• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

5 Tips Produktif Saat Work from Home dari Nakama Tokopedia

Share

5 Tips Produktif Saat Work from Home dari Nakama Tokopedia

Sistem work from home atau bekerja dari rumah menjadi alternatif yang banyak ditemukan di kalangan perusahaan modern saat ini. Dalam beberapa waktu tertentu, para karyawan bisa bekerja dari mana saja, namun dengan catatan tetap aktif berkomunikasi dan memberikan respon dengan cepat dalam tim. 

Meski begitu, work from home tetaplah memiliki tantangan tersendiri. Walaupun relatif lebih santai, kita tetap perlu fokus untuk bisa menyelesaikan pekerjaan. Berikut 5 tips yang diterapkan oleh Nakama Tokopedia agar tetap produktif selama work from home.

  1. Mulailah harimu sedini mungkin

Jika dilihat sekilas, bekerja dari rumah memang tampak menyenangkan. Kita bisa bekerja dalam kondisi apapun dan dimanapun kita inginkan. 

Namun akan lebih baik apabila ritme bekerja tetap berjalan seperti sedia kala. Bangun pagi seperti biasanya, lalu mandi dan sarapan. Setelah itu, kamu bisa mencari ruangan yang nyaman untuk bekerja – kondusif dan jauh dari distraksi anggota keluarga di rumah. 

2. Jadwalkan check-in dan check-out pekerjaan bersama tim

Salah satu hal yang perlu diperkuat sebelum menerapkan sistem work from home adalah membangun komunikasi di antara karyawan dan atasan. Kurangnya komunikasi dapat memicu sistem work from home yang kurang efektif.

Hal paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan memberlakukan sistem check-in dan check-out. Kamu dan tim bisa berdiskusi melalui group chat mengenai pekerjaan yang akan dilakukan di pagi hari dan kembali melaporkan pekerjaan yang sudah selesai di sore hari. Sistem tersebut dapat membuat kamu dan rekan kerjamu saling terinformasi dengan pekerjaan satu sama lain. 

3. Buat to-do list atau gunakan aplikasi penunjang lainnya 

Selain memberlakukan sistem check in dan check-out, agar lebih efisien dalam bekerja, buatlah to-do list pribadi mengenai pekerjaan yang harus diselesaikan. 

Cara terbaik adalah dengan mencatatnya di buku catatan maupun memakai aplikasi penunjang manajemen pekerjaan, seperti kalender atau reminder. Ini juga dapat menjadi acuan bagi diri sendiri agar lebih fokus menyelesaikan pekerjaan setiap harinya. 

4. Batasi penggunaan media sosial

Tanpa disadari, kita mungkin termasuk ke dalam orang-orang yang menggunakan seluruh waktu senggang dengan membuka media sosial. Nah, terlebih ketika bekerja dari rumah, penggunaan media sosial yang terlalu sering dapat menjadi distraksi tersendiri bagi ritme bekerja kita.

Saat jam kerja, aktifkan profil diam atau silent di ponselmu. Kamu bisa tetap menyalakan notifikasi email dan mematikan notifikasi media sosial lainnya. Hal ini sedikit banyak bisa membantu mengurangi frekuensi kamu dalam mengecek media sosial. 

5. Tetapkan waktu istirahat yang konsisten

Untuk membuat setiap tugas dan pekerjaan terasa lebih ringan, kamu bisa menetapkan waktu istirahat yang harus dipatuhi di jam-jam tertentu. Misalnya, pukul 12.00 – 13.00 untuk makan siang dan beristirahat selama 10 menit tiap selesai menyelesaikan satu pekerjaan. 

Selain itu, kamu juga bisa mengapresiasi diri sendiri saat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Misalnya, menghadiahi diri sendiri dengan membuat makanan atau kopi favorit. 

— 

Nah, itu dia beberapa tips produktif work from home dari para Nakama Tokopedia. Sudah ada pertimbangankah untuk memberlakukan sistem ini di tempat kerjamu?

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Mengenal Sosok Kartini Masa Kini: NakaBunda Tim Tokopedia Care
Behind The Scene
Mengenal Sosok Kartini Masa Kini: NakaBunda Tim Tokopedia Care
© 2009-2024, PT Tokopedia