9 Kesalahan yang Sering Kamu Lakukan Saat Mencuci Wajah

13021

Kesalahan dalam Mencuci Wajah – Mencuci wajah merupakan salah satu cara untuk membuat kulit tetap bersih dan cerah. Namun mencuci wajah justru dapat menimbulkan masalah-masalah kulit seperti kulit kering, berminyak dan iritasi, jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat. Meskipun terlihat sepele, mencuci wajah juga harus menggunakan teknik yang benar agar selain bersih, kesehatan kulit wajah tetap terjaga.

Lalu cara seperti apa yang seharusnya kamu hindari saat mencuci wajah? Simak di bawah ini yuk, Toppers!

 

1. Tidak mencuci tangan

Kesalahan yang paling sering terjadi saat mencuci wajah adalah tidak mencuci tangan terlebih dahulu. Menuangkan facial wash ke tangan yang masih dalam keadaan kotor dan kemudian mengusapnya ke wajah, tidak akan membuat wajah kamu benar-benar bersih. Sabun cuci muka tersebut akan bercampur dengan kotoran dan bakteri yang masih tersisa pada tangan yang kotor dan kemudian dapat dengan mudah berpindah ke wajah kamu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mencuci bersih tangan kamu sebelum menggunakannya untuk mencuci wajah yah, Toppers.

2. Salah memilih facial wash

Facial wash yang baik adalah pembersih wajah yang menghilangkan kotoran dan bekas make up, tanpa menghilangkan kelembaban dan sel-sel kulit yang masih sehat, serta pastinya cocok dengan jenis kulit kamu. Namun tidak jarang wanita keliru dalam menggunakan facial wash, sehingga menyebabkan kulit wajahnya menjadi kering atau bahkan iritasi. Maka dari itu, pilihlah sabun muka yang memang cocok untuk jenis kulit wajahmu. Untuk jenis wajah kering, sebaiknya gunakan facial wash yang berbentuk krim dan mengandung pelembab yang tinggi. Sementara bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan facial wash yang mengandung busa dan berbentuk gel.

Selain itu, hindari penggunaan facial wash yang wangi karena bisa saja produk tersebut mengandung pengharum buatan yang bisa memicu iritasi kulit, terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Sebaiknya pilih sabun pencuci wajah dengan aroma yang alami.

og_facialwash_1200x630px

3. Mencuci wajah terlalu sering

Mungkin kamu mengira bahwa kulit yang bersih dan cerah bisa didapatkan dengan cara sering mencuci wajah. Namun terlalu sering mencuci wajah justru tidak baik untuk kesehatan kulitmu karena akan membuatnya menjadi kering dan iritasi. Bahkan untuk jenis kulit wajah berminyak, kulit akan semakin banyak memproduksi minyak jika dicuci terlalu sering. Untuk itu, kamu cukup mencuci wajah dua kali sehari saat pagi dan malam hari, atau cukup sekali sehari untuk jenis kulit kering.

4. Membilas kurang bersih

Ternyata masih banyak wanita yang sering mencuci wajah tanpa membilasnya dengan bersih. Mungkin ini terdengar sepele, tapi ternyata bekas sabun yang tertinggal saat tidak dibilas dengan bersih menjadi salah satu penyebab kulit kering dan iritasi pada wajah. Disamping itu, sisa sabun juga dapat menyumbat pori-pori kulit yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Oleh karena itu, selalulah bilas wajah dengan bersih saat mencucinya, walaupun kamu sedang terburu-buru.

5. Suhu air

Mungkin Toppers sering mendengar bahwa air panas dapat membuka pori-pori kulit, sementara air dingin menutup pori-pori kulit. Namun hal tersebut sama sekali tidak benar karena nyatanya pori-pori tidak memiliki otot yang bisa membuatnya membuka dan menutup. Maka dari itu, jangan menggunakan air yang terlalu dingin maupun terlalu panas untuk mencuci wajah. Air panas akan menyebabkan kulit kering, sedangkan air dingin dapat merusak pembuluh darah pada wajah. Suhu air yang paling baik untuk mencuci wajah adalah air yang hangat, dalam artian tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin.

og_beautywater_1200x630px_2

6. Menggosok wajah menggunakan handuk

Salah satu kesalahan yang paling sering kita lakukan adalah mengeringkan dan menggosok wajah dengan handuk setelah mencuci wajah. Hal tersebut hanya akan membuat mengalami iritasi serta cepat keriput dan kehilangan elastisitasnya karena tertarik oleh handuk. Cara terbaik untuk mengeringkan wajah adalah dengan menepuk-nepuknya secara lembut dengan menggunakan handuk bersih. Selain itu, hindari menggunakan handuk yang sama dengan handuk mandi untuk wajah. Sebaiknya siapkan handuk khusus untuk mencuci wajah.

7. Tidak langsung menggunakan pelembab

Setelah mencuci wajah, mungkin kamu sering lupa untuk langsung menggunakan pelembab wajah. Hal tersebutlah yang dapat menjadi salah satu penyebab wajah kamu menjadi kering. Untuk hasil maksimal, aplikasikanlah pelembab pada wajah langsung setelah wajah dicuci dan dikeringkan, jangan menunggu kulit hingga benar-benar kering. Menggunakan pelembab secara langsung akan membantu pelembab tersebut menyerap secara maksimal sehingga kelembaban kulit pun akan tetap terjaga.

8. Menghindari minyak

Selama ini kita sering menganggap minyak sebagai salah satu penyebab masalah kulit dan dapat menyumbat pori-pori kulit. Anggapan tersebut mungkin membuat kamu menjauhi produk-produk yang mengandung minyak, termasuk facial wash. Namun ternyata facial wash yang mengandung minyak dapat memberi nutrisi yang baik bagi kulit wajah kamu lho, Toppers. Beberapa manfaatnya yaitu membersihkan pori-pori dari kotoran dan bakteri serta membantu menyeimbangkan nutrisi dalam kulit. Untuk hasil maksimal, sebaiknya pilih facial wash berminyak yang terbuat dari minyak alami seperti minyak almond, minyak biji anggur atau minyak bungan matahari, yang baik untuk kesehatan kulit.

9. Buru-buru membilas

Sesudah mengusapkan facial wash ke seluruh permukaan wajah, jangan terburu-buru untuk membilasnya dengan air. Sebaiknya biarkan sebentar hingga sabun pembersih wajah tersebut benar-benar mengangkat semua kotoran dan bakteri pada wajah. Setidaknya tunggu hingga 1 menit setelah diusapkan pada wajah, lalu bilas dengan air bersih.

og_pobling_1200x630px

Bagikan Artikel