• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

8 Cara Setting Router serta Langkah-Langkah Menggunakannya di Rumah

02 September 2022
Share
8 Cara Setting Router serta Langkah-Langkah Menggunakannya di Rumah

Simak cara setting router wifi dengan langkah mudah berikut! Tidak butuh banyak peralatan dan murah diterapkan sendiri.


Di era digital seperti sekarang, keseharian manusia tidak terlepas dari yang namanya internet. Internet seperti WiFi seakan menjadi kebutuhan harus dipenuhi, entah itu untuk bekerja, berkomunikasi, hingga hiburan.

Selain kartu provider, orang-orang juga memanfaatkan WiFi untuk mendapatkan koneksi internet. Apalagi bagi pekerja yang Work From Home (WFH), WiFi unlimited di rumah sangat dibutuhkan untuk mendukung aktivitas bekerja. 

Buat kamu yang berencana memasang router WiFi di rumah tapi khawatir tidak bisa menginstalasinya, di bawah ini telah Tokopedia ulas cara setting router WiFi di rumah. Yuk, simak artikel berikut! 

Baca Juga: Modem WiFi Terbaik dengan Konektivitas Tercepat

Cara Setting Router WiFi di Rumah

Sebelum atau sesudah kamu membelinya, ada baiknya kamu mengetahui cara memasang router tersebut. Di bawah ini langkah-langkah pemasangan yang perlu kamu perhatikan.

1. Hubungkan Modem dengan Router

Hubungkan Modem dengan Router

Sumber Gambar: How-to Geek

Pertama, sambungkan kabel jack pada router kemudian sambungkan kabel ke stopkontak. Sambungkan kabel LAN ke port WAN pada Router ke port LAN pada Modem. Pastikan semua terpasang dengan benar.

Sebelum menghubungkan perangkat dengan jaringan kabel, pastikan router sudah mengenali perangkat modem.

2. Sambungkan Komputer ke Router

Sambungkan Komputer ke Router

Sumber Gambar: Belkin

Setelah itu, sambungkan router dengan komputer dengan kabel LAN. Masukan kabel LAN ke port LAN komputer dan sambungkan ke port LAN yang ada di Router.

Agar koneksi stabil, jangan gunakan WiFi koneksi dari router untuk instalasi, karena Wi-Fi belum terkonfigurasi dengan baik.

3. Membuka Admin Router dan Log In

Membuka Admin Router dan Log In

Sumber Gambar: TuneComp

Setelah semua terhubung, nyalakan komputer dan masuk web browse. Masukan alamat router untuk masuk ke dalam admin router. Kemudian masukan username dan password.

Untuk mengetahui alamat admin router kamu dapat melihatnya pada buku panduan router-nya. Kamu pun dapat melakukan hal ini dengan menggunakan CD instalasi yang sudah satu paket dengan router.

4. Masukkan Informasi Mengenai Koneksi Internet

Masukkan Informasi Mengenai Koneksi Internet

Sumber Gambar: PCWorld

Selanjutnya, kamu perlu memasukan data dan konfigurasi router sesuai provider yang kamu gunakan agar dapat terhubung dengan internet.

Selain itu, cek pula apa kah lampu internet, ethernet, dan lain-lain pada router sudah menyala dengan sesuai.

5. Setting Router

Setting Router

Sumber Gambar: TP Link

Terakhir lakukan pengaturan lain pada router kamu. Sebaiknya kamu tidak menggunakan nama bawaan dari router demi keamanan kamu dapat mengganti nama SSID-nya.

Kamu juga perlu mengatur keamanan lain agar aman dari para peretas. Kamu dapat menggunakan fitur WPA2 Wireless Encryption, namun sebelumnya pastikan juga bahwa router sudah mendukung fitur tersebut. 

modem 4g

Koneksi lancar dan produktif di mana pun dengan modem 4G andalan!

Baca Juga: Kode Remote TV Lengkap Mulai dari LG, Sharp, Polytron hingga TV China

6. Nyalakan Router

Nyalakan Router

Sumber Gambar: Pexels

Ketika kamu ingin memakai WiFi, tentunya kamu perlu menyalakan router agar dapat menggunakannya. Saat menyelakan router pastikan setiap lampu berwarna hijau yang menandakan router berjalan dengan baik.

Jika mengalami kendala pada router, segerahubungi provider dari router tersebut.

7. Sambungkan Jaringan ke Perangkat

Sambungkan Jaringan ke Perangkat

Sumber Gambar: Bukandroid

Setelah router menyala, jika device-mu belum tersambung dengan jaringan router maka kamu perlu melakukan pengaturan agar dapat tersambung. Pastikan kamu mengoneksikan device-mu pada WiFi di rumah, masukan password WiFi.

Setelah itu WiFi akan tersambung dengan device. WiFi pun akan secara otomatis tersambung ketika perangkat baru menyala atau jika kamu baru menyalakan WiFi-nya.

8. Reboot Jika Koneksi Mengalami Gangguan

Reboot Jika Koneksi Mengalami Gangguan

Sumber Gambar: Jim Breurer

Jika device tidak dapat tersambung dengan WiFi, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan reboot router dan matikan WiFi pada perangkat.

Kemudian lakukan “Forget Network” agar WiFi terhapus dari daftar koneksi WiFi. Jika sudah, kembali sambungkan koneksi WiFi rumah dengan device-mu lagi.

Baca Juga: Daftar HP Samsung Terbaru dan Harganya

Sekarang pasti kamu sudah paham kan cara memasang dan menggunakan router WiFi. Memang cukup mudah memasang router sendiri, tidak serumit kelihatannya. Dengan router, kamu akan lebih produktif di rumah.

Kamu bisa mendapatkani router dengan kualitas terbaik dan jangan lupa pasang TV kabel secara praktis hanya di Tokopedia! Jangan lupa juga nikmati promo 9.9 Tokopedia, dapatkan diskon dan cashback besar-besaran!

© 2009-2023, PT Tokopedia