• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

5 Cara Reset HP Oppo Terbaru, Lupa Password Aman

Share

5 Cara Reset HP Oppo Terbaru, Lupa Password Aman

Cara reset HP Oppo terbaru dengan mudah. Simak langkah berikut sebagai solusi bersihkan data praktis, lupa password tetap bisa.


Handphone (HP) yang error berulang kali dan banyaknya file yang rusak terkadang membuat jengkel karena performa jadi lambat. Untuk membuatnya menjadi lancar dan bisa berjalan dengan baik, kamu perlu untuk mereset HP secara menyeluruh atau sebagian agar ponsel bisa kembali lagi berjalan optimal.

Reset HP Oppo juga biasa dilakukan saat ingin menjual ponsel atau lupa password ponsel agar seluruh file yang ada tidak akan terbaca oleh pemilik yang berikutnya, sehingga ruang penyimpanan ponsel akan bersih layaknya smartphone baru.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mereset HP saat lupa password dan juga reset jarak jauh saat ponsel hilang agar file yang ada tidak terbaca oleh para pencuri. Untuk kamu yang masih bingung cara untuk reset HP, terutama saat lupa kata sandi, simak selengkapnya!

Baca Juga: HP Oppo 1 Jutaan: Stylish dan Anti Lemot

Cara Reset HP Oppo dengan Password

Sebelum reset HP Oppo, ada baiknya kamu mencadangkan atau backup file penting yang ada agar tidak ikut terhapus oleh sistem. Saat sudah siap, ikuti cara-cara praktis berikut ini:

1. Reset HP Oppo Lewat Pengaturan

Cara pertama reset HP Oppo yang paling mudah dan bisa dilakukan oleh semua jenis HP Oppo adalah lewat pengaturan. Cara yang satu ini akan menghapus semua data yang ada di memori internal, sehingga kamu perlu mencadangkan data-data penting milikmu. Berikut caranya:

1. Masuk ke menu settings atau pengaturan.

2. Pilih backup & reset.

3. Dalam menu backup & reset, pilih reset phone.

cara reset hp oppo
Sumber Gambar: Oppo Support

4. Jika kamu ingin menghapus semua data yang ada di dalam ponsel, pilih erase everything dan pilih yes.

5. Tunggu hingga proses selesai, HP Oppo akan restart secara otomatis.

2. Reset HP Oppo Mode Recovery

Saat HP mengalami bootloop, hardbrick, mati total, atau masalah lainnya sehingga ponselmu tidak bisa menyala, kamu bisa melakukan hard reset dengan mode recovery seperti berikut ini:

1. Matikan HP Oppo.

2. Tekan tombol volume bawah + power secara bersamaan.

3. Kamu akan masuk ke menu recovery mode, setelah itu pilih bahasa inggris, gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk memilih.

4. Piliih wipe data.

cara reset hp oppo
Sumber Gambar: Oppo Support

5. Pilih reboot dan tunggu hingga selesai.

3. Gunakan Aplikasi Find MyMobile

Selain dua mode tersebut, kamu juga bisa reset HP Oppo dengan fitur Google Find MyMobile. Cara ini bisa dibilang cukup praktis dan bisa menjadi solusi saat HP hilang atau lupa password, karena kamu bisa melakukan reset jarak jauh tanpa memegang ponsel secara langsung:

1. Buka halaman “http://www.google.com/android/find” melalui perangkat lain, seperti komputer, laptop, tab, atau HP yang lainnya.

2. Login akun Google yang terhubung dengan ponsel yang akan kamu cari.

3. Setelah terhubung ke ponsel Oppo yang kamu cari, ada beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan, yaitu menghapus akun, membunyikan perangkat jarak jauh, dan kunci untuk mengubah kata sandi.

4. Apabila kamu ingin reset HP, pilih opsi “hapus” dan proses akan berjalan hingga selesai. Setelah itu, semua pengaturan dan tampilan ponsel akan kembali pada setelan awal.

cara reset hp oppo
Sumber Gambar: Android Central

Baca Juga: HP Oppo RAM 8GB: Multitasking Super Nyaman

beli custom case hp
Baru beli HP atau bosan dengan warna gadget-mu? Temukan custom case HP unik dan keren di sini!

Cara Reset HP Oppo Lupa Password

Oppo menawarkan fitur keamanan berupa password atau PIN untuk kenyamanan penggunanya. Namun, ada kalanya kamu lupa akan kata sandi HP karena baru saja menggantinya atau lupa untuk mengingatnya, untuk mengatasi hal ini, simak tips berikut:

4. Reset HP dengan Forgot Password

Cara yang bisa kamu lakukan untuk reset HP Oppo adalah menggunakan email yang ada di fitu forgot password. Untuk langkah ini, kamu perlu mengetahui email Google yang dipakai dalam perangkat tersebut. Agar bisa mengakses ponselmu seperti sedia kala, ikuti cara berikut ini:

1. Masukkan password HP secara acak sebanyak 5 kali, hingga ada tulisan untuk coba lagi.

2. Klik forgot password atau lupa password.

cara reset hp oppo lupa password
Sumber Gambar: Oppo Support

3. Masukan alamat email utama yang digunakan dalam ponsel tersebut.

4. Setelah itu, nonaktifkan sandi agar bisa mengakses ponsel Oppo tanpa menggunakan password.

5. Pakai Android Device Manager

Cara berikutnya yang kamu bisa pakai saat lupa password adalah Android Device Manager (ADM), Toppers. Untuk cara yang satu ini, kamu memerlukan bantuan PC atau laptop untuk melakukannya, simak selengkapnya:

  1. Buka halaman “https://www.google.com/android/devicemanager/” di laptop atau PC.
cara reset hp oppo lupa password
Sumber Gambar: Playtech

2. Login dengan akun Google yang terhubung dengan HP Oppo yang kamu gunakan.

3. Mirip dengan Find MyMobile, kamu akan menemukan pilihan Dering, Kunci, dan Hapus. Pilih Kunci atau Lock dan cari perangkat Oppo. Apabila belum terdeteksi, coba refresh halaman dengan menekan tombol F5.

4. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan sandi baru.

5. Klik tombol Kunci lalu restart HP, lalu masukkan kata sandi yang kamu ubah, Toppers.

Baca Juga: Daftar HP Oppo Terbaru dan Harganya

Nah, sekarang kamu bisa reset HP Oppo sesuai dengan kebutuhanmu, mulai dari membersihkan data hingga masalah lupa password. Jangan lupa untuk backup segala data penting agar tidak hilang saat melakukan reset perangkat.

Untuk kamu yang mencari ponsel Oppo terbaru berkualitas dengan segala fitur canggih nan kekinian, cek Tokopedia sekarang!

jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani

© 2009-2024, PT Tokopedia