• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Rincian Biaya untuk Liburan Seminggu di Korea

Share

Rincian Biaya untuk Liburan Seminggu di Korea

Ingin tahu berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk berlibur selama sepakan di Korea Selatan? Temukan hitungan lengkapnya di sini.


Korea Selatan merupakan salah satu negara yang ramai dikunjungi wisatawan. Alasannya karena Korea Selatan merupakan negara tujuan wisata yang lengkap.

Memang, selain dikenal karena wisata budaya dan belanja, destinasi wisata alam di Korea juga indah dan beragam.

Apakah kamu juga salah satu orang yang ingin berlibur ke Korea Selatan, Toppers? Jika iya, kamu harus menyiapkan sejumlah uang baik untuk tiket pesawat, biaya transportasi selama di Korea, makan, penginapan hingga biaya masuk tempat wisata.

Agar tidak pusing memperkirakan biayanya, di bawah ini kamu bisa menemukan rincian biaya untuk liburan semingu di Korea.

Komponen Biaya Liburan ke Korea Tahun 2020

1. Tiket Pesawat

biaya liburan ke korea Tiket Pesawat
Sumber gambar: Pixabay

Komponen biaya liburan yang pertama dan terutama adalah tiket pesawat. Agar mendapatkan tiket pesawat yang murah, kamu bisa pesan tiket 3 – 6 bulan sebelum keberangkatan, Toppers. 

Kalau kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan tiket sekitar Rp2.250.000/perjalanan, Toppers! Jadi, untuk tiket pesawat, kamu bisa menyiapkan sekitar Rp4.500.000 untuk pergi- pulang.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Kamu Siapkan Jika Ingin Solo Traveling

2. Transportasi 

biaya liburan ke korea Transportasi
Sumber gambar: Pixabay

Untuk transportasi di Korea Selatan, sebaiknya kamu membeli kartu T-Card yang bisa digunakan untuk berbagai moda transportasi seperti kereta dan bus. 

Kamu bisa membelinya di minimarket seharga Rp28.000 maupun di tempat publik seperti di bandara atau vending machine.

Sedangkan harga tiket kereta dan bus di Korea Selatan berkisar dari Rp25.000 tergantung jarak tempuh.

Sebaiknya alokasikan uang transportasi Rp100.000/hari. Jika kamu berencana mendatangi dua tempat wisata perharinya, berarti kamu harus menyiapkan uang sebensar Rp700.000 untuk transportasi selama seminggu.

3. Penginapan

biaya liburan ke korea Penginapan
Sumber gambar: Pixabay

Komponen biaya liburan selanjutnya adalah penginapan. Tidak perlu khawatir biaya membengkak untuk tempat tinggal karena banyak penginapan di Korea Selatan yang murah.

Ada tiga tempat di Korea Selatan yang terkenal untuk penginapan para backpacker, yaitu Myeongdong, Hongdae-Sinchon, dan Jongno.

Myeongdong cocok untuk kamu yang ingin belanja, Hongdae-Sinchon cocok untuk kamu yang ingin merasakan vibes anak muda dan suka makan, dan Jongno cocok untuk kamu yang suka dengan sejarah karena banyak tempat tradisional dan istana kerajaan zaman dahulu.

Untuk penginapan, banyak penginapan dengan harga mulai Rp150.000/malam. Itu berarti kamu menyiapkan sekitar Rp1.050.000 untuk penginapan selama seminggu.

Temukan hotel terbaik dan booking melalui aplikasi Tokopedia! Dapatkan harga menarik di setiap penawarannya.

4. Makan

biaya liburan ke korea Makan
Sumber gambar: Pixabay

Untuk biaya makanan, standar di Korea Selatan adalah sekitar Rp100.000 untuk sekali makan. Jika kamu makan 3 kali seminggu, artinya kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp300.000/hari untuk makan. 

Berarti, kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp2.100.000 untuk biaya makan selama seminggu di sana.

5. Simcard dan Internet

biaya liburan ke korea Simcard dan Internet
Sumber gambar: Pixabay

Korea Selatan memiliki kecepatan internet yang sangat cepat. Layanan WFi di sana juga tersedia di mana pun, tetapi aksesnya terbatas oleh pengguna provider tertentu saja. Sehingga membuat kamu harus menyewa portable WiFi atau simcard sendiri.

Ada tiga provider besar di Korea yang memberikan harga yang berbeda-beda. KT memasang tarif sekitar Rp110.000/hari,  LG U+ Rp100.000/hari, dan SK Telcom Rp37.000/hari. 

Untuk biaya simcard kamu bisa pilih yang paling murah dengan total Rp259.000 untuk seminggu.

Baca juga: 10 Tips Traveling & Liburan ke Korea Selatan ala KPopers

6. Tempat Wisata

biaya liburan ke korea Tempat Wisata
Sumber gambar: Pixabay

Banyak destinasi wisata di Korea Selatan yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari Everland, N Seoul Tower, Trickeye 3D + Ice Museum, Lotte World, Gyeongbokgung Palace, Changdeokgung Palace, Nami Island, Jeju Island, dan masih banyak lainnya!

