• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Membersihkan Telinga Kucing dengan Mudah, Ada Triknya!

30 August 2023

Share

Cara Membersihkan Telinga Kucing dengan Mudah, Ada Triknya!

Cara membersihkan telinga kucing ternyata tidak sulit, lho! Yuk, simak cara dan tips membersihkan telinga kucing dengan mudah berikut.


Apakah Toppers memelihara kucing? Jika iya, maka pastikan telinga kucing bersih dari segala penumpukan kotoran ataupun infeksi telinga. Jika terdapat iritasi telinga, kemerahan, tungau telinga, ataupun kotoran, maka itu mengindikasikan telinga kucing kesayanganmu harus segera dibersihkan.

Masalah telinga yang dibiarkan terlalu lama dan tidak ditangani berisiko menyakitkan kucing. Maka dari itu, sebaiknya segera bersihkan telinga kucing jika sudah melihat tanda-tanda yang disebutkan di atas. Apabila kasusnya tidak terlalu parah, kamu juga bisa membersihkan telinga kucing secara mandiri tanpa ke dokter hewan, Toppers.

Nah, agar tidak salah langkah, yuk, simak terlebih dahulu cara membersihkan telinga kucing selengkapnya di bawah ini, Toppers!

Baca Juga: Cara Mengatasi Bulu Kucing dan Anjing Rontok

Peralatan untuk Membersihkan Telinga Kucing

Cara membersihkan telinga kucing dengan mudah

Sumber Gambar: Great Pet Care

Sebelum membersihkan telinga kucing peliharaanmu, ada beberapa peralatan yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu.

  • Cairan Pembersih Telinga

Pastikan cairan pembersih telinga aman dan direkomendasikan oleh dokter hewan. Alih-alih bersih, salah memasukkan cairan ke telinga bisa menyebabkan kucing mengalami ketulian, masalah keseimbangan, ataupun masalah lainnya.

  • Kain Kasa

Siapkan kain kasa untuk membersihkan, menyeka, dan mengeringkan bagian dalam telinga kucing. Alternatif lainnya, Toppers juga bisa menggunakan bola kapas bersih atau tisu.

  • Handuk

Fungsi handuk dalam proses pembersihan telinga kucing adalah untuk membungkus kucing dengan lembut. Selain itu, handuk juga berguna untuk mengelap setelah kucing mengeluarkan cairan dari telinganya.

  • Makanan

Agar hubungan pemilik dengan kucing semakin positif, maka tidak ada salahnya kamu memberikan camilan atau makanan kesukaannya setelah selesai pembersihan telinga.

Baca Juga: Ini Ciri-ciri Kucing Sakit yang Harus Diperhatikan!

Cara Membersihkan Telinga Kucing dengan Mudah

tips membersihkan telinga kucing

Sumber Gambar: The Spruce Pets

Apabila Toppers sudah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan saat membersihkan telinga kucing, kini, saatnya kamu menyimak cara membersihkan telinga kucing.

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah cara membersihkan telinga kucing yang baik:

1. Menentukan Posisi yang Nyaman

Pertama-tama, kamu bisa mengajak kucing bermain sebentar dan perlakukannya dengan lembut. Kemudian, tentukan posisi dan area yang nyaman untuk kamu dan kucing kesayangan.

Toppers juga bisa menempatkan kucing peliharaan dengan balutan handuk sehingga kucing merasa nyaman dan tetap diam selama proses pembersihan telinga.

2. Periksa Telinga

Saat ingin memulai proses pembersihan, pastikan Toppers mengecek telinga kucing terlebih dahulu. Apakah hanya kotoran biasa atau terlihat ada masalah telinga lainnya seperti benjolan atau radang?

Bila telinga kucing sepertinya sudah tidak wajar, sebaiknya kamu membawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan terbaik.

3. Teteskan Pembersih Telinga

Selain minyak zaitun, Toppers juga bisa menggunakan cairan pembersih telinga khusus kucing yang direkomendasikan oleh dokter hewan.

Sambil memegang pinna atau penutup telinga, teteskan satu hingga dua tetes cairan pembersih ke saluran telinga kucing kesayangan secara perlahan. Pastikan, tidak memasukkan ujung botol ke dalam telinga kucing karena ini berisiko meningkatkan penyebaran bakteri dan jamur, Toppers.

4. Pijat secara Lembut

Pijat pangkal telinga kucing selama beberapa detik secara lembut dan perlahan agar cairan pembersih telinga bekerja dengan maksimal.

Kemudian, biarkan kucing untuk menggelengkan kepalanya. Tindakan ini biasanya dilakukan kucing sehingga kotoran bisa dikeluarkan dari saluran telinga.

5. Mengusap Telinga

Setelah kucing telah mengeluarkan sisa pembersih, Toppers bisa mengusap perlahan penutup telinga (pinna) dan lubang saluran telinga kucing menggunakan bola kapas.

Kamu juga bisa menggunakan jari yang telah dibungkus dengan kain kasa, Toppers. Nah, apabila sudah bersih, ulangi langkah yang sama dari nomor 1 - 4 ke telinga yang satunya lagi.

6. Berikan Makanan

Jika kedua telinga sudah dibersihkan, jangan lupa untuk menghadiahi camilan atau makanan favorit dengan kasih sayang kepada kucing kesayanganmu. Ini adalah salah satu bentuk apresiasi karena si manis sudah mau dibersihkan telinganya.

Dengan demikian, kucing pun merasa nyaman dan bersedia untuk dibersihkan lagi di kemudian hari, Toppers.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Kucing, Mati hingga Telurnya!

Nah, demikianlah cara membersihkan kotoran telinga kucing, Toppers. Tidak sulit bukan? Asalkan kamu mengikuti berbagai langkah ini dengan benar dan penuh dengan kehati-hatian, pastinya telinga peliharaan kesayangan juga bisa segera bersih.

Kamu juga bisa temukan berbagai produk perawatan kucing dengan mudah dan harga terjangkau hanya di Tokopedia. Yuk, segera kunjungi Tokopedia dan penuhi keperluan si manis!

© 2009-2024, PT Tokopedia