• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah, Untuk Magang dan Part Time

08 September 2022

Share

Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah, Untuk Magang dan Part Time

Ingin mendaftar magang atau part time sambil kuliah? Simak cara membuat dan contoh CV mahasiswa yang masih kuliah berikut ini.


Menjadi mahasiswa bukan berarti kamu hanya kuliah-pulang kuliah-pulang saja. Ada baiknya selama kuliah kamu mengisi waktu dengan mengikuti magang atau part time. Selain bisa menghasilkan uang, memiliki pengalaman seperti itu juga bisa meningkatkan hard skill dan soft skill kamu yang tentunya akan bermanfaat untuk jenjang karier berikutnya.

Perusahaan kecil maupun perusahaan ternama saat ini sering sekali membuka lowongan magang atau part time untuk mahasiswa. Namun karena peminatnya tidak sedikit, tidak semua orang yang mendaftar bisa lolos seleksi magang atau part time.  

Banyaknya persaingan dalam pendaftaran magang atau part time perlu strategi khusus agar HRD atau perusahaan tertarik, salah satunya adalah membuat CV yang baik dan benar. Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat CV yang tepat, berikut contoh CV mahasiswa yang bisa kamu ikuti.

Baca Juga: Simak Beragam Pertanyaan Interview untuk Fresh Graduate!

Isi CV Mahasiswa

Isi CV Mahasiswa

Sumber Gambar: Freepik

Dalam bagian isi CV, kamu dapat menulis informasi lengkap tentang data diri hingga keahlian yang dimiliki secara singkat dan padat agar HRD bisa tertarik dengan hanya sekali lirikan saja. Berikut ini isi CV mahasiswa yang wajib kamu cantumkan.

1. Data Diri

Hal paling penting dalam sebuah CV adalah data diri, mahasiswa wajib mencantumkan identitas diri, seperti nama lengkap, tempat, tanggal lahir, nomor telepon, dan email agar mudah dihubungi oleh perusahaan saat berhasil lolos ke tahap seleksi berikutnya.

2. Data Pendidikan

Sebuah perusahaan pasti memiliki minimal kualifikasi pendidikan atau bahkan pendidikan tertentu. Untuk itu, kamu perlu mencantumkan pendidikan terakhirmu di dalam CV, lengkap dengan nama universitas, jurusan, dan juga tahun ajaran.

3. Data Pengalaman

Meskipun sebagai mahasiswa kamu belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa mencantumkan pengalaman organisasi, pekerjaan part time, freelance, atau Unit Kegiatan Mahasiswa di dalam CV, Toppers.

HRD akan menilai pengalaman tersebut sebagai sebuah kelebihan karena mereka akan menilai bahwa kamu pernah bekerja sebagai tim, dalam berbagai kegiatan, memiliki pengalaman, dan bersama orang banyak.

4. Keahlian atau Skill

Selanjutnya, kamu wajib mencantumkan keterampilan atau skill pendukung, seperti bisa memakai aplikasi Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, desain, Microsoft Office, atau keahlian lainnya di dalam CV sebagai kelebihan yang bisa dilihat oleh HRD.

Hal yang Tidak Perlu Dicantumkan dalam CV Mahasiswa

Tidak semua hal perlu dicantumkan ke dalam CV, ada beberapa informasi atau larangan yang patut kamu hindari agar tidak ditolak oleh perusahaan, seperti beberapa hal berikut ini.

1. Informasi Terlalu Panjang

Informasi yang dicantumkan dalam CV harus memakai kata yang efektif dan mencakup secara garis besar data dirimu.

2. Informasi Palsu

Sebagai mahasiswa yang ingin melamar ke perusahaan, kejujuran adalah hal yang paling penting. Kamu perlu menuliskan informasi sebenar-benarnya dan jujur agar rekruiter bisa mengecek CV sesuai bakatmu. 

3. Desain Berlebihan

Hal terpenting dalam mengirim sebuah CV adalah informasi yang kamu berikan bisa dibaca dengan baik dan cepat oleh HRD. Untuk itu, kamu tidak perlu menggunakan desain yang terlalu ramai atau berlebihan dalam CV, Toppers.