Kamu juga bisa belanja di pusat perbelanjaan seperti Dongdaemun Market, Namdaemun Market, Myeongdong, dan Insadong.

Sebagai gambaran, ini itinerary dan biaya yang perlu kamu keluarkan selama liburan 7 hari di Korea!

  • Day 1

Setelah sampai di Korea Selatan, kamu bisa menikmati kawasan perbelanjaan dan makanan di Myeongdong. Siapkan uang untuk makan sebesar Rp300.000 dan tiket kereta pulang-pergi sebesar Rp100.000

  • Day 2

Hari kedua kamu bisa main ke Deoksugung Palace Palace, Bukchon Hanok Village, dan Namsan Tower. 

Ada beberapa istana di sekitar Deoksugung Palace dan kamu bisa membeli tiket seharga Rp130.000 untuk memasuki istana-istana di sana karena lebih murah dari beli tiket satuan. Setelah itu kamu bisa melihat rumah tradisional di Bukchon Hanok Village, dan menikmati kota Seoul dari ketinggian di Namsan Tower tanpa harus membeli tiket.

Siapkan uang transportasi sebesar Rp100.000, uang makan Rp300.000, dan tiket masuk istana Rp130.000

  • Day 3 

Kamu bisa menyusur Ewha Womans University untuk melihat arsitekturnya yang menawan, makan makanan khas melayu di Itaewon, dan berbelanja Namdaemun Market.

Di perjalanan ini kamu enggak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk karena semuanya gratis, loh! Kamu hanya perlu menyiapkan uang untuk makan Rp300.000 dan transportasi Rp100.000

  • Day 4

Di hari keempat, kamu bisa trip seharian di Pulau Nami. Di sana juga ada beberapa destinasi wisata di sekitar sana, yaitu Petite France dan The Garden of Morning Calm. Kamu bisa membeli paket wisata untuk ketiga tempat tersebut dengan biaya sekitar Rp800.000

Selain itu, kamu perlu menyiapkan uang untuk transportasi dan makan, yaitu Rp100.000 dan Rp300.000

  • Day5

Buat pecinta K-Pop, luangkan harimu untuk jalan-jalan di tempat para idol bekerja! Kamu bisa datang ke Gangnam untuk berkunjung ke SM Entertainment dan JYP, loh!

Selain itu, kamu bisa menikmati keindahan arsitektur yang modern dan elegan di sini. Kamu juga bisa ke Coex Mall dan ke perpustakaan yang ada di dalamnya.

Biaya yang perlu keluarkan hanya untuk transportasi dan makan, Toppers, yaitu Rp100.000 dan Rp300.000 saja!

  • Day 6

Di hari keenam, kamu bisa menikmati pemandangan dan memberikan makan burung di sekitar taman. Kunjungi Haneul Park, Han River E-land Cruise, dan Banpo Bridge Rainbow Fountain.

Kamu juga tidak perlu membeli tiket masuk, tetapi untuk naik Han River Cruise kamu perlu membayar sekitar Rp250.000. Selain itu, uang untuk transport Rp100.000 dan makan Rp300.000.

  • Day 7

Sebelum kembali ke tanah air, kamu bisa membeli oleh-oleh atau berbelanja di Dongdaemun Plaza.

Dongdaemun Design Plaza ini memiliki arsitektur bangunan yang sangat modern, loh! Buat kamu pecinta fotografi, harus mengambil foto di tempat ini. Setelah itu kamu bisa menyusuri sungai Cheonggyecheon untuk bersantai.

Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk, Toppers. Hanya perlu menyiapkan uang untuk transportasi Rp 100.000 dan makan Rp300.000 saja!

Baca juga: TEMPAT WISATA MUSIM SEMI TERBAIK DI KOREA SELATAN

Itulah itinerary dan rincian biaya untuk liburan di Korea Selatan selama seminggu. Jadi, untuk liburan di di sana kamu harus menyiapkan biaya minimal sekitar Rp9.800.000, Toppers.

Biaya ini bisa saja lebih murah atau mahal tergantung nilai tukar rupiah, destinasi dan musim yang kamu pilih.

Buat kamu yang berencana mengunjungi Korea Selatan dalam waktu dekat, siapkan segala kebutuhan perjalanan-mu dari sekarang.

Agar lebih mudah, kamu bisa mendapatkan segala kebutuhan tersebut mulai dari tiket pesawat, paket tursim card & wifi internasional, hotel, hingga tiket atraksi hanya Tokopedia.

Yuk, lengkapi kebutuhan traveling kamu di Tokopedia sekarang juga!

Dapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik hanya di Tokopedia!

Penulis: Felly Putri

© 2009-2024, PT Tokopedia