• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

12 Buah yang Bagus untuk Bayi 6 Bulan hingga 1 Tahun

Share

12 Buah yang Bagus untuk Bayi 6 Bulan hingga 1 Tahun

Si kecil telah memasuki usia 6 bulan? ibu perlu memenuhi kebutuhan vitamin serta mineralnya melalui buah-buah lezat dan bergizi berikut ini!

Ketika memasuki usia 6 bulan sampai 1 tahun, ibu perlu memberikan perhatian lebih pada kebutuhan nutrisi anak. Sebab, usia tersebut merupakan periode penting dalam pertumbuhan si kecil atau bisa dikatakan sebagai tahap awal perkenalan makanan untuk sang buah hati.

Dalam masa transisi tersebut, ibu dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral si kecil melalui makanan yang penuh nutrisi, seperti buah-buahan.

Beberapa buah dapat diperkenalkan secara langsung sejak anak berusia 6 bulan, karena teksturnya yang padat buah bisa dihidangkan sebagai finger food atau dihaluskan.

Jika kamu sedang mencari beberapa rekomendasi buah terbaik untuk masa MPASI si kecil berikut ini merupakan deretannya!

Buah yang Bagus untuk Bayi

1. Pisang

buah yang bagus untuk bayi 6 bulan

Sumber Gambar: Pexels

Agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak, tentunya Ibu perlu memberikan asupan-asupan yang dapat mencukupi nutrisi pada masa pertumbuhan anak. Salah satunya adalah pisang.

Pisang merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk pertumbuhan anak. Selain itu, pisang juga dapat membantu melancarkan pencernaan dengan kandungan seratnya.

Karena itu buah ini cocok untuk anak-anak dengan usia 6 hingga 12 bulan karena tidak sulit dicerna oleh tubuh.

BACA JUGA: APA ARTINYA JIKA KITA MIMPI HAMIL DAN MENGAPA INI SERING TERJADI?
banner bebelac

2. Pir

buah yang bagus untuk bayi 6 bulan

Sumber Gambar: Pexels

Mempunyai daya tahan tubuh serta tulang yang kuat merupakan hal yang diharapkan oleh semua orang tua untuk anak-anaknya.

Terutama untuk anak yang masih berusia 6 hingga 12 bulan. Oleh sebab itu, diperlukan asupan yang dapat memenuhi kebutuhan si kecil dalam membantu menjaga kesehatan tulang dan daya tahan tubuhnya.

Buah pir merupakan salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk anak berusia 6 hingga 12 bulan dalam menjaga daya tahan tubuhnya agar selalu fit. Selain itu, buah ini juga dapat diandalkan dalam memperkuat tulang pada anak. 

3. Pepaya

buah yang bagus untuk bayi 6 bulan

Sumber Gambar: Pexels

Banyaknya makanan yang belum bisa dicerna dengan baik oleh anak berusia 6 sampai 12 bulan membuat para Ibu harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang akan diberikan untuk si kecil.

Oleh sebab itu, Kamu dapat memilih buah pepaya sebagai makanan yang tepat untuk si kecil, karena kandungan enzim yang terdapat pada buah ini dapat melancarkan proses pencernaan pada anak.

4. Alpukat

buah yang bagus untuk bayi 6 bulan

Sumber Gambar: Pexels

Anak berusia 6 hingga 12 bulan tentunya sangat membutuhkan makanan yang sangat lembut agar dapat dicerna dengan baik. Selain itu, tentunya si kecil juga membutuhkan kandungan lemak yang menjadi sumber energi dalam menjalankan aktivitasnya.

Alpukat merupakan buah yang sangat baik untuk dikonsumsi si kecil karena mempunyai kandungan lemak tidak jenuh serta memiliki tekstur lembut yang dapat melancarkan pencernaan anak.

5. Apel

buah yang bagus untuk bayi 6 bulan

Sumber Gambar: Pexels

Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak, diperlukan asupan dengan kandungan gizi yang baik, sehingga proses pertumbuhan anak menjadi lebih cepat dan sempurna. Salah satu asupan yang dapat diberikan pada anak dalam membantu memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak yaitu apel.

Kandungan mineral fosfor, kalium, kalsium, magnesium serta vitamin A dan C yang terkandung dalam buah apel tentunya sangat baik dalam proses pertumbuhan si kecil. Selain itu, buah ini juga dapat melancarkan proses pencernaan karena terdapat kandungan yang kaya akan serat.

6. Jambu

buah yang bagus untuk bayi 6 bulan

Sumber Gambar: Pexels

Makanan yang lembut sangat diperlukan oleh si kecil dalam memudahkan pencernaannya. Oleh sebab itu, para orang tua harus pandai memilih makanan yang memiliki tekstur lembut namun memiliki kandungan gizi yang cukup baik.

