• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

8 Cara Menghilangkan Kutu Kucing, Mati Hingga Telurnya!

02 August 2023
Share
8 Cara Menghilangkan Kutu Kucing, Mati Hingga Telurnya!

Cara menghilangkan kutu kucing hingga kutunya ini bisa kamu coba untuk kucing peliharaanmu. Mudah dilakukan dan efektif!


Apakah kamu memelihara kucing? Jika iya, kamu harus mencari tahu soal mengatasi kutu pada hewan, karena hewan berbulu pasti memiliki potensi terkena parasit berupa kutu termasuk kucing.

Hal ini kadang tidak bisa dihindari apalagi jika kamu membiarkan kucingmu bermain di luar rumah dengan kucing-kucing lain.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing hingga Telurnya

Bahaya Kutu Kucing bagi Kesehatan

Sumber Gambar: CatsPRO

Keberadaan kutu pada kucing bisa memberikan dampak buruk seperti kucing yang gelisah hingga terus menggaruk dan menggigiti tubuh karena gatal. Jika kebiasaan ini didiamkan terlalu lama, bulu kucing akan rontok dan mengalami kebotakan.

Tak hanya itu, bekas gigitan dan garukan ini dapat menyebabkan kulit iritasi. Dalam kasus yang ekstrim, kutu kucing bisa menyebabkan anemia. Oleh karena itu, kamu harus menyimak bagaimana cara menghilangkan kutu kucing di rumah ini.

Baca Juga: Obat Jamur Kucing Alami Lengkap dengan Cara Pakainya

1. Isolasi Kucing

Isolasi Kucing

Sumber Gambar: CatSmart Singapore

Hal yang pertama harus kamu lakukan untuk mengatasi kutu kucing adalah memisahkannya dan membatasi ruang gerak. Dengan cara ini, kucing tidak akan menulari hewan lain.

Selain itu, kamu bisa menghindari perpindahan kutu ke tempat lain di rumah seperti sofa atau bantal.

2. Gunakan Shampo Khusus

Gunakan Shampo Khusus

Sumber Gambar: Policygenius

Jika kamu sudah tahu bahwa kucingmu memiliki kutu, kamu harus rutin memandikannya dengan shampo khusus untuk kutu kucing. Langkah ini merupakan cara menghilangkan kutu kucing yang sederhana namun cukup efektif.

Nantinya, kandungan dalam shampo akan membunuh kutu dan telurnya pada kucing.

3. Berikan Obat Kutu Kucing

Berikan Obat Kutu Kucing

Sumber Gambar: Stay N Play Pet Ranch

Memberikan obat kutu kucing menjadi cara menghilangkan kutu pada kucing dengan efektif. Obat kutu untuk kucing biasanya berbentuk bedak tabur, obat tetes, atau spray.

Pastikan obat yang kamu pilih aman bagi kucing karena saat memiliki kutu kucing akan lebih sering menjilat dan menggigit tubuhnya. Jangan lupa simak baik-baik cara penggunaannya, ya!

4. Gunakan Sisir Kutu

Gunakan Sisir Kutu

Sumber Gambar: Zoodmall

Jika kamu sudah menggunakan shampo khusus dan obat kutu, kutu-kutu akan mati dan tentunya perlu untuk dibersihkan. Kamu bisa membersihkan kutu tersebut menggunakan sisir khusus.

Sisir kutu kucing biasanya terbuat dari logam yang cukup rapat. Selain kutu yang sudah mati, kamu juga bisa menangkap kutu kucing yang masih hidup.

Baca Juga: Cara Mengobati Flu Kucing secara Alami

5. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Sumber Gambar: Pexels

Tak hanya menggunakan sampo dan obat khusus, kamu juga dapat menggunakan bahan alami untuk mengatasi kutu pada kucing. Salah satu bahan alami yang dapat kamu pakai adalah minyak zaitun.

Caranya, cukup oleskan minyak zaitun dan biarkan selama lima belas menit. Minyak zaitun dapat memudahkan kita untuk mengambil kutu pada bulu kucing.

Selain itu, minyak zaitun juga dapat mengobati iritasi pada kulit kucing akibat gigitan dan garukan. Kamu bisa mengoleskan minyak zaitun sebelum kamu memandikan kucing.

6. Minyak Telon

Minyak Telon

Sumber Gambar: Pexels

Yup, kamu tidak salah membaca, Toppers! Selain dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi, minyak telon juga dapat digunakan untuk mengatasi kutu pada kucing.

Kandungan minyak atsiri pada minyak telon dapat membantu membunuh parasit. Cukup oleskan sedikit minyak telon pada bagian yang paling sering dan banyak diserang kutu.

Pada umumnya bagian tubuh yang mengalami kondisi ini adalah perut dan leher.

7. Cuka Apel

Cuka Apel

Sumber Gambar: Freepik

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kutu adalah cuka apel. Cuka apel memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk mencegah infeksi akibat bekas garukan.

Selain itu, kandungan asam dalam cuka apel dapat membunuh kutu pada kucing. Untuk mengaplikasikannya, campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2.

Taruh campuran kedua bahan tersebut ke dalam botol sprayer dan semprotkan pada bulu kucing.

8. Air Lemon

Air Lemon

Sumber Gambar: Pexels

Air lemon juga dapat membantu menghilangkan kutu pada kucing, lho! Caranya, rebus dua potong lemon kemudian dinginkan air rebusan lemon selama beberapa jam.

Saat sudah dingin, saring air rebusan lemon agar partikel lemon terpisah. Selanjutnya, masukkan air lemon yang sudah disaring ke dalam botol semprot.

Semprotkan pada kulit dan bulu kucing hingga menyeluruh. Pastikan kamu menghindari penyemprotan pada area mata, ya!

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Kucing Sakit yang Harus Diperhatikan!

Nah, itulah cara-cara menghilangkan kutu kucing di rumah. Pastikan kamu selalu peka terhadap kondisi kucingmu karena kucing tidak terlalu menunjukkan perbedaan yang signifikan saat mengalami sesuatu.

Namun, jika kutu kucing tidak kunjung hilang atau sudah terlalu parah, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter hewan, ya!

Selagi mengobati kutunya, pastikan selalu memberikan makanan kucing terbaik yang bisa kamu dapatkan di Tokopedia.

makanan kucing

Temukan makanan kucing berkualitas dengan harga terjangkau di sini!

© 2009-2023, PT Tokopedia