• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

6 Cara Agar Konten Kamu Bisa FYP di TikTok

29 June 2022

Share

6 Cara Agar Konten Kamu Bisa FYP di TikTok

Cara ampuh menaklukan algoritma agar konten bisa FYP di TikTok. Cari tahu caranya di sini!


Semenjak awal pandemi, TikTok menjadi salah satu sosial media yang tingkat penggunanya membludak drastis. Platform ini bak surga video pendek yang menghibur dan berperan sebagai pelepas penat untuk banyak orang.

Kini tidak hanya untuk kegunaan personal saja, tetapi influencer maupun perusahaan besar juga memanfaatkan platform ini. Mereka berlomba-lomba untuk tetap up-to-date di pasaran dengan membuat akun TikTok dan mengunggah konten yang menarik bagi customer atau follower.

Namun, seperti halnya media sosial lain, TikTok juga memiliki algoritmanya sendiri. Jika kamu ingin kontenmu dilihat oleh banyak orang, maka kontenmu harus masuk ke laman For You Page atau FYP TikTok terlebih dahulu.

Baca Juga: 14 HP RAM 4GB 2022: 1 Jutaan dan di Bawah 2 Juta

Tips Agar FYP di TikTok

fyp

Sumber Gambar: The Next Web

Seiring dengan bertambahnya pengguna, semakin sulit juga untuk membuat sebuah konten masuk ke FYP. Lalu, bagaimana caranya agar kontenmu FYP? Jangan khawatir karena terdapat tips yang ampuh agar konten kamu bisa FYP dan bisa ditonton oleh lebih banyak pengguna di TikTok.

1. Manfaatkan Hashtag dengan Tepat

Tips pertama agar kontenmu FYP adalah dengan menggunakan tagar atau hashtag yang tepat. Banyak orang yang mengira #ForYou, #FYP dan sebagainya akan memperbesar angka penonton. Namun, cara tersebut belum tentu efektif untuk membuat suatu konten viral di TikTok.

Cara yang tepat adalah dengan menggunakan hashtag yang relevan atau sesuai dengan konten. Hindari menggunakan hashtag yang berlebihan dan tidak sesuai dengan isi dari kontenmu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan hashtag yang sedang trending atau mengkombinasikan antar hashtag yang populer dan yang kurang populer.

2. Buat Video dengan Durasi Pendek

Karena TikTok merupakan platform video pendek, pengguna akan lebih tertarik dengan video yang berdurasi kurang dari 1 menit. Walau kini kamu bisa mengunggah dengan durasi yang beragam, kemungkinan besar untuk seseorang tidak menonton sebuah konten hingga akhir jika berdurasi terlalu panjang.

Kamu bisa menambahkan unsur menarik di awal video agar penonton terdorong untuk menyimak video hingga selesai. Usahakan untuk membuat konten yang berdurasi di antara 15-30 detik agar menambah tingkat video completion kontenmu.

3. Gunakan Caption yang Menarik

Selain durasi video yang pendek, penggunaan caption yang pendek dan menarik juga akan membantu kontenmu untuk FYP. Hanya dalam 150 kata kamu harus berpikir bagaimana pesan yang kamu ingin sampaikan serta hashtag yang ingin kamu gunakan tergabung dalam satu caption yang menarik.

Triknya adalah menggunakan kalimat pendek yang bisa mendorong perhatian penonton untuk menyimak konten. Seperti misalnya “tonton sampai akhir” atau “dibutuhkan waktu selama 5 hari untuk membuat ini”. Selain itu, kamu juga bisa menulis caption yang memicu percakapan di kolom komen.

Baca Juga: 7 HP untuk Anak Sekolah Terbaik: Murah dan Cocok untuk Sekolah Online

4. Buat Konten yang Berkualitas

Jangan hanya terpaku dengan angka penonton, kamu juga harus membuat konten yang berkualitas agar kontenmu FYP. Hindari mengunggah video dengan kualitas gambar rendah dan buram. Kamu juga meningkatkan kualitas konten dengan editing. Bereksperimen lah dengan filter atau teknik transisi agar konten lebih menarik untuk ditonton. Hal ini selain bisa meningkatkan kualitas video, juga bisa memberikan ciri khas yang berbeda dari konten lain.

5. Unggah Konten Saat Prime Time

Jika kamu sudah membuat konten yang menarik, maka waktu pengunggahan konten yang akan menentukan apakah kontenmu FYP atau tidak. Caranya adalah mengunggah konten saat followers atau para pengguna paling aktif di TikTok. Untuk mengetahui kapan para followers paling banyak online, kamu bisa melihat melalui performance akun di TikTok Pro Account.

Kamu juga bisa mengandalkan prime time media sosial secara umum. Unggahlah konten di sela-sela waktu jam kerja istirahat antara pukul 12.00 hingga 13.00 dan waktu pulang kerja sekitar pukul 16.00 atau 17.00.

6. Gunakan Sound atau Lagu yang Sedang Trending

Sama seperti hashtag, penggunaan sound atau lagu yang trending juga dapat membantu kontenmu dilihat oleh lebih banyak orang. Kamu bisa mencari sound yang sedang trending di menu “Discover” atau menggunakan sound yang sedang banyak digunakan di konten unggahan followers kamu.

Baca Juga: 13 Modem WiFi Terbaik 2022 dengan Konektivitas 4G hingga 5G Tercepat

Itu dia tips dan trik agar konten kamu bisa masuk di laman FYP TikTok. Selain konten yang menghibur, jangan lupa untuk membuat konten yang mengedukasi juga, ya, Toppers!

Selain cara di atas, lengkapi juga peralatan membuat konten agar konten kamu makin berkualitas. Temukan aksesoris kamera, lighting,dan smartphone terbaik hanya di Tokopedia!

Penulis: Abya Zara

© 2009-2024, PT Tokopedia