4. Gunakan Satu Bahasa

Selanjutnya, kamu bisa menuliskan CV dengan satu bahasa saja, yakni bahasa Indonesia atau bahasa Inggris agar HRD dapat memahami isi dari CV dengan cepat, indah untuk dilihat, dan tidak rumit.

Baca Juga: Contoh Body Email Lamaran Kerja yang Baik dan Tips Menulisnya

Contoh CV Mahasiswa

Setelah mengetahui isi CV dan hal yang tidak perlu dicantumkan, kini kamu dapat membuat CV mahasiswa dengan baik dan benar. Sebagai gambaran, kamu bisa mengikuti beberapa contoh di bawah ini, Toppers.

1. CV Mahasiswa Masih Kuliah

CV Mahasiswa Masih Kuliah

Sumber Gambar: Pusat Kampus

Meskipun masih berstatus mahasiswa, kita seringkali diminta untuk membuat CV, lho. Hal ini bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa, magang, atau part time. Dalam hal ini, kamu bisa mencantumkan data pengalaman organisasi, UKM,  dan berbagai keahlian sebagai keahlian yang bisa dilirik oleh HRD.

2. CV Mahasiswa Magang

CV Mahasiswa Magang

Sumber Gambar: Cake Resume

Magang bisa dibilang adalah sebuah langkah awal seorang mahasiswa atau fresh graduate sebelum menjadi pegawai tetap di sebuah perusahaan. Magang juga seringkali masuk ke dalam SKS kuliah, Toppers. Untuk itu, dibutuhkan CV yang baik dan menarik agar perusahaan bisa tertarik denganmu.

3. CV Part Time Mahasiswa

CV Part Time Mahasiswa

Sumber Gambar: Loker Jakarta

Tak hanya magang, part time juga bisa menjadi pilihan untuk menambah pengalaman dan uang sakumu, Toppers. Biasanya, para mahasiswa yang mengikuti part time memiliki tujuan untuk membantu orang tua atau membayar biaya semester.

Saat ingin mendaftar ke sebuah perusahaan, restoran, toko, atau tempat lainnya, kamu bisa membuat CV seperti di atas.

4. CV Bahasa Inggris

CV Bahasa Inggris

Sumber Gambar: Merdeka

Kini banyak perusahaan yang menuntut kita untuk memiliki keahlian bahasa inggris, baik dalam tulisan maupun lisan. Sebagai nilai plus dan pembuktian bahwa kamu bisa menguasai bahasa tersebut, kamu bisa membuat CV bahasa Inggris.

5. CV ATS

CV ATS

Sumber Gambar: Pinterest

CV ATS adalah CV yang paling efektif dan rapi untuk digunakan. CV ini sering digunakan oleh para pelamar kerja secara profesional, namun tidak ada salahnya kamu sebagai mahasiswa untuk membuat CV seperti ini, Toppers. 

CV ATS dapat kamu buat melalui microsoft word, website resumeworded, dan banyak aplikasi lainnya yang mendukung untuk pembuatan CV. 

Baca Juga: Contoh Deskripsi Diri di CV & Saat Interview, Ringkas dan Menarik!

Nah, itu dia Toppers contoh CV mahasiswa yang masih kuliah dan bisa kamu contoh untuk melamar magang atau part time sebagai pengalaman sebelum bekerja.

Gunakan bahasa yang efektif dan padat agar HRD bisa membaca CV kamu dengan mudah. Cantumkan seluruh data diri, skill, dan pendidikan sesuai yang kamu miliki ya, Toppers.

kartu pra kerja tokopedia

Temukan berbagai macam pelatihan Kartu Prakerja yang bermanfaat di Tokopedia dan dapatkan sertifikatnya dengan mudah!

Share

Rizfa Putri KhainayyaRizfa Putri Khainayya

Related Articles

21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Juni 2024
Top List
21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Juni 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia