• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Contoh CV Lulusan SMA, Lengkap Walau Tanpa Pengalaman Kerja

02 August 2023

Share

Contoh CV Lulusan SMA, Lengkap Walau Tanpa Pengalaman Kerja

Cek tips mengisi CV untuk lulusan SMA tanpa pengalaman kerja & contohnya berikut. Fresh graduate dan para job seeker wajib tahu!


CV alias Curriculum Vitae juga dikenal sebagai riwayat hidup. Dokumen ini biasanya digunakan untuk mencari kerja dan berisikan informasi tentang latar belakang dan kompetensi si pencari kerja. Karena ditujukan untuk mencari kerja, isi yang menjadi bintang utama CV pada umumnya adalah pengalaman dan pencapaian selama bekerja. 

Namun, bagaimana kalau belum ada pengalaman kerja sebelumnya? Tidak perlu bingung, Toppers! Kamu yang baru lulus SMA dan belum ada pengalaman kerja sama sekali tetap bisa bikin CV yang menarik perhatian HRD. Yang terpenting, kamu harus pandai menyorot kualitas-kualitas baik yang bisa kamu tawarkan ke perusahaan. Sebelum praktek menulis CV, lihat tips dan contohnya dulu, ya!

Baca Juga: Contoh Surat Pernyataan Bermaterai

Hal Penting yang Perlu Kamu Masukkan di CV Lulusan SMA

Contoh CV Lulusan SMA

Sumber Gambar: Jobstreet

Belum ada pengalaman kerja bukan masalah selama kamu memasukkan poin-poin ini di cv!

1. Identitas Diri

Di bagian ini, kamu harus memasukkan nama, domisili, dan cara untuk menghubungimu. Kamu tidak perlu mencantumkan alamat lengkap, cukup kota tempat tinggal saja. Untuk cara menghubungi, umumnya perlu mencantumkan nomor HP dan alamat e-mail. Jika ingin lebih lengkap, kamu juga bisa masukkan Linkedin atau situs portofolio jika ada.

2. Latar Belakang Pendidikan

Di bagian ini, kamu cukup masukkan tempat kamu menempuh pendidikan SMA. Selain menuliskan di mana kamu sekolah, kamu juga bisa menuliskan pencapaian-pencapaian selama menjadi siswa dalam bentuk poin, atau kursus apa yang kamu ikuti. Selain itu, apabila berhubungan dengan posisi yang kamu lamar, kamu bisa mencantumkan nilai yang relevan. Contohnya, jika kamu melamar untuk posisi guru les, kamu bisa memasukkan nilai rapor/ujian mata pelajaran yang akan kamu ajarkan.

3. Pengalaman Organisasi & Sukarelawan

Jika selama SMA kamu pernah bergabung dalam organisasi atau menjadi sukarelawan tertentu, CV adalah tempat yang tepat untuk menyebutkannya. Tuliskan juga apa posisi dan tanggung jawab yang kamu emban di posisi itu agar perekrut tahu kualitas apa yang kamu miliki.

4. Pencapaian

Bagian ini berisikan penghargaan yang kamu dapat selama masa SMA. Penghargaan yang dimaksud bisa kamu dapatkan di sekolah ataupun di luar sekolah. Yang penting, penghargaannya relevan dengan posisi yang dilamar, ya!

5. Keterampilan dan Minat

Sebelum melamar pekerjaan, tentunya kamu sudah menimbang apa yang bisa kamu tawarkan dalam bekerja. Tuliskanlah keterampilan dan minatmu dalam bentuk poin. Beberapa contoh yang bisa kamu tulis di bagian ini adalah menulis, fotografi, wicara di depan umum, edit video dan foto, Microsoft Office, dan lainnya.

Contoh CV Lulusan SMA Tanpa Pengalaman Kerja

Setelah tahu poin-poin penting di CV, yuk lihat contoh CV lulusan SMA di sini untuk cari inspirasi!

1. Ramah ATS dan to-the-point

Contoh CV Lulusan SMA ramah ATS, ATS friendly

Sumber Gambar: Resume Companion

ATS (Applicant Tracking System) adalah perangkat lunak yang beberapa perusahaan pakai untuk memindai banyaknya CV yang masuk. Karena menggunakan sistem, umumnya format yang sederhana seperti ini lebih mudah terpindai. Selain formatnya, kamu juga bisa mengikuti isi CV ini dengan memberikan perkenalan singkat dalam bentuk paragraf di bagian awal.

2. Hidup dengan Desain Berwarna

Contoh CV Lulusan SMA, colorful

Sumber Gambar: Note Pam

Contoh kedua ini masuk ke dalam jenis CV kreatif. Penggunaan simbol dan ornamen lingkaran dalam menunjukkan bagian skill menjadi tambahan yang unik dalam menuliskan CV. MEmasukkan fotomu juga bisa jadi pilihan yang pas untuk menambahkan warna dalam CV!

3. Konsisten dengan Sedikit Warna

Contoh CV Lulusan SMA, minimalis

Sumber Gambar: Canva

Lain dengan nomor 2, CV ini menggunakan lebih sedikit warna. Penulisan nama yang besar dan pembagian kolom dengan ukuran yang tidak sama memberikan kesan tersendiri dan menyorot latar belakang pemilik CV. Di sini, kamu juga bisa lihat ada perkenalan singkat yang bisa kamu contoh.

4. Minimalis dalam Dua Kolom

Contoh CV Lulusan SMA, minimalis

Sumber Gambar: Canva

Desain minimalis sangat cocok untuk kamu yang suka kesederhanaan. Selain itu, nilai unik dari contoh satu ini adalah bagaimana penulis membuat cv terasa personal dengan menggunakan kata ‘my’, ‘me’, atau ‘I’ di setiap bagiannya. Memasukkan bagian ‘What I Offer’ bisa menjadi pilihan yang baik untuk kamu yang ingin terang-terangan memberi tahu kontribusi apa yang bisa kamu berikan di tempat kerja.

5. Tunjukkan Skill Melalui CV

Contoh CV Lulusan SMA, contoh CV Kreatif

Sumber Gambar: Pixel 2 Pixel Design

Untuk kamu yang suka desain dan melamar posisi desainer, CV bisa merangkap jadi semi-portofolio. Seperti contoh di atas, kamu bisa langsung menyematkan karyamu dan memberikan nuansa unik buatan sendiri. Dengan demikian, perekrut akan mendapat bayangan tentang kemampuan yang kamu miliki dalam bidang yang kamu lamar!

Baca Juga: Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview, Lengkap dengan Contoh!

Nah, sekarang tidak bingung lagi kan bagaimana membuat CV tanpa pengalaman kerja? Percayalah, kamu punya nilai-nilai yang bisa diunggulkan bahkan sebelum kamu memiliki pengalaman kerja pertamamu! Sambil kamu mencari kerja, jangan lupa siapkan baju formal yang rapi untuk saat wawancara nanti!

laptop terbaik tokopedia

Siapkan perjalanan karirmu bersama laptop terbaik, temukan di Tokopedia!

Penulis: Amanda Rafiqah Putri

Share

Qonita ChairunnisaQonita Chairunnisa

Related Articles

Apa Itu Kerja Part Time? Ini Penjelasan dan Contoh Pekerjaannya!
Kerja
Apa Itu Kerja Part Time? Ini Penjelasan dan Contoh Pekerjaannya!
© 2009-2024, PT Tokopedia