• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Download IDM – Internet Download Manager

Share

Cara Download IDM – Internet Download Manager

Apa itu Internet Download Manager?

Siapa pun yang suka mengunduh atau men-download berbagai media seperti video, lagu, film, maupun TV series dari internet pasti mengenal aplikasi bernama Internet Download Manager alias IDM. Aplikasi ini sudah seperti rajanya aplikasi download karena terkenal dengan kecepatannya serta kemampuannya untuk ‘resume’ ketika koneksi internet tiba-tiba ngadat dan membuat download-an terhambat.

Internet Download Manager adalah aplikasi pengatur daftar unduhan dari internet khusus untuk sistem operasi Microsoft Windows (Belum tersedia untuk sistem operasi lain). IDM pertama kali dirilis oleh Tonec Inc. dan selalu diperbarui setiap bulannya. Pada tahun 2014, website kenamaan teknologi Softpedia mentasbihkan IDM sebagai aplikasi wajib punya bagi seluruh pengguna internet karena keunggulannya dalam menyediakan aplikasi yang dapat mempermudah kegiatan download.

Baca juga: Aplikasi Streaming TV Terbaik di Indonesia

Apa Keunggulan Internet Download Manager?

Berikut adalah beberapa keunggulan IDM yang membuatnya dipuja-puja oleh banyak kalangan:

  • Kecepatan
    Tingkat kecepatan download menggunakan IDM bisa sampai 5 kali lipat lebih cepat daripada menggunakan browser biasa, bahkan pada tingkat bandwith internet normal.
  • Resume Download
    Kalau internetmu tiba-tiba turun atau ‘ngadat’ pada saat download mengunakan browser, proses download akan ikut ngadat dan berhenti, lalu harus diulang dari awal. Hal ini tentu sangat membuang-buang waktu. Tak begitu halnya dengan IDM. Kalau koneksi internetmu bermasalah, pada saat internet sudah lancar lagi, kamu bisa langsung pilih ‘resume download’ dan download-an akan kembali melanjutkan proses dari titik di mana ia berhenti.
  • Bisa Langsung Download dari Youtube atau Website Lain
    Kalau kamu sudah punya aplikasi IDM dan pasang extension-nya di browser, setiap kali kamu membuka halaman website yang memuat video atau lagu (seperti Youtube), pilihan untuk download menggunakan IDM akan muncul secara otomatis. Kamu bisa langsung klik, dan proses download akan segera dimulai.
  • Tampilan yang User-Friendly
    Tanpa perlu banyak petunjuk macam-macam, siapapun pasti akan bisa mengunakan IDM dengan mudah sejak pertama kali diunduh. Interface yang ‘tidak neko-neko’ juga membuat IDM sangat enak dipakai.

Nah, setelah mengetahui apa itu IDM dan keunggulannya dibandingkan cara unduh lain, pasti Toppers tertarik!

baner Maret Mantap

Adakah di antara kamu yang belum tahu cara download IDM? Kalau belum, berikut Tokopedia beberkan langkah-langkahnya:

  • Unduh IDM Versi Terbaru
    Cara download IDM pertama adalah dengan mengunduh installer IDM versi terbaru dari website resmi Internet Download Manager. Atau, klik link berikut: https://www.internetdownloadmanager.com/download.html dan simpan file installer tersebut di PC.
  • Install IDM di PC
    Langkah kedua untuk mengaktifkan IDM adalah menginstal aplikasi di PC. Buka aplikasi yang sudah di-download, lalu pilih bahasa. Klik ‘OK’. Selanjutnya akan muncul wizard pemasangan Internet Download Manager. Klik ‘Lanjut’ hingga ke tahap akhir. (Pada bagian Lisensi IDM, jangan lupa centang pilihan ‘I accept the terms in the license agreement’).
  • Buka IDM
    Setelah proses pemasangan sampai ke tahap akhir, klik ‘Selesai’. Setelah itu, buka Iaplikasi IDM.
  • Unduh Extension
    Agar proses pengunduhan lebih mudah, unduh extension IDM untuk browser. Extension bisa kamu unduh langsung dari website IDM, atau bila kamu menggunakan Google Chrome, extension bisa diunduh dengan klik hamburger option icon di kanan atas, klik ‘Find’, lalu klik ‘Extensions’.
  • Download Media
    Sekarang, kamu sudah bisa mulai unduh media dari berbagai situs dengan kecepatan ekstra, Toppers!

Baca juga: Suka Nyanyi? 5 Aplikasi Karaoke Smartphone ini Wajib Kamu Miliki!

Itu dia sekilas tentang Internet Download Manager, keunggulan, serta cara mengunduhnya. Untuk diingat, versi IDM dengan cara unduh yang baru saja dijelaskan ini terbatas pada versi trial 30 hari. Setelah 30 hari, Toppers wajib melakukan pembelian. Dengan Internet Download Manager, proses download pasti jadi lebih mudah dan praktis! Jangan lupa bagikan ilmu ini ke teman-temanmu ya!

modem 4g

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

7 HP Xiaomi 2 Jutaan 2024, Terbaik di Kelasnya!
Gadget dan Teknologi
7 HP Xiaomi 2 Jutaan 2024, Terbaik di Kelasnya!
© 2009-2024, PT Tokopedia