• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Menyantuni Kaum Duafa

Share

Cara Menyantuni Kaum Duafa

Kaum dhuafa adalah golongan masyarakat yang hidup dalam kemiskinan. Berikut ini adalah cara menyantuni kaum dhuafa untuk meringankan penderitaan mereka.


Pengertian Kaum Dhuafa

kaum dhuafa
Sumber gambar: pexels

Kaum dhuafa merupakan lapisan masyarakat yang hidup dalam kemiskinan, ketidakmampuan, dan ketidakberdayaan.

Beberapa contoh orang yang digolongkan sebagai kaum dhuafa adalah fakir miskin, anak yatim piatu, orang yang ditelantarkan, dan orang dengan kecacatan

Segala kondisi ekonomi ataupun mental yang lemah bisa menjadi faktor seseorang masuk ke dalam golongan kaum dhuafa.

Orang-orang yang masuk ke dalam golongan dhuafa adalah orang dengan kondisi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bukan karena kemalasan mereka sendiri melainkan karena takdir dari Allah SWT atau kondisi yang di luar kendalinya.

BACA JUGA: 20 MANFAAT ZAKAT BAGI PELAKUNYA

Menyantuni Kaum Dhuafa

kaum dhuafa
Sumber gambar: pexels

Sebagai umat muslim yang peduli dengan sesama—terutama saudara seiman, ada baiknya jika kamu membantu mereka yang tidak berdaya dengan menyantuni mereka selagi mampu.

Tak hanya meringankan beban, dengan menyantuni kaum dhuafa maka kamu dipercaya bisa mendapat pahala dan niscaya akan terselamatkan dari api neraka. 

Lalu, bagaimana sih, cara membantu kaum dhuafa? Cara paling mudah untuk membantu kaum dhuafa adalah dengan memberi zakat kepada mereka dan jika mampu, menyantuni atau memenuhi kebutuhan dasar yang tidak dapat mereka penuhi sendiri. 

Menyantuni kaum dhuafa bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara paling mudah adalah dengan memberikan barang yang dapat berguna bagi kehidupan mereka dan meringankan beban serta penderitaan yang mereka rasakan. 

Kamu bisa memberi bantuan ke tempat yang menampung kaum dhuafa seperti panti asuhan yatim piatu.

Bantuan yang diberikan bisa berupa benda ataupun harta. Sebagai contoh, kamu bisa mendonasikan baju bekas yang masih layak pakai, atau bisa juga kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan pokok. 

Barang-barang seperti buku pelajaran, buku tulis, dan peralatan belajar juga bisa jadi alternatif benda yang bisa didonasikan ke yayasan agar anak-anak yang ada di sana tetap dapat belajar dalam keadaan apapun. 

Jika belum mampu memberi bantuan atau santunan secara rutin, kamu tetap bisa membantu dengan membayar zakat per tahun untuk mereka yang membutuhkan.

Intinya, semua bentuk bantuan akan sangat meringankan beban mereka dan niscaya kamu akan mendapat pahala serta dibebaskan dari api neraka. 

Selain itu, ketika bertemu dengan orang di jalan yang terlihat membutuhkan bantuan, ada baiknya jika kamu segera membantu. Baik dengan memberi sepeser uang atau mungkin makanan berlebih yang bisa diberikan. 

Sebagai orang dengan kondisi yang lebih beruntung dan mampu, tidak ada salahnya membantu dan menyisihkan sebagian harta bagi mereka yang sangat membutuhkan. 


Melalui Tokopedia Salam, kamu bisa berdonasi dengan kapan saja dan di mana saja secara online. Uang yang kamu donasikan nantinya akan disalurkan oleh lembaga penyalur donasi terperpercaya dan terdaftar resmi di Dinas Sosial Republik Indonesia.

Kamu hanya perlu memilih ingin mendonasikan uang ke badan donasi pilihan kamu, lalu pilih nominal, dan uang donasimu akan langsung disalurkan.

Jadi, tidak sulit kan, membantu kaum dhuafa dan meringankan beban hidupnya? Yuk, segera berdonasi dengan mudah dan aman di Tokopedia Salam.

Penulis: Humaira

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

3 Manfaat Berdonasi Bagi Umat Muslim
Salam
3 Manfaat Berdonasi Bagi Umat Muslim
© 2009-2024, PT Tokopedia