• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

6 Permainan Sederhana Ini Bikin Kamu Lupa Waktu

Share

6 Permainan Sederhana Ini Bikin Kamu Lupa Waktu

Daftar permainan sederhana namun seru yang akan membuat kamu jadi lupa waktu. Sangat menghibur, cocok untuk melepas stres.


Toppers masih ingat gak sih masa sekolah dulu biasanya apa yang kamu lakukan saat lagi ga ada guru di kelas? Wah.. pasti merupakan waktu yang tepat untuk bermain sejenak dengan teman – teman sekelas dong? Biasanya di waktu senggang tersebut kita manfaatkan untuk memainkan beberapa permainan sederhana yang gak memerlukan banyak peralatan tapi seru dan bikin kita ingin memainkannya terus menerus, alhasil jadi lupa waktu deh. Permainan – permainan sederhana tersebut juga ga ada matinya untuk kita mainkan bahkan sampai sekarang di era modern dimana sudah banyak menjamur permainan yang sudah didukung dengan teknologi yang tinggi.

Berikut ini Toped mau ungkapkan beberapa permainan sederhana yang  seru buat kamu mainkan bersama dengan teman – teman, sambil bernostalgia masa – masa sekolah dulu.

ABC Lima Dasar

permainan sederhana
Sumber foto: Nanasberduri.wordpress.com

Meskipun permainan yang satu ini cuma bermodal jari aja tapi, kita betah memainkan permainan ini dengan waktu yang lama, ditambah permainan ini mudah dimengerti. Sebelum permainan dimulai, biasanya para pemain terlebih dulu menentukan hal apa yang akan disebutkan sesuai alfabet nanti. Peserta hanya perlu mengeluarkan sejumlah jari sesuka hatinya. Lalu, semua jari yang keluar dihitung berdasarkan huruf alfabet. Jika yang keluar adalah huruf M maka kita harus menyebutkan sesuatu seoerti nama negara, buah, artis, benda, dan lainnya yang berawalan dengan huruf M. Permainan ini akan semakin seru, jika pemainnya semakin banyak karena kita akan lebih sulit untuk menemukan hal yang berawalan dengan huruf tertentu tersebut.

Adu Ayam Jempol

Kalau ABC 5 Dasar membutuhkan beberapa jari, lain lagi dengan permainan yang satu ini, dimana kita cuma butuh jempol untuk melawan jempol teman kita. Permainan dimulai dengan saling mengadu antara jempol kamu dengan jempol lawanmu, layaknya ayam yang sedang diadu. Pemenang ditentukan lewat siapa yang bisa menjepit jempol lawan selama 3 detik.

Bingo

permainan sederhana
Sumber foto: Onlinebingoschool.co.uk

Permainan satu ini juga ga kalah seru lho! Siapkan selembar kertas dan pulpen atau pensil. Kemudian buatlah kolom kotak – kotak berjumlah 25 masing – masing 5 kebawah dan 5 kesamping. Setelah itu, isilah kolom – kolom tersebut secara acak dengan angka 1 sampai 25. Permainan dimulai dengan pemain yang mulai menyebutkan angka acak dari 1 sampai 25. Angka yang telah disebutkan tersebut harus dicoret satu per satu oleh para pemain. Jika salah satu dari pemain mendapatkan coretan dengan bentuk vertikal, horizontal, atau diagonal, pemain akan memperoleh bonus berupa 1 huruf yang apabila disusun dapat membentuk kata B.I.N.G.O siapa yang berhasil membentuk kata BINGO pertama kali itulah yang menjadi pemenangnya.

S.O.S

Permainan ini juga hanya membutuhkan kertas dan pulpen atau pensil saja. Yang pastinya ga kalah seru dan mudah untuk dimainkan. Kamu hanya perlu membuat beberapa kolom, semakin banyak semakin seru dan mengisi kolom – kolom tersebut dengan huruf S atau O. Setelah itu, kamu bisa ajak beberapa teman untuk kemudian mencari dari sekian kolom tersebut yang mengurutkan kata SOS, kemudian tandai dengan mencoret atau membuat garis.

Suit Jepang

permainan sederhana
Sumber foto: Lintas.me

Tentu kamu tau dong dengan suit jepang yang biasa dijadikan sebagai penentu pemenang di awal sebuah permainan. Tapi, suit jepang bisa semakin seru jika kamu memainkannya dengan cara lain. Jika gunting yang menang, lawan kita akan dicubit hidungnya, kalau batu yang menang kepala akan dijitak, dan jika kertas yang menang maka lawan akan dipukul pipinya. Meskipun sedikit menyakitkan tapi, permainan ini jadi salah satu permainan yang sering dimainkan.

Selain itu, ada juga modifikasi permainan suit jepang dengan nama “Taktikbumjerwit” yang merupakan singkatan dari jitak, kelitik, bum, jewer, dan ciwit alias cubit. Setiap pemain akan memilih antara tak, tik, bum, jer, atau wit. Lalu, mengeluarkan sejumlah jari yang nantinya akan dihitung. Jika berhenti di kata tik, maka pemilih akan dikelitik oleh pemain lain.

Sepak bola kertas

permainan sederhana
Sumber foto: Olahraga.kompasiana.com

Biasanya permainan yang satu ini paling disukai oleh para cowok – cowok. Namanya aja sepak bola, jadi permainan ini diharuskan untuk memasukkan bola ke dalam sebuah gawang. Bedanya adalah bola dan gawang yang digunakan terbuat dari kertas. Beberapa kertas dipotong membentuk persegi, lalu ditekuk satu potongan kertas mewakili satu pemain. Untuk bolanya sendiri dibuat dari kertas yang digulung – gulung. Cara menendang bola kertas tersebut adalah dengan menekan lipatan kertas yang diibaratkan sebagai pemain tersebut.

Ga jarang bahkan sampai ada yang mewarnai kertasnya menyerupai seragam klub bola, yang kemudian dikasih nama punggung. Serasa main Winning Eleven deh. Hehe.

Nah, sekarang kalau Toppers sedang ada waktu luang dan bingung mau ngapain, gak ada salahnya lho sesekali nostalgia dengan beberapa permainan sederhana di atas. Gak perlu biaya, gak membutuhkan banyak peralatan tapi, tetap menyenangkan. Permainan mana nih yang sering kamu mainkan dulu?

6 Permainan Sederhana Ini Bikin Kamu Lupa Waktu
Kamu juga suka permainan remote control? Yuk, tambah koleksi mainan kamu dengan Kapal RC dengan beragam model cuma di Tokopedia

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

13 Sepeda Listrik Terbaik 2024, Awet dan Ramah Lingkungan
Hobi dan Gaya Hidup
13 Sepeda Listrik Terbaik 2024, Awet dan Ramah Lingkungan
© 2009-2024, PT Tokopedia