuat aliran darah dalam tubuh ibu meningkat. Kedua, posisi menyusui yang menempelkan tubuh bayi pada tubuh ibu membuat suhu tubuh ikut meningkat. Alhasil, sering kali saat menyusui ibu akan merasa kegerahan, maka pilihkan bahan bra yang menyerap keringat dan ringan seperti katun.

3. Pilih Bra Menyusui yang Tetap Mendukung Payudara dengan Baik

Jangan ragu untuk mencoba bra menyusui sebelum memutuskan untuk membelinya. Saat mencobanya, amati apakah tali dan jahitan bra mendukung postur tubuh kamu agar tetap tegap?

Lalu, pastikan teknik jahitan serta bahan yang digunakan tetap menyokong payudara tanpa membuat kamu merasa sesak karena terlalu ketat. Salah satu ciri bra menyusui yang menyokong postur tubuh dengan baik adalah mendukung payudara dari bawah, bahkan saat bra terbuka.

Pilih juga tali bahu bra yang besar dan kuat. Tali bahu bra yang kuat tak hanya membuat payudara disanggah dengan nyaman tapi juga menjaga postur tubuh tetap baik sehingga menjauhkan kamu dari keluhan nyeri punggung serta pinggul.

4. Jangan Memilih Bra Menyusui yang Berkawat

Bra menyusui yang terlalu ketat dan berkawat justru akan menekan aerola yang di bawahnya terdapat kantong-kantor ASI. Jika kantong-kantong ASI ini terlalu ditekan maka akan menghambat produksinya.

Ini mengapa bra menyusui yang berkawat haruslah dihindari. Plus bra menyusui yang terlalu ketat dan berkawat seringkali menyebabkan iritasi kulit dan meimbulkan gatal. Tentu ini akan membuat momen menyusui jadi tidak nyaman bagi ibu yang bisa berdampak langsung pada produksi ASI.

5. Pastikan Bagian Belakang Bra Memiliki Tiga Kancing Pengait

Mayoritas perempuan tidak memperhitungkan pentingnya untuk memilih pengait belakang yang tepat saat memilih bra. Padahal, pengait ini akan memengaruhi kemampuan bra dalam menyanggah punggung kamu.

Karena selama menyusui payudara menjadi lebih besar maka pilihlah pengait bra bagian belakang yang tidak membuat kamu membungkuk dan berujung pada nyeri punggung. Adapun pengait bagian belakang bra yang nyaman untuk ibu menyusui adalah yang dengan tiga kancing pengait yang lebar.

banner tokopedia parents
Cek Tokopedia Parents dan dapatkan semua solusi untuk kebutuhan keluarga-mu