Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Bisnis Produk Lokal Berbahan Alami ‘Utama Spice’: Dua Fitur Tokopedia Dorong Usaha Tetap Berjaya Hingga ke Papua

26 July 2021
Share
Bisnis Produk Lokal Berbahan Alami ‘Utama Spice’: Dua Fitur Tokopedia Dorong Usaha Tetap Berjaya Hingga ke Papua

Pandemi mengubah banyak hal, termasuk di antaranya pergeseran tren bisnis dari offline ke online. Hal serupa juga dialami oleh Ria Templer, pemilik bisnis lokal Utama Spice yang menjual berbagai produk perawatan tubuh dan kulit yang terbuat dari bahan-bahan alami. 

Diawali dengan ketertarikan dan keinginan untuk melestarikan kekayaan alam, khususnya pada tradisi pengobatan herbal dan tradisional di Bali, Utama Spice telah berdiri sejak tahun 1989. Pada saat itu, mendiang Dayu Suci memiliki pengetahuan tentang tradisi pengobatan khas Bali, sementara Melanie Templer, Ibu dari Ria Templer, memiliki ketertarikan pada hal-hal yang berbau alam. 

Keduanya menemukan manfaat dari essential oil dan bahan alami lainnya yang kemudian diolah menjadi ramuan alami untuk berbagai macam produk. Di tahun 2015, mendiang Dayu Suci menjual saham dan bisnis tersebut yang kini dikelola oleh Ria Templer. 

Ria Templer, pemilik Utama Spice

Utama Spice mengadopsi konsep lokal dan mengambil filosofi budaya Bali bernama Hita Karana, yang berarti sebuah komitmen untuk menghormati dan berjalan secara harmonis dengan sesama umat manusia, alam dan Sang Pencipta. Filosofi ini menjadi pondasi ketika menjalankan bisnis, dimana Utama Spice berkomitmen untuk menjaga dan mengurangi dampak terhadap kesehatan lingkungan sekitar. 

Selama puluhan tahun, Utama Spice telah menghadirkan berbagai temuan produk yang telah dipasarkan ke berbagai kota-kota besar melalui gerai retail dan pertokoan. Produknya pun begitu diminati, karena selain untuk merawat tubuh, produk Utama Spice juga dapat mengobati permasalahan kulit.

Bagi Ria, kreativitas dan inovasi menjadi kunci untuk dapat menjawab tantangan selama pandemi. Ketika offline storenya tidak dapat beroperasi, Ria langsung beralih untuk berjualan secara online, dan Tokopedia merupakan platform pilihannya. “Tokopedia adalah platform paling besar di Indonesia untuk berjualan online. Menurut saya, kepercayaan konsumen terhadap Tokopedia itu begitu besar, sehingga setelah kita beralih ke Tokopedia, konsumen kita banyak yang membeli lewat Tokopedia”. 

Selain itu, Ria juga memanfaatkan berbagai fitur yang ditawarkan oleh Tokopedia seperti fitur TopAds dan Bebas Ongkir. Dengan mengiklankan produknya melalui TopAds, transaksi pembelian produk Utama Spice mengalami peningkatan sebesar 5x lipat dari saat sebelum pandemi, dimana produk essentials oils merupakan produk yang paling laris. 

Kemudahan lain yang Ria rasakan ketika memasarkan produknya melalui Tokopedia adalah dimana ia memiliki kesempatan untuk meraih pasar yang lebih luas, sehingga konsumen baru terus berdatangan. Bahkan, melalui Tokopedia, produk Utama Spice telah dijangkau oleh masyarakat yang berada di daerah Papua. 

Ria pun merasa terbantu dengan fitur Bebas Ongkir karena dengan fitur ini, masyarakat dari berbagai daerah dapat memiliki akses untuk membeli produk berkualitas tanpa harus memikirkan biaya pengiriman. 

Ria juga akan terus menggunakan kanal online sebagai salah satu langkah strategis untuk mendorong pertumbuhan bisnisnya di tengah kondisi pandemi. Selain memanfaatkan berbagai fitur dan kemudahan yang ditawarkan oleh Tokopedia, Ria juga berkeinginan untuk dapat berpartisipasi pada berbagai program kampanye, salah satunya seperti Waktu Indonesia Belanja. 

TAGS
Share
Amalia RizqytaAmalia Rizqyta

Related Articles

Clouwny: Di Balik Cerita Outfit Kece dan Terjangkau untuk Anak Muda
Behind The Scene
Clouwny: Di Balik Cerita Outfit Kece dan Terjangkau untuk Anak Muda
© 2009-2023, PT Tokopedia