• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Contoh Kata Pengantar untuk Makalah, Proposal, & Laporan

17 November 2023

Share

Contoh Kata Pengantar untuk Makalah, Proposal, & Laporan

Kata-kata pengantar merupakan bagian dari sebuah karya tulis yang juga perlu diperhatikan. Yuk, simak pengertian dan contoh kata pengantar berikut!


Apakah kamu sedang dalam proses pembuatan karya tulis tetapi merasa kesulitan saat menulis kata pengantarnya?

Penulisan kata pengantar sangatlah penting karena kata pengantar terletak di bagian depan dan merupakan bagian yang pertama kali dilihat pembaca saat membaca karya tulis kamu.

Dalam setiap penulisan karya tulis berupa makalah, skripsi, proposal, dan laporan dibutuh kan kata pengantar agar pembaca dapat mengerti bahasan atau pokok permasalahan karya tulis tersebut. 

Agar lebih mudah dalam menulis, menambah pemahaman kamu, dan mengetahui struktur penulisan kata pengantar dengan benar, yuk simak penjelasan dan contoh penulisan kata pengantar untuk berbagai karya tulis dibawah ini.

Baca Juga: 19 Contoh Judul Skripsi Akuntansi yang Mudah dan Bagus

article

Yuk, beli alat kerajinan tangan, perlengkapan seni, dan beragam alat tulis di Parade Stationery & Art alias PASAR Tokopedia! Jangan lewatkan diskon spesial hingga 90% dan berbagai promo menarik lainnya.

Pengertian Kata Pengantar

contoh kata-kata penganta

Sumber Gambar: Pexels

Pertama-tama ada baiknya kamu memahami dulu apa pengertian dari kata pengantar. Menurut KBBI, kata pengantar adalah kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis.

Kata pengantar ditulis di bagian halaman awal sebuah karya tulis. Tujuan dari pembuatan kata pengantar adalah agar pembaca mengetahui bahwa dalam menyelesaikan karya tersebut, penulis telah melalui banyak hal dan dibantu oleh beberapa pihak dalam penyusunan karya tulis tersebut.

Kata pengantar terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian pembuka, isi, dan penutup. Bagian pembuka berada pada paragraf pertama hingga kedua kata pengantar. Pada bagian ini berisikan ucapan rasa syukur penulis atas selesainya karya yang ditulis.

Pada bagian isi berisikan sedikit gambaran mengenai isi dari makalah tersebut. Penulis akan menyebutkan judul karya tulis. Penulis juga biasanya akan menyebutkan nama-nama orang yang berkontribusi dalam penyelesaian karya tulis.

Sementara bagian penutup berisikan permohonan maaf dan harapan penulis atau dari makalah atau laporan yang telah dibuat. Permohonan maaf itu biasanya lebih ditujukan bila di kemudian hari ditemukan kesalahan dari tulisan tersebut.

Baca Juga: Kata-Kata Motivasi Belajar untuk Membakar Semangat Mencari Ilmu

Apa Perbedaan Kata Pengantar dan Prakata?

Sebelum mengenal berbagai contoh penulisan kata pengantar, ada baiknya kamu mengetahui perbedaan antara kata pengantar dan prakata. Sebab, banyak orang yang masih bingung dan keliru mengenai dua hal ini.

Kata pengantar dan prakata biasa dijumpai pada bagian awal sebuah penulisan seperti dalam buku, skripsi, makalah, dan karya tulis. Perbedaan antara keduanya adalah pada siapa yang menuliskannya.

Kata pengantar atau foreword dibuat atau ditulis oleh orang lain selain penulis, bisa kerabat, pakar, pejabat, atau orang lain yang mewakili penulis. Kata pengantar berisi apresiasi terhadap tulisan dan  penulis. Kata pengantar juga berisi ucapan terima kasih kepada penulis.

Sementara, prakata atau preface ditulis oleh penulis itu sendiri sebagai halaman pembuka dalam sebuah tulisan.

Prakata berisi penjelasan singkat mengapa penulis membuat suatu karya dan untuk siapa karya tersebut ditujukan.

Berbeda dari kata pengantar, prakata berisi ucapan terima kasih penulis kepada orang lain yang mendukung penulis pada proses pembuatan karya.

Baca Juga: 15 Contoh Judul Skripsi Manajemen yang Mudah dan Menarik

Contoh Kata Pengantar untuk Makalah

kata-kata pengantar skripsi karya ilmiah

Sumber Gambar: Pexels

Ada beberapa cara berbeda yang bisa kamu gunakan dalam pembuatan kata pengantar bagi makalah kamu.

Kamu bisa membuatnya lebih general atau lebih spesifik. Dibawah ini adalah contoh penulisan kata pengantar makalah yang umum dan bisa digunakan pada berbagai makalah:

1. Contoh Kata Pengantar Makalah I

Puji syukur diucapkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmatNya sehingga makalah ini dapat tersusun sampai dengan selesai. Tidak lupa kami mengucapkan terimakasih terhadap bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik pikiran maupun materinya.

Penulis sangat berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca. Bahkan kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi kami sebagai penyusun merasa bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman Kami. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Bandung, 20 November 2017


Penyusun

2. Contoh Kata Pengantar Makalah II

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul ‘’…….’’. Atas dukungan moral dan materil yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Bapak Rangga, M.E., selaku kepala sekolah SMA 1 yang telah memberikan bimbingan, saran, ide dan juga kesempatan untuk menggunakan fasilitas sekolah untuk menunjang pembuatan makalah.
  2. Ibu Kina, M.E., selaku guru pembimbing kami, yang memberikan dorongan, masukan kepada penulis.
  3. Ibu Sarah, M.E., selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan materi pendukung, bimbingan, dan masukan kepada penulis.
  4. Orang tua penulis yang banyak memberikan dukungan baik moril maupun materil.
  5. Semua pihak yang tidak dapat penulis rinci satu per satu yang telah membantu dalam proses penyusunan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna dan masih terdapat beberapa kekurangan, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca untuk penyempurnaan makalah ini.

Tangerang, 29 Maret 2013


Penulis

3. Contoh Kata Pengantar Makalah III

Puji dan syukur senantiasa kami ucapkan kepada Tuhan YME atas rida dan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan hasil karya tulis ilmiah yang berjudul 'Upaya Pengurangan Dampak Efek Rumah Kaca'.

Tidak lupa, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Aidin Arham yang yang telah membimbing dan membantu kami dalam proses penyusunan karya ilmiah ini. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada teman-teman yang telah membantu baik secara moral maupun material sehingga karya tulis ilmiah ini dapat terwujud.

Karya tulis ilmiah ini akan menjelaskan tentang fenomena 'Efek Rumah Kaca' dan upaya untuk mengurangi dampak yang ditimbulkannya. Fenomena ini merupakan sebuah fenomena yang sedang menjadi perhatian di seluruh dunia karena dampaknya yang luar biasa.

Penulis menyadari bahwa masih ada kekurangan dan kesalahan dalam karya tulis yang disusun. Oleh karena itu penulis mohon maaf atas kesalahan tersebut. Kritik dan saran dari pembaca senantiasa ditunggu oleh penulis guna meningkatkan kualitas tulisan ke depannya.

Jakarta, 4 Maret 2022

Penulis

Baca Juga: 15 Contoh Judul Skripsi Ilmu Komunikasi yang Mudah dan Menarik

Contoh Kata Pengantar untuk Proposal

Terdapat banyak jenis proposal mulai dari proposal penelitian, skripsi, kegiatan, hingga usaha. Berikut adalah contoh penulisan kata pengantar proposal skripsi dan penelitian:

1. Contoh Kata Pengantar Proposal Skripsi

Puji syukur kepada Allah SWT berkat Rahmat, Hidayah, dan Karunia-Nya kepada kita semua sehingga kami dapat menyelesaikan proposal skripsi dengan judul “……..”. Laporan proposal skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk mengerjakan skripsi pada program Strata-1 di Jurusan Hukum Bisnis, Fakultas Hukum, Universitas Bina Nusantara.

Penulis menyadari dalam penyusunan proposal skripsi ini tidak akan selesai tanpa bantuan dari berbagai pihak. Karena itu pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Farhan, M.H., selaku Ketua Jurusan Hukum Bisnis, Fakultas Hukum, Universitas Bina Nusantara Jakarta.
  2. Bapak Prof. Ilham, MH., Ph.D., selaku Dosen Pembimbing atas bimbingan, saran, dan motivasi yang diberikan.
  3. Ibu Diana, M.H., dan Bapak Ali, M.H., atas bimbingan, saran, dan motivasi yang diberikan.
  4. Ibu Bunga, M.H., selaku Koordinator Tugas Akhir dan Skripsi Jurusan Hukum Bisnis Bina Nusantara Jakarta.
  5. Segenap Dosen Jurusan Hukum Bisnis Bina Nusantara Jakarta yang telah memberikan ilmunya kepada penulis.
  6. Orang tua, saudara-saudara kami, atas doa, bimbingan, serta kasih sayang yang selalu tercurah selama ini.
  7. Keluarga besar Bina Nusantara (Binus), khususnya teman-teman seperjuangan kami di Jurusan Hukum Bisnis, atas semua dukungan, semangat, serta kerjasamanya.

Kami menyadari proposal skripsi ini tidak luput dari berbagai kekurangan. Penulis mengharapkan saran dan kritik demi kesempurnaan dan perbaikannya sehingga akhirnya laporan proposal skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi bidang pendidikan dan penerapan di lapangan serta bisa dikembangkan lagi lebih lanjut. 

Jakarta, 1 Februari 2018

Peneliti

2. Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian

Puji dan syukur penulis panjat kan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian yang berjudul “…….” tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan proposal penelitian ini adalah untuk mempelajari cara pembuatan skripsi pada Universitas Indonesia dan untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi.

Pada kesempatan ini, penulis hendak menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan moril maupun materiil sehingga proposal penelitian ini dapat selesai. Ucapan terima kasih ini penulis tujukan kepada:

1. Bapak Reza, S.E., M.E., selaku Dosen yang telah mendidik dan memberikan bimbingan selama masa perkuliahan.

2. Pimpinan PT X, Bapak X dan seluruh staf perusahaan atas kesempatan dan bantuan yang diberikan kepada penulis dalam melakukan penelitian dan memperoleh informasi yang diperlukan selama penulisan proposal penelitian ini.

3. Papa dan mama serta kakakku yang telah memberikan doa, dorongan dan semangat selama penyusunan skripsi ini.

4. Teman-temanku satu bimbingan penelitian proposal yang telah berjuang bersama-sama penulis dalam menyelesaikan proposal penelitian ini.

Meskipun telah berusaha menyelesaikan proposal penelitian ini sebaik mungkin, penulis menyadari bahwa proposal penelitian ini masih ada kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca guna menyempurnakan segala kekurangan dalam penyusunan proposal penelitian ini.

Akhir kata, penulis berharap semoga proposal penelitian ini berguna bagi para pembaca dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

Jakarta, 28 Agustus 2015

Peneliti

3. Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian II

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian yang berjudul “ANALISIS AKUNTANSI PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 ATAS KARYAWAN PADA PT X” tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan proposal penelitian ini adalah untuk mempelajari cara pembuatan skripsi pada Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang dan untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi.

Pada kesempatan ini, penulis hendak menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan moril maupun materiil sehingga proposal penelitian ini dapat selesai. Ucapan terima kasih ini penulis tujukan kepada:

1. Bapak Dadan Ramdhani, SE, Msi, Akt selaku Dosen yang telah mendidik dan memberikan bimbingan selama masa perkuliahan.

2. Pimpinan PT X, Bapak X dan seluruh staff perusahaan atas kesempatan dan bantuan yang diberikan kepada penulis dalam melakukan penelitian dan memperoleh informasi yang diperlukan selama penulisan proposal penelitian ini.

3. Papa dan mama serta adikku yang telah memberikan doa, dorongan dan semangat selama penyusunan skripsi ini.

4. Teman-temanku satu bimbingan penelitian proposal, Putri Gita Setiawati yang telah berjuang bersama-sama penulis dalam menyelesaikan proposal penelitian ini.

Meskipun telah berusaha menyelesaikan proposal penelitian ini sebaik mungkin, penulis menyadari bahwa proposal penelitian ini masih ada kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca guna menyempurnakan segala kekurangan dalam penyusunan proposal penelitian ini.

Akhir kata, penulis berharap semoga proposal penelitian ini berguna bagi para pembaca dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

Bandung, Juli 2016

Penulis

Baca Juga: Contoh Proposal Magang dan Panduan Menulisnya

Contoh Kata Pengantar untuk Laporan

1. Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugerahkan banyak nikmat sehingga kami dapat menyusun laporan praktikum biologi ini dengan baik. Laporan ini berisi tentang uraian hasil riset mengenai “……’’.

Laporan ini kami susun secara cepat dengan bantuan dan dukungan berbagai pihak diantaranya; Ibu Diana, M.Sc selaku dosen mata kuliah Biologi Murni, Bapak Abi, M.sc selaku kepala lab Biologi Murni dan Kak Nabila selaku asisten lab. Oleh karena itu kami sampaikan terima kasih atas waktu, tenaga dan pikirannya yang telah diberikan.

Dalam penyusunan laporan ini, kami menyadari bahwa hasil laporan praktikum ini masih jauh dari kata sempurna.

Sehingga kami selaku penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian. Akhir kata Semoga laporan praktikum ini dapat memberikan manfaat untuk kelompok kami khususnya, dan masyarakat Indonesia umumnya.

Surabaya, 25 April 2019

Penyusun

2. Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

Kami ucapkan puji syukur serta nikmat pada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya yang melimpah, atas terselesaikannya kegiatan magang di PT X Jakarta.

Laporan ini dibuat untuk memenuhi persyaratan tugas mata kuliah praktik kerja bisnis di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Indonesia. 

Tujuan dibuatnya laporan magang ini yaitu untuk melaporkan segala sesuatu yang ada kaitannya dengan dunia kerja di PT X Jakarta.

Dalam penyusunan laporan magang ini, tentu tak lepas dari pengarahan dan bimbingan dari berbagai pihak. Maka penulis ucapkan rasa hormat dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Pihak-pihak yang terkait itu di antaranya sebagai berikut:

  1. Seluruh dosen penulis di Fakultas Ekonomi yang sudah memberikan banyak informasi.
  2. Bapak Jason selaku Direktur PT X.
  3. Bapak Adit selaku pembimbing penulis di PT X
  4. Karyawan dan karyawati PT X  yang dengan tulus memberi pengarahan pada penulis selama penulis magang di perusahaan tersebut.
  5. Orang tua dan teman-teman penulis, terima kasih banyak atas dukungannya.

Karena kebaikan semua pihak yang telah penulis sebutkan tadi maka penulis bisa menyelesaikan laporan magang ini dengan sebaik-baiknya. Laporan magang ini memang masih jauh dari kesempurnaan, tapi penulis sudah berusaha sebaik mungkin. Sekali lagi terima kasih. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.

Jakarta, 20 Mei 2019

Penulis

Nah itulah pengertian kata pengantar, perbedaan antara kata pengantar dan prakata, dan contoh penulisan kata pengantar pada makalah, proposal, dan laporan.

Gimana Toppers? Sudah paham dan tidak bingung lagi kan? Jangan lupa untuk menyesuaikan kata pengantar dengan tema karya tulis yang kamu angkat, dan juga gunakan Bahasa Indonesia formal yang baik dan benar. Selamat menulis!

Penulis: Naura Az-Zahra, Abya Zara

© 2009-2024, PT Tokopedia