• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Lafal Ayat Seribu Dinar & Keistimewaannya, Doa Buka Pintu Rezeki

28 August 2023

Share

Lafal Ayat Seribu Dinar & Keistimewaannya, Doa Buka Pintu Rezeki

Ayat 1000 dinar memiliki banyak keistimewaan dan salah satunya adalah dipercaya sebagai pembuka rezeki. Bagaimana lafalnya?


Dalam memanjatkan doa, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari mengucapkan keinginan dari hati dengan bahasa sendiri hingga mengambil penggalan Al-Quran sebagai cara berdoa.

Ada banyak ayat-ayat al-Quran yang dikenal mustajab dipanjatkan sebagai doa. Salah satunya adalah Ayat 1000 Dinar yang diambil dari bagian akhir ayat 2 dan seluruh ayat 3 surat At-Thalaq.

Doa Seribu Dinar ini dikenal dapat membuka rezeki yang tidak disangka-sangka untuk mereka yang mengamalkannya. Bagaimana lafal ayat seribu Dinar?

Baca Juga: Baca Surah Al Baqarah Ayat 285-286, Jika Rezeki Ingin Dimudahkan

Ayat Seribu Dinar (Arab, Latin, dan Terjemahan)

Berikut bacaan ayat 1000 Dinar (Surat Ath-Thalaq ayat 2–3):

ayat 1000 dinar

wa may yattaqillāha yaj’al lahụ makhrajā.
wa yarzuqhu min ḥaiṡu lā yaḥtasib,
wa may yatawakkal ‘alallāhi fahuwa ḥasbuh,
innallāha bāligu amrih, qad ja’alallāhu likulli syai`in qadrā.

Artinya: Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.

Baca Juga: Keutamaan Surat Al-Waqiah untuk Membuka Rezeki dan Doa Setelah Membacanya

Keutamaan Ayat Seribu Dinar

Ayat Seribu Dinar punya berbagai keutamaan bagi mereka yang mengamalkannya. Yang termasuk sebagai keistimewaan ayat seribu dinar di antaranya adalah:

1. Merupakan Ladang Pahala bagi Pengamalnya

Diambil dari penggalan ayat Al-Quran, mengamalkan ayat 1000 dinar dapat dikatakan mengamalkan Al-Quran. Membaca Al-Qur'an bukan hanya sekedar membaca teks, tetapi juga merupakan bentuk ibadah yang mendalam.

Dengan menghayati dan memahami makna yang terkandung dalam setiap ayat, seseorang dapat merenungkan ajaran-ajaran agama dan mengambil petunjuk untuk kehidupan sehari-hari.

2. Doa yang Jadi Penenang Hati

Dapat dilihat dari terjemahan ayat ini, ayat 1000 dinar merupakan ayat yang mengutarakan bagaimana Allah SWT. mencukupkan hambanya yang kesusahan.

Membaca ayat ini tatkala menjadi pengingat bagi umat Islam bahwa Allah itu dekat dan melindungi orang yang berprasangka baik pada-Nya.

3. Membuka Pintu Rezeki

Ayat 1000 Dinar dipercaya dapat mendatangkan rezeki yang tak disangka-sangka apabila diamalkan dengan hati yang yakin dan ikhlas.

Awal mula penamaan ayat seribu dinar ini pun diambil dari kisah saudagar yang melalui mimpi dianjurkan nabi Khidir untuk beramal sebanyak 1000 dinar. Selanjutnya, nabi Khidir hadir lagi di mimpi saudagar itu dan mengajarkannya untuk mengamalkan ayat 2–3 surat At-Thalaq.

Setelah mengamalkan ayat tersebut, saudagar ini diangkat menjadi raja di tempat baru setelah diterpa badai dan harus memulai kembali dari 0.

Baca Juga: Bacaan Dzikir Pagi dan Petang, Pembuka Rezeki dan Penutup Hari

Itu dia bacaan ayat 1000 dinar yang InsyaAllah bisa jadi awal mula terbukanya pintu rezeki bagi kamu, Toppers. Dengan membacakan ayat ini secara rutin dengan niat mendekatkan diri kepada Allah, kita akan turut mendapatkan manfaat berupa pahala dan ketenangan dari Allah SWT.

Agar proses berdzikir semakin khusyuk, Toppers bisa mengecek tasbih terbaik di Tokopedia untuk menunjang kegiatan beribadah. Langsung cek sekarang, ya!

Penulis: Amanda Rafiqah Putri

© 2009-2024, PT Tokopedia