• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Suka Nulis? Ini dia Cara Membuat Blog: Salurkan Bakat & Hobi-mu!

Share

Suka Nulis? Ini dia Cara Membuat Blog: Salurkan Bakat & Hobi-mu!

Punya hobi menulis dan ingin tahu cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang? Yuk, simak cara mudah untuk membuat blog sendiri!


Cara Membuat BlogBlogging bisa menjadi salah satu wadah kreativitas untuk Toppers yang gemar menulis. Banyak topik yang bisa ditulis, mulai dari kecantikan, musik dan film, ataupun cerita hidup sehari-hari. Selain untuk hobi, bukan mustahil blogging dapat juga mendatangkan uang dan keuntungan. Toppers tahu, nggak? Komedian terkenal Indonesia Raditya Dika memulai karir menulisnya lewat blog, lho.

Untuk Toppers yang ingin mulai menulis blog, mungkin ada yang sedikit bingung. Harus mulai dari mana ya?

baca juga: 5 Cara Mudah Membuat Poster di PC: Praktis dan Menarik

Cara Membuat Blog Pribadi

Untuk membuat sebuah blog yang baik, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan. Yuk, langsung saja simak cara membuat blog pribadi berikut ini!

1. Pilih Nama dan Topik Blog

Pilih nama dan topik blog
Sumber Gambar: Pexels

Nama domain blog kamu penting banget, lho, Toppers. Sebab, nama doain kamu adalah yang memberikan kesan pertama seseorang terhadap blog kamu. Kamu perlu memikirkan nama yang sesuai dengan image yang ingin diberikan, dan juga yang sesuai dengan topik utama dari blog. Beberapa orang juga menggunakan namanya sendiri sebagai domainnya.

Topik yang akan difokuskan di blog kamu juga perlu menjadi hal yang dipikirkan, Toppers. Ada banyak topik yang bisa kamu tulis, seperti fashion, otomotif ataupun makanan

Jika bisa, pilihlah topik yang kamu sukai. Dengan begitu, kamu pun akan lebih menikmati proses menjalani dan menulis blog kamu. Ketertarikan kamu terhadap suatu topik juga bisa jadi terpancar dalam kualitas konten.

Saat kamu sudah mengetahui fokus blogmu sejak awal, kamu dapat memasukkan topik itu ke dalam nama domain blog kamu. Contohnya, jika kamu ingin blog kamu berfokus pada topik makanan, kamu dapat memilih nama domain seperti “andisukamakan.blogspot.com”.

2. Sign Up ke Blogging Platform

Sign up ke blogging platform
Sumber Gambar: Pexels

Ada beberapa blogging platform yang bisa Toppers pilih, nih. Ada WordPress.com, WordPress.org, Blogger, Tumblr, Wix dan lainnya. Nah, Toppers perlu memilih platform yang paling cocok dengan kebutuhan Toppers.

Setiap platform menawarkan fitur yang agak berbeda dan memiliki keunggulan masing-masing. Kamu perlu menentukan terlebih dahulu apa yang kamu utamakan, lalu itu disesuaikan dengan pilihan platform kamu. Apakah itu desain yang cantik, customizability, potensi untuk mendapatkan uang, kemudahan penggunaan, harga atau yang lainnya. Cara membuat blog yang gratis, tentu dengan memilih platform yang gratis. Ada blogging platform yang gratis dan ada pula yang berbayar. 

3. Memilih Desain Blog

Memilih desain blog
Sumber Gambar: Pexels

Desain yang apik merupakan salah satu cara membuat blog yang menarik. Pilih theme yang sederhana yang membuat blog kamu mudah dibaca, namun tetap menarik secara visual. Penampilan blog kamu secara visual juga dapat mempengaruhi kesan seseorang terhadap blog kamu, lho. Desain juga menjadi komponen pelengkap yang dapat turut membangun mood pembaca saat menjelajahi blog kamu.

baca juga: 10 Inspirasi Gaya Foto di Sosmed Kekinian yang Wajib Dicoba!

4. Mulai Menulis!

Mulai Menulis
Sumber Gambar: Pexels

Yes, sekarang ke bagian serunya! Mulai menulis konten! 

Jika kamu sudah menetapkan topik blog kamu sejak awal, memulai menulis akan lebih mudah. Tulislah konten yang tidak terlalu pendek, tetapi juga tidak terlalu panjang. Coba tulis sekitar 300 – 1000 kata per posting. Tambahkan pula gambar!

Jadilah diri kamu sendiri dalam tulisanmu. Keunikan dapat menjadi nilai jual yang membuat pembaca terus kembali ke blog kamu. Jangan justru, misalnya, mencoba mengikuti gaya penulisan dari blogger favorit kamu. Jika begitu, mengapa orang harus membaca blogmu? Lebih baik membaca blog dari blogger favoritmu saja, bukan? Ingat, nothing can do you better than yourself!

Di awal, tidak perlu terlalu terpaku pada stats blogmu. Fokus saja terlebih dahulu dengan kualitas konten.

5. Promosikan Blog

Promosikan blog
Sumber Gambar: Pexels

Promosikan blog di media sosial milikmu. Instagram, Twitter, TikTok. Semua bisa menjadi tempat kamu menarik pembaca-pembaca baru. Kamu bisa mempertimbangkan segmen pengguna media sosial yang cocok dan kiranya akan tertarik dengan topik blogmu.

6. Hasilkan Uang

Hasilkan uang
Sumber Gambar: Pexels

Di awal-awal masa blogging, monetisasi mungkin tidak bisa langsung menjadi tujuan. Kelak, saat kamu sudah berhasil mendapatkan memiliki audiens yang cukup banyak, Toppers bisa mulai mendapatkan penghasilan dari blog Toppers.

Beberapa cara untuk monetisasi blog adalah Google AdSense, sponsored post, membuat fitur membership dan menjual produk fisik.

Baca juga: Mau Terkenal di Instagram? Ini 15 Cara Menjadi Selebgram!


Itu dia, Toppers, langkah-langkah blogging yang bisa kamu ikuti. Tidak sulit, bukan? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Mau itu melalui tulisan di blog atau melalui media lain, tetap semangat untuk terus berkreasi ya, Toppers!

mainan terlengkap
Hilangkan rasa bosan dan bikin waktu luang lebih seru dengan berbagai permainan menarik serta kekinian di sini!

Penulis: Talitha Gati

© 2009-2024, PT Tokopedia