Jambu merupakan buah yang sangat baik untuk dikonsumsi anak dalam masa pertumbuhannya. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat memudahkan sistem pencernaan anak.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Ulang Tahun untuk Anak, Penuh Doa & Harapan

7. Buah Naga

buah yang bagus untuk bayi 6 bulan

Sumber Gambar: Pexels

Makanan yang lembut serta bernutrisi tinggi tentunya sangat diperlukan oleh anak berusia 6 hingga 12 bulan pada masa pertumbuhannya. Untuk dapat memenuhi kebutuhan si kecil, maka diperlukan asupan yang dapat membantu proses pertumbuhannya dengan baik. Salah satunya adalah buah naga.

Buah Naga merupakan buah yang memiliki kandungan fosfor, kalsium serta vitamin yang berfungsi dalam proses pertumbuhan anak. Selain itu, buah ini juga menjadi salah satu asupan terbaik yang dapat membantu pertumbuhan si kecil. 

8. Ubi Jalar

buah yang bagus untuk bayi 6 bulan

Sumber Gambar: Pexels

Memiliki anak dengan kondisi fisik yang kuat dan lincah tentunya menjadi harapan bagi seluruh orang tua. Oleh sebab itu, dibutuhkan asupan-asupan yang dapat memenuhi kebutuhan si kecil selama masa pertumbuhannya.

Memiliki berbagai macam kandungan vitamin yang dapat membantu memenuhi kebutuhan si kecil membuat ubi jalar sebagai makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Selain itu, ubi jalar juga memiliki tekstur yang lembut, sehingga cocok untuk dikonsumsi untuk anak berusia 6 hingga 12 bulan.

9. Jeruk

buah yang bagus untuk bayi 6 bulan

Sumber Gambar: Pexels

Kebutuhan akan vitamin C dan serat tentunya tidak akan lepas dari masa pertumbuhan anak. Oleh sebab itu, dibutuhkan asupan yang dapat membantu melancarkan tumbuh kembang si kecil.

Jeruk merupakan buah bertekstur lembut yang dapat diandalkan dalam proses pertumbuhan si kecil karena kandungan vitamin C yang besar dan kandungan tinggi serat yang dapat membantu proses pencernaan si kecil

10. Kiwi

buah yang bagus untuk bayi 6 bulan

Sumber Gambar: Pexels

Buah kiwi sangat baik untuk bayi yang baru mulai tumbuh gigi, tepatnya pada usia 6-9 bulan pertama. Rasa asam dan manis dari kiwi mengandung serat serta vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam satu buah kiwi saja sudah mengandung 42,1 kalori energi, 23,5 mg kalsium dan 64 mg vitamin C. Buah ini tentu menjadi pilihan yang paling tepat untuk si kecil mulai mengenal berbagai jenis rasa, sekaligus dapat memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa pertumbuhannya.

11. Mangga

buah yang bagus untuk bayi 6 bulan

Sumber Gambar: Pexels

Pada masa pertumbuhan anak diperlukan asupan yang dapat memenuhi kebutuhan si kecil agar tumbuh kembangnya dapat berjalan secara maksimal. Salah satu asupan makanan yang dapat direkomendasikan untuk si kecil adalah buah mangga.

Mangga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan dengan tinggi serat. Selain itu buah ini juga memiliki kandungan yang mampu menjaga kesehatan pada kulit anak.

12. Semangka

buah yang bagus untuk bayi 6 bulan

Sumber Gambar: Pexels

Semangka merupakan buah yang dapat diandalkan dalam mengatasi perpenyakit pada anak, salah satunya adalah demam. Untuk anak 6 hingga 12 bulan yang belum bisa meminum obat tentunya bisa mengganti buah semangka sebagai obat yang dapat meredakan demam.

Semangka memiliki tekstur yang sangat ringan serta memiliki kandungan tinggi air yang dapat mengurangi rasa haus. Selain itu, buah ini juga memiliki nutrisi yang kaya akan kalium, karbohidrat serta vitamin B yang diperlukan oleh anak.

Beli Buah-Buah Segar di Sini

BACA JUGA: 12 Merk Susu Formula Terbaik untuk Bayi, Favorit Bunda

Itu dia, Toppers, 12 rekomendasi buah yang baik dikonsumsi oleh anak berusia 6 bulan sampai 1 tahun. Ibu cukup menyesuaikan tekstur buah dengan kemampuan mencerna si kecil.

Penuhi seluruh kebutuhan bayi mulai dari buah-buahan segar hingga perlengkapan bayi terlengkap hanya di Tokopedia.

banner promo susu popok

Dapatkan semua kebutuhan si kecil mulai dari susu hingga popok bayi termurah dan terlengkap hanya di Tokopedia

Penulis: Claudia

© 2009-2024, PT Tokopedia