• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

9 Cara Menghasilkan Uang dari Facebook, Jualan hingga Affiliate Marketing!

13 October 2022

Share

9 Cara Menghasilkan Uang dari Facebook, Jualan hingga Affiliate Marketing!

Selain sebagai media sosial, Facebook juga bisa menjadi ladang untuk menghasilkan uang. Baca cara menghasilkan uang dari Facebook di bawah ini!


Seiring berkembangnya zaman, kini, media sosial tidak hanya digunakan untuk berbagi pesan, foto, dan video. Sudah banyak orang yang memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk menghasilkan uang.

Didirikan pada Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg, Facebook menjadi salah satu media sosial dengan jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active user/MAU) terbanyak, yakni sekitar 2,89 miliar orang. Banyaknya MAU ini tentu memberikan potensi yang besar untuk setiap orang memperoleh penghasilan melalui platform Facebook.

Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan oleh siapapun dari kalangan manapun untuk menghasilkan uang di Facebook. Untuk lebih detailnya, yuk, baca cara menghasilkan uang dari Facebook selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Deretan Cara untuk Mendapatkan Uang dari Tokopedia

Cara Menghasilkan Uang dari Facebook

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang melalui Facebook, mulai dari berjualan, mengikuti giveaway, program Facebook Gaming, hingga affiliate marketing. Lebih lengkapnya, berikut adalah cara menghasilkan uang dari Facebook:

1. Berjualan di Facebook Fanpage/Halaman

Facebook fanpage.

Sumber Gambar: Sprout Social

Terpisah dengan profil pribadi, Facebook Fanpage adalah halaman yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis secara profesional.

Kamu bisa membagikan link dagangan kamu di Tokopedia pada halaman Facebook. Dengan ini, audience kamu di Facebook akan mengetahui produk yang kamu jual.

Untuk itu, kamu harus bisa mengumpulkan audience terlebih dahulu. Setelah halaman Facebook kamu sudah besar dan memiliki banyak pengikut, produkmu akan diketahui oleh orang banyak. Efektif bukan?

2. Memasang Iklan

Facebook ads.

Sumber Gambar: Unsplash

Bila Toppers ingin semua orang tahu Facebook page kamu, gunakanlah fitur iklan agar produk tersebut mendapatkan peluang yang lebih besar untuk dijangkau dan diketahui orang. Facebook Ads adalah salah satu fitur yang memiliki banyak peminatnya, terutama di kalangan pebisnis.

Pilihlah gambar atau video dengan visual yang menarik untuk dipasang sebagai iklan. Sedikit tips untuk Toppers, sebaiknya gunakan gambar atau video yang bisa membuat penasaran dan mencuri perhatian audiens. Dengan demikian, iklan bisa menjangkau perhatian banyak audiens.

Pelajari dengan baik cara memanfaatkan Facebook Ads agar membuahkan hasil yang sepadan. Kamu bisa menonton berbagai tipsnya melalui Youtube.

Perlu diingat pula tiga hal yang harus kamu perhatikan sebelum memasang Facebook Ads:

  • Tujuan (Apakah Toppers ingin meningkatkan interaksi dengan audiens atau lebih berfokus pada penjualan?)
  • Audiens (Siapa target pasar bisnismu?)
  • Anggaran (Berapa uang yang ingin kamu keluarkan per harinya untuk iklan?)

3. Affiliate Marketing

Beberapa wanita sedang berbincang bersama sambil bermain smartphone.

Sumber Gambar: FreePik

Apakah Toppers senang berbagi rekomendasi produk ke orang lain? Jika iya, affiliate marketing bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu!

Affiliate marketing menjadi salah satu strategi bisnis yang kian diterapkan oleh banyak perusahaan. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan banyak orang yang lebih percaya untuk membeli produk hasil rekomendasi.

Salah satu program affiliate marketing yang bisa kamu coba adalah dari Tokopedia. Hanya dengan mengandalkan tautan dan membaginya ke media sosial seperti Facebook, affiliate marketer Tokopedia sudah bisa menerima sejumlah komisi. Semakin banyak penjualan yang berasal dari tautan yang dibagikan, maka semakin banyak pula komisi yang diperoleh, Toppers.

4. Mengikuti Giveaway

Seorang wanita merasa senang sambil memegang smartphone.

Layaknya Instagram, banyak orang atau perusahaan juga mengadakan giveaway di Facebook. Persyaratan dari giveaway ini bervariasi, termasuk salah satunya adalah mengikuti halaman Facebook dari pihak yang menyelenggarakan giveaway.

Umumnya, mengikuti giveaway juga tidak diperlukan biaya sama sekali. Jadi, cukup luangkan waktu dan jika beruntung, kamu bisa menang serta mendapatkan berbagai hadiah menarik, tak terkecuali uang tunai.

Baca Juga: Deretan Cara untuk Mendapatkan Uang dari Instagram

5. Facebook Fundraisers

Laman Fundraiser Facebook.

Sumber Gambar: Funraiser

Facebook juga menghadirkan fitur Facebook Fundraisers yang berguna untuk membantu penggunanya mengumpulkan uang dengan bantuan dari luar. Dilansir dari situs resmi Facebook, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan fitur ini, yakni:

  • Terdapat lebih dari 1 juta organisasi nirlaba di Facebook yang dapat mendukung dan mengumpulkan uang untuk tujuan pribadi seperti medis ataupun pendidikan.
  • Untuk donasi ke beberapa penggalangan dana nirlaba, tidak diperlukan biaya. Sementara, penggalangan dana pribadi hanya memerlukan biaya yang rendah.

6. Gabung Grup Facebook

Seseorang ingin gabung ke suatu grup Facebook.

Sumber Gambar: iStock

Cara menghasilkan uang dari Facebook selanjutnya adalah dengan bergabung grup dan membantu menjawab pertanyaan anggota. Pilihlah grup yang sesuai dengan bidang keahlian sehingga jawabanmu berbobot dan dapat dipercayai oleh banyak orang.

Dengan begitu, suatu hari nanti akan ada banyak orang yang mengikuti dan mendukungmu. Meskipun tidak secara langsung menghasilkan uang, kepercayaan yang didapatkan dari cara ini nantinya bisa membuahkan hasil.

Sebagai contoh, kamu bisa membagikan tautan dari affiliate marketing ataupun menawarkan produk di grup tersebut.

7. Facebook Gaming

Seorang gamers dengan peralatan gaming lengkap.

Sumber Gambar: Tech Crunch

Bila Toppers nyaman dan tidak malu berada di depan kamera, Facebook Gaming mejadi cara menghasilkan uang yang menyenangkan untukmu.

Dirilis tahun 2018, Facebook Gaming memungkinkan penggunanya untuk bermain game sambil melakukan live streaming. Para content creator di Facebook Gaming bisa mendapatkan penghasilan dari tiga sumber, yakni ads (iklan), stars (mata uang Facebook Gaming), dan fan support (langganan).

Wah, menarik bukan? Terlebih lagi, sudah banyak orang yang telah berhasil meraup penghasilan sebesar 15 -150 juta per bulannya, lho, Toppers!

8. Menemukan Bug

Tampilan Facebook dari Smartphone.

Sumber Gambar: Unsplash

Facebook dan perusahaan besar lainnya selalu berusaha untuk menjaga keamanan situs webnya. Untuk itu, Facebook meluncurkan program Bug Bounty, yang dimana akan memberikan sejumlah komisi kepada masyarakat umum yang menemukan celah keamanan ataupun bug di situs web.

Bayaran ini akan didapatkan apabila kekurangan tersebut belum dilaporkan ke Facebook, Toppers.

9. Influencer Marketing

Seorang laki-laki sedang mengedit power point.

Sumber Gambar: Unsplash

Di tengah persaingan yang ketat, merk ataupun para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk melakukan berbagai strategi marketing agar bisa menjangkau konsumennya dengan baik.

Influencer marketing menjadi strategi yang banyak digunakan oleh merk. Tidak hanya di Instagram, kamu juga bisa menjadi influencer di Facebook, apalagi jika merk tersebut ingin berfokus membangun media sosial Facebook-nya. Penghasilan akan didapatkan dari endorse ataupun paid promote yang telah kamu lakukan.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Mendapatkan uang dari TikTok

Demikianlah, berbagai cara menghasilkan uang dari Facebook, Toppers. Tidak sulit bukan? Asalkan ada kemauan dan usaha keras, semua dapat tercapai dengan baik!

Temukan berbagai smartphone dan laptop terbaik dan termurah hanya di Tokopedia! Dapatkan diskon dan cashback di setiap pembelian pada aplikasi Tokopedia.

Tokopedia Affliate.

Ayo bergabung bersama Tokopedia Affiliate Program & ciptakan sumber penghasilan baru! Dapatkan komisi hingga jutaan rupiah cukup dengan klik & share saja!

Penulis: Oeren Lee

Share

Melly Yustin AuliaMelly Yustin Aulia

Related Articles

Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
Keuangan
Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
© 2009-2024, PT Tokopedia