• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Kain Sutra: Penjelasan dan Ciri-Ciri yang Perlu Kamu Ketahui!

Share

Kain Sutra: Penjelasan dan Ciri-Ciri yang Perlu Kamu Ketahui!

Kain sutra, merupakan salah satu bahan tekstil yang berkualitas tinggi. Simak penjelasan dan ciri ciri kain sutra di bawah ini!


Kain Sutra Kain sutra pertama kali ditemukan pada abad ke-27 SM, yakni saat kekaisaran Huang Ti (Yellow Emperor) di Cina. Pada saat itu, ada permaisuri bernama Leizu yang menjatuhkan kepompong di pohon mulberry. Namun, saat ia mengambilnya, kepompong tersebut menjadi helaian-helaian benang halus yang panjang. 

Dari saat itulah, Negara Cina menjadikan kepompong tersebut sebagai bahan kain. Hingga saat ini, Negara Cina berhasil menjadi produsen kain sutra terbesar di dunia, lho, Toppers. Di Indonesia sendiri, kain sutra ini seringkali dijadikan sebagai bahan tekstil. Nah, mau tahu lebih lanjut? Simak penjelasan mengenai kain sutra di bawah ini, Toppers!

BACA JUGA: KARAKTERISTIK BAHAN MOSCREPE: PRIMADONA BAHAN HIJAB DAN GAMIS

Apa itu Kain Sutra? 

Apa itu Kain Sutra
Sumber Gambar: Unsplash

Kain sutra adalah salah satu jenis kain berkualitas tinggi yang biasanya diolah menjadi bahan tekstil, Toppers. Kain sutra berasal dari serat kepompong larva ulat sutra yang telah diolah dengan proses yang sangat panjang. Di dalam kain sutra, terdapat senyawa asam amino yang menjadikan kain terasa halus, lembut, dan nyaman untuk digunakan.

Jika dilihat berdasarkan lokasi produksi, maka kain sutra terbagi menjadi tiga jenis, yakni kain sutra import, sutra lokal, hingga sutra liar. Sementara, jika dilihat dari kepompongnya, maka kain sutra terbagi menjadi empat jenis, yakni sutra ulat murbei, sutra tasar, sutra eri, dan sutra murga. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya, ya!

Namun, perlu diketahui bahwa sutra ulat murbei adalah jenis sutra yang paling sering digunakan untuk bahan tekstil. Jenis kain sutra ini didapatkan dari kepompong ulat sutra murbei (Bombyx mori L.). Dinamakan ‘murbei’ sendiri karena makanan ulat sutra ini adalah daun pohon murbei. 

BACA JUGA: 6 MODEL PIYAMA WANITA YANG BIKIN NYAMAN DAN TETAP GAYA


Ciri-Ciri Kain Sutra

Ciri-Ciri Kain Sutra
Sumber Gambar: Unsplash

Kain sutra dibuat melalui proses runyam dan memakan waktu lama. Mulai dari ulat sutra yang diternak, membentuk kokon, kepompong yang direbus, dikeringkan, hingga dimintal.

Rumit bukan? Tidak heran apabila harga kain sutra tergolong mahal dibandingkan kain lainnya. Seringkali pula, ada oknum yang menjual kain sutra palsu. Jadi, agar kamu tidak tertipu, simak ciri-ciri kain sutra di bawah ini, Toppers!

1. Berkilau

Daya tarik sutra sendiri terletak pada tampilan kainnya yang berkilau layaknya mutiara, Toppers. Kilauan ini berasal dari lapisan fibroin.

Nah, apa itu lapisan fibroin? Lapisan fibroin adalah jenis protein yang diproduksi oleh ulat sutra dan membentuk struktur mikro layaknya prisma segitiga. Inilah yang  menjadikan kain sutra mampu membiaskan cahaya dari berbagai penjuru.

2. Daya Serap Air yang Tinggi 

Penyerapan air oleh kain sutra tidak perlu diragukan lagi, Toppers. Jadi, apabila kamu sering bepergian ketika pagi ataupun siang hari, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, kamu akan tetap merasa adem ketika menggunakan baju berbahan sutra.

Namun, di samping itu perlu diketahui pula bahwa air bisa melemahkan serat sutra, sehingga kamu harus mencucinya dengan pelan. Gunakan kondisioner kain berbahan comfort pure agar kualitas kain sutra tetap terjaga, Toppers!

tunik terbaru
Temukan tunik muslim paling fashionable dengan harga terjangkau di sini!

3. Memblokir Sinar UV 

Faktanya, paparan sinar UV yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan kulit. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai dampak negatif. Mulai dari kerusakan mata, kulit kemerahan, hingga kanker kulit.

Menyeramkan bukan? Nah, untungnya salah satu kelebihan kain sutra adalah mampu melindungi kulit kita dari paparan sinar UV yang berlebihan. Jadi kamu tidak perlu takut, Toppers!

4. Halus dan Lembut

Ciri-ciri kain sutra selanjutnya adalah teksturnya yang sangat halus dan lembut. Ini bisa kamu rasakan ketika memegang kain sutra, Toppers. Mengapa bisa lembut?

Hal itu dikarenakan adanya kandungan senyawa asam amino yang menjadikan kain sutra terasa halus, lembut, dan nyaman untuk digunakan. Jadi, apabila kamu memiliki kulit yang sensitif, kain sutra dapat menjagamu dari berbagai penyakit kulit.

5. Kuat 

Mungkin sebagian dari Toppers merasa kain sutra adalah kain yang mudah rapuh. Namun, kenyataannya kain sutra ini adalah salah satu kain terkuat, lho, Toppers.

Hal ini disebabkan adanya kapas dan linen yang berasal dari pintalan serat tanaman pendek sehingga menjadikan benang lebih panjang daripada biasanya dan tidak mudah putus. 

BACA JUGA: 10 TIPS FASHION HIJAB YANG NYAMAN UNTUK LIBURAN


Itu dia pengertian dan ciri-ciri kain sutra yang perlu Toppers ketahui saat ingin membeli kain sutra ataupun baju berbahan sutra. Sebab, banyak oknum yang menjual kain sutra palsu. 

Oleh karena itu, bandingkan kain sutra yang dibeli dengan ciri-ciri yang ada di artikel ini agar kamu tidak tertipu, Toppers. Kamu juga bisa membeli pakaian dengan bahan kain sutra dan perlengkapan fashion wanita lainnya di Tokopedia!

fashion wanita terlengkap | https://tokopedia.link/IqERIWG9WS
Tampil atraktif dan kekinian dengan perlengkapan fashion wanita terlengkap di sini!

Penulis: Oeren Lee

© 2009-2024, PT Tokopedia