• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

7 Basic Life Skills yang Setiap Anak Perlu Tahu

Share

7 Basic Life Skills yang Setiap Anak Perlu Tahu

Basic Life Skills Anak – Sebagai orang tua,pasti kita sangat mencintai anak-anak kita sehingga selalu ingin melindungi, membantu dan mendidik mereka menjadi orang dewasa yang mandiri dan juga bahagia kelak. Namun rasa sayang yang berlebih terkadang berdampak sebaliknya, membuat anak-anak kita tidak siap menghadapi dunia dan menjalani kehidupan sebagai orang dewasa.

Ada baiknya dalam hal mendidik anak, ajarkan beberapa basic life skills anak yang bermanfaat untuk kehidupan masa depan anak. Berikut adalah 7 basic life skills yang setiap anak perlu tahu.

Baca juga: Tips & Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Basic Life Skills Anak

1. Memasak Makanan Sendiri

basic life skills dengan cara memasak sendiri
sumber foto: pexels

Basic life skills anak yang pertama adalah memasak makanan sendiri, Dengan memasak makanan sendiri anak akan menjadi lebih mandiri. Sehingga jika ditinggalkan sendiri dirumah sang anak bisa memasak sarapan, makan siang dan makan malam sendiri.

2.  Bangun Tepat Waktu

basic life skills dengan bangun tidur sendiri
sumber foto : pexels

Bangun tepat waktu juga merupakan basic life skills anak yang harus dimiliki, Toppers. Terutama, jika anak tersebut tidak bisa bangun tepat waktu dengan sendirinya. Latihan bangun tepat waktu akan mengajarkan anak untuk disiplin dan usaha. Karena itu, bangun tepat waktu merupakan basic life skills anak yang sangat wajib untuk dilatih.

  1. Mencuci Pakaian

basic life skills dengan cara belajar mencuci pakaian
sumber foto: pexels

Mencuci pakaian adalah basic life skills anak yang harus dimiliki setiap anak, dengan mencuci pakaian sendiri anak dapat melatih kemandirian dan kesiapannya untuk masa depan ketika sudah tidak bersama orang tuanya lagi.

  1. Kemas Tas Mereka Sendiri

basic life skills dengan menyiapkan tas sendiri
sumber foto: pexels

Basic life skills anak berikutnya adalah dengan mengajarkan anak mengemas barang-barang yang akan dimasukan pada tas mereka sendiri. Hal ini akan membantu anak bertanggung jawab untuk mengingat barang mereka sendiri, sehingga akan mengingat dengan mudah barang apa yang diperlukan sebelum bepergian.

5. Berbicara Dengan Orang Asing

basic life skills dengan belajar berbicara dengan orang asing
sumber foto: pexels

Basic life skills anak yang satu ini akan sangat berguna nantinya, karena sudah pasti anak akan menjalani kehidupan bersama orang asing yang belum dikenalnya. Untuk melatih anak berbicara kepada orang asing, kamu bisa meminta tolong kepada anakmu untuk membeli sesuatu di sebuah toko dan biarkan anakmu berbicara kepada pelayan toko tersebut untuk membeli barang yang kamu tugaskan.

6. Naik Kendaraan Umum

basic life skills dengan naik kendaraan umum
sumber foto: pexels

Ajarkan anak kamu naik kendaraan umum sejak dini. Karena dengan menaiki kendaraan umum anak akan mengetahui banyak hal dari sekitar dalam perjalanan tersebut. Selain itu dengan naik kendaraan umum anak akan terlatih untuk bertemu dan berkomunikasi dengan orang lain. Maka dari itu, basic life skills ini sangat diperlukan.

  1. Menabung

basic life skills dengan cara menabung
sumber foto: pexels

Basic life skills anak yang terakhir adalah menabung. Ajarkan anak untuk menabung sejak dini sehingga anak terbiasa hidup hemat dan dapat merencanakan pengeluarannya secara teratur. Hal ini juga meningkatkan tingkat disiplin anak.

 Baca juga: Tips & Cara Siasati Anak Malas Mengerjakan PR

Itulah 7 basic life skills anak yang harus dilatih, Toppers! Sudahkah anak-anak kalian memiliki semua belum basic life skills anak di atas? Jika belum, jangan cemas Toppers, semuanya bisa dilatih. Jika kamu ingin melatih anakmu untuk memiliki basic life skills seperti masak sendiri, ada baiknya untuk membantu dia dengan menyediakan peralatan masak terbaik yang bisa kamu temukan di Tokopedia! Temukan peralatan dapur dan perabotan rumah tangga lainnya di Tokopedia!

Kursi untuk belajar duduk

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Rekomendasi 7 Channel Youtube Kids, Tontonan Anak yang Mengedukasi
Kids and Parenting
Rekomendasi 7 Channel Youtube Kids, Tontonan Anak yang Mengedukasi
© 2009-2024, PT Tokopedia