• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Buat Blog Gratis dengan 3 Langkah Mudah Berikut Ini!

Share

Buat Blog Gratis dengan 3 Langkah Mudah Berikut Ini!

Cara Membuat Blog – Blogging atau menulis blog kini bukanlah sekedar hobi. Kegiatan blogging juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan dan mendukung bisnis online yang kamu miliki. Untuk kamu yang tertarik mencoba memulai blog, nggak perlu bingung dan khawatir karena proses membuat blog sangat sederhana dan memakan waktu nggak lebih dari satu jam. Soal biaya? Tenang saja karena ada banyak sekali pilihan platform blogging yang menyediakan media blogging secara gratis untukmu, salah satunya adalah WordPress.

Yuk, cari tahu cara membuat blog dengan WordPress dengan mengikuti langkah-langkah mudah berikut:

Langkah-langkah membuat Blog WordPress:

1. Buat Akun WordPress

– Buka situs resmi WordPress dan pilih tombol “mulai” atau “start”

– Beri penjelasan mengenai isi dan tujuan dari Blog atau Situs yang akan kamu buat.

cara membuat blog wordpress

 

– Langkah selanjutnya adalah beri nama Blog

cara membuat blog wordpress

 

– Pilih paket yang kamu inginkan.

cara membuat blog wordpress

 

– Masukkan Email, nama pengguna, dan buat kata sandi (password) untuk akun WordPress-mu. Setelah itu pilih “Tampilkan Situs Saya” dan mulai rancang tampilan blog-mu!

*Pastikan kata sandi terdiri dari huruf kapital, tanda baca, dan juga angka

2. Rancang dan Desain Blog

– Pada tampilan awal, kamu akan di berikan tampilan basic sesuai dengan data-data akun WordPress-mu. Untuk mengubah dan merancang ulang blog kamu bisa pilih menu “Situs Saya” yang berada di bagian kiri atas layar dan pilih menu “Tema”.

cara membuat blog wordpress

 

– Pilih tema yang kamu inginkan dengan melihat “preview” dari kumpulan tema yang ditampilkan. Kamu bisa memilih tema gratis berlabel “pemula” untuk pilihan tema yang simple tanpa pengaturan yang terlalu rumit. Klik tema yang kamu pilih lalu pilih “Mengakitfkan Desain” untuk menggunakan tema tersebut pada blog-mu.

cara membuat blog wordpress

 

– Kustomisasi tema yang kamu pilih, mulai dari mengganti gambar, memasukkan teks, hingga membuat tombol-tombol sesuai dengan kebutuhanmu. Klik “Terbitkan” setiap kali kamu sudah meng-edit tema blog-mu.

3. Mulailah Menulis!

– Kini desain dari Blog WordPress-mu sudah selesai. Saatnya mengisi Blog dengan berbagai konten yang menarik melalui menu “Pos Blog”. Pertama-tama, isi terlebih dahulu halaman-halaman utama dari Blog-mu seperti halaman “Kontak”, “About Us”, dan halaman lainnya yang kamu butuhkan. Untuk menambah Post atau artikel baru cukup klik “tambah”

cara membuat blog wordpress

*Pada dasarnya menu editing saat menulis blog serupa dengan menu editing dalam software untuk menulis pada umumnya. Tambahkan juga gambar agar blog-mu lebih menarik dengan memilih menu ‘tambah” untuk memasukkan gambar, video, dan multimedia lainnya.


Tidak sulit bukan untuk memulai membuat Blog-mu sendiri? Jangan lupa untuk selalu mengisi Blog dengan berbagai artikel menarik dan informatif agar Blog menjadi ramai pengunjung dan mampu membantumu memaksimalkan bisnis online yang kamu miliki.

Selamat berkreasi dengan Blog WordPress yang kamu miliki!

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Apa Itu FOMO? Ini Penjelasan, Ciri, dan Cara Mengatasinya!
Hobi dan Gaya Hidup
Apa Itu FOMO? Ini Penjelasan, Ciri, dan Cara Mengatasinya!
© 2009-2024, PT Tokopedia