• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

5 Cara Memotong Rambut Sendiri, Lurus atau Ikal Bisa Coba

Share

5 Cara Memotong Rambut Sendiri, Lurus atau Ikal Bisa Coba

Simak cara memotong rambut sendiri untuk model layer hingga bob sebahu, rambut lurus maupun ikal bisa coba!


Banyak orang menggunakan masa pandemi untuk bereksperimen dan mencoba kegiatan baru di rumah. Mulai dari memelihara hewan, bercocok tanam, mencoba masak, olahraga secara rutin, sampai coba-coba gaya fashion baru Hal-hal ini umumnya dimulai dari rasa penasaran yang ingin tersalurkan. Selain itu, ada satu kegiatan yang belum tersebut tapi mungkin pernah terlintas di pikiranmu: potong rambut sendiri. Bagi kebanyakan orang, rambut adalah kunci dari penampilan dan harus diserahkan ke ahlinya saja. Namun, sebenarnya potong rambut di rumah ada cara simpelnya, loh. Nggak perlu bingung cari tahu ke mana, kami punya cara praktis untuk potong rambut di rumah!

Baca Juga: Shampoo Untuk Rambut Berwarna Terbaik: Sehatkan Rambut

Cara Memotong Rambut Sendiri di Rumah

Sebelum memotong rambut sendiri, perhatikan tips di bawah ini!

  1. Siapkan gunting yang bersih dan tajam. Meskipun lebih disarankan untuk menggunakan gunting rambut, kamu sebenarnya tetap bisa menggunakan gunting biasa.
  2. Siapkan alat pendukung seperti cermin, sisir, kain pelindung/plastik, dan botol semprot berisi air.
  3. Pastikan rambut dalam keadaan sudah keramas agar bersih dari kotoran dan mudah diatur.
  4. Keadaan rambut disesuaikan dengan tipe rambut.
  • Rambut lurus: basahi dengan semprotan air untuk menjaga agar ukuran rambut sama dan presisi saat dipotong.
  • Rambut ikal: potong rambut dalam keadaan kering agar rambut tidak memendek drastis setelah dipotong.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah untuk menggunting sedikit demi sedikit. Ingat, rambut yang terlalu panjang bisa dipotong, tapi rambut yang terlalu pendek butuh penantian untuk kembali. Kalau kamu sudah melakukan persiapan, langkah selanjutnya adalah simak cara potong rambut sendiri di bawah!

1. Cara Memotong Rambut Bob Sebahu/Leher

cara memotong rambut sendiri bob sebahu

Sumber Gambar: Behind the Chair, Hadviser

Potongan rambut bob adalah model rambut yang bisa membuat kamu tampil menawan tanpa effort. Siapa sangka, kamu bisa memotong rambut model bob sebahu atau leher sendiri di rumah dengan langkah mudah dengan metode 3 bagian ini!

  1. Bagi rambut menjadi 3 bagian yang rata dengan sisir. 1 bagian di belakang, dan 1 bagian masing-masing di kanan dan kiri. Ikat dengan karet rambut agar lebih mudah diatur.
  2. Pastikan bagian belakang berada tepat di atas bagian belakang leher. Ikatan rambut bagian belakang tidak perlu terlalu kencang karena harus bisa dinaik-turunkan.
  3. Potong bagian belakang dengan gunting, panjangnya sesuai selera. Jika kamu menginginkan bob yang lebih pendek, naikkan kunciran. Jika mau bob agak panjang. Lakukan sebaliknya.
  4. Cobalah untuk mendapatkan potongan yang rata di seluruh bagian belakang ekor kuda sehingga bagian belakang akan tampak lurus dan rata.
  5. Jika kamu mau model bob A-line, potong bagian samping sedikit lebih panjang daripada bagian belakang. Angkat bagian kecil rambut dan potong dengan gerakan miring ke atas. Jika mau bob rata, potong sesuai panjang rambut belakang.
  6. Blending. Sebagai penyempurna, kamu harus memadukan ujung rambut supaya rambut terlihat rata dan halus. Blending juga akan membantu menghilangkan sisa rambut yang terlalu panjang.

2. Cara Memotong Rambut Shaggy

cara memotong rambut sendiri

Sumber Gambar: Bellatory, Pinterest

Model rambut shaggy yang popularitasnya awet bisa jadi inspirasi model rambut kamu selanjutnya. Yuk, simak langkah praktis untuk memotong rambut shaggy sendiri dengan metode kuncir ekor kuda tinggi!

  1. Sisir rambut dalam posisi membungkuk dengan kepala mengarah ke bawah. Agar potongan rata, usahakan untuk menguncir tepat di tengah-tengah puncak kepala.
  2. Ikatlah rambut dengan karet. Pastikan ikatan erat dan dekat dengan kulit kepala.
  3. Ikatkan satu karet lagi agak jauh dari karet pertama. Karet gelang kedua ini akan menjadi patokan pemotongan.
  4. Dalam posisi berdiri dengan rambut yang terikat di depan wajah, potong rambut yang ada di bawah kedua secara perlahan. Menggunting sekaligus bisa menghasilkan potongan yang tidak rata.
  5. Lepaskan kedua karet dan kibaskan rambut. Sisirlah rambut dan telusurkan jari-jari melalui rambut.
  6. Lakukan sentuhan terakhir. Kalau merasa ada guntingan yang tidak halus atau rata, kamu bisa mengguntingnya langsung dengan membawa rambut ke samping.
  7. Untuk mendapatkan tampilan yang alami, kamu dapat membuat guntingan kecil ke arah atas. Guntingan ini akan melembutkan ujung rambut dan memberi tampilan shaggy.

3. Cara Memotong Model V-Shape

3. Cara Memotong Model V-Shape dengan Metode Kuncir 2

Sumber Gambar: American Cheerleader, Hair fInder

Mau potong rambut tapi sayang dengan rambut yang sudah panjang? Model v-shape yang bisa kamu dapatkan dengan metode kuncir 2 bisa jadi variasi yang memberikan kesan baru!

  1. Belah rambut tepat di tengah-tengah dengan sisir bergigi rapat
  2. Buat kucir rendah di kanan dan kiri, posisi rambut di belakang telinga. Pastikan kunciran erat.
  3. Tarik karet kunciran ke bawah secara perlahan, dan merata. Berhenti ketika mencapai panjang yang diinginkan.
  4. Potonglah rambut di bawah karet kunciran di kedua sisi. Untuk hasil yang lebih alami, peganglah gunting pada sudut 45 derajat dan gunting ke atas.
  5. Lepaskan pengikat kuncir. Setelah memotong masing-masing kuncir, kamu akan melihat rambut akan bertemu pada satu titik di belakang kepala dan membentuk huruf V
  6. Rapikan hasil potongan dengan meratakan ujung-ujung rambut. Gunting bagian rambut yang terlihat lebih panjang dari bagian lainnya.
Baca Juga: Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat, Tanpa Obat!

4. Cara Memotong Model Layer

cara memotong rambut sendiri

Sumber Gambar: Caticles, Pinterest

Tampilan model layer yang membuat rambut bervolume bisa membuat kamu tampak segar sepanjang hari, ini dia cara memotongnya sendiri di rumah dengan metode kuncir ekor kuda depan:

  1. Dalam posisi membungkuk, ikat rambut lalu ikat menjadi ekor kuda di tengah dahi. Untu memposisikannya dengan tepat, bayangkan tanduk unicorn.
  2. Tentukan panjang layer (lapisan) rambut pertama. Ukurlah jarak antara ujung poni di bagian dahi ke tempat lapisan pertama rambut dimulai.
  3. Setelah menentukan panjang yang diinginkan, genggam rambut sesuai patokan gunting dengan arah ke atas 45 derajat.
  4. Rapikan ujung rambut yang kasar dengan mengarahkan gunting langsung ke rambut. Hati-hati saat melakukan tahap ini, pastikan gunting tidak menyentuh ke mata atau potongan rambut tidak masuk ke mata.
  5. Lepaskan karet gelang dan kibaskan kepala sehingga rambut jatuh terurai ke posisi masing-masing. Dan tata rambut sesuai selera.

5. Cara Melakukan Simple Trim untuk Rambut Ikal

cara memotong rambut sendiri

Sumber Gambar: Polymers

Rambut keriting juga bisa dipotong di rumah, Toppers. Dengan cara memotong rambut sendiri di bawah ini, kamu siap tampil cantik dan rapi tanpa harus ke salon!

  1. Pisahkan rambut kamu di tengah & posisikan semua rambut di atas bahu
  2. Kumpulkan semua rambut di satu sisi, tarik perlahan sedikit, dan potong dengan posisi gunting lurus. Ulangi di sisi satunya.
  3. Kembali ke belah tengah dan ratakan ujungnya untuk memastikan rambut sama panjang
  4. Sisir rambut. cara terbaik untuk menyisir rambut untuk menghindari kerusakan adalah mulai dari ujung dan terus ke atas.
  5. Sisir rambut ke depan dan tarik menjadi kuncir kuda di tengah dahi.
  6. Ikat rambut dengan 1–2 karet tambahan supaya mudah dipegang.
  7. Pegang ujung rambut dan potong dengan posisi gunting lurus tepat di bawah karet rambut terakhir.
  8. Lepas dan tata rambut.
Baca Juga: Vitamin Rambut untuk Rambut Sehat + Anti Kering dan Rontok

Gimana, Toppers? Sudah terkumpul nyali untuk mencoba salah satu cara di atas? Untuk uji coba potong rambut DIY kamu, pastikan kamu memakai set gunting rambut dan produk kesehatan rambut yang dapat menjaga keindahan rambut dalam jangka panjang. Cek Tokopedia sekarang dan nikmati promo menariknya!

aloe vera soothing gel

Perbaiki dan pertahankan kesehatan kulit dengan rangkaian produk aloe vera pilihan di sini!

Penulis: Amanda Rafiqah Putri

© 2009-2024, PT Tokopedia