Kontribusi Toppers Berikan 125,000 Liter Air Bersih untuk Masa Depan Kelawi

0
217

Menurut hasil riset UNICEF, hingga kini masih terdapat lebih dari dua miliar orang yang tidak memiliki akses terhadap air minum yang dikelola dengan baik dan aman. Selain itu, lebih dari empat miliar orang yang tidak memiliki layanan sanitasi yang memadai. 

Walaupun air merupakan kebutuhan primer manusia, sayangnya akses air bersih di Indonesia masih sangat terbatas untuk beberapa wilayah. Masalah ini salah satunya dialami oleh warga Kampung Pematang Macan, Desa Kelawi, Lampung, yang dihadapkan dengan krisis air bersih.

Tidak perlu menunggu musim kemarau, setiap harinya mereka harus dilanda kekeringan dan kesulitan menjangkau sumber air yang terletak jauh dari pemukiman warga. Ketika warga kota besar dapat menikmati air bersih dengan mudah, warga Desa Kelawi justru harus merogoh kocek untuk memenuhi kebutuhan air bersih setiap harinya.

Warga setempat mengisi tangki air untuk kebutuhan sehari-hari

Terdapat total 40 keluarga atau sekitar 160 warga yang tinggal di wilayah ini. Kebanyakan dari mereka berprofesi sebagai petani pisang, sehingga keberadaan air di wilayah ini menjadi kian penting. Namun, pada kenyataannya mereka justru harus menempuh berbagai kesulitan untuk pada akhirnya dapat mengakses air bersih untuk kehidupan sehari-hari.

Pada musim kemarau, kondisi ini semakin memprihatinkan. Untuk memenuhi kebutuhan air, keluarga warga harus membelinya seharga 30 ribu rupiah setiap harinya. Ketika musim penghujan tiba, warga harus menempuh jarak jauh untuk mengakses air dari pompa umum dan membayarnya seharga 10 ribu rupiah setiap hari.

Tumbler untuk Air di Kelawi

Mengingat betapa air merupakan kebutuhan primer yang sudah seharusnya dapat diakses oleh seluruh manusia, CSR Tokopedia berkolaborasi dengan Water ID Foundation dan Lock n Lock, mengadakan kampanye “Tumbler for Kelawi Water”. Kampanye ini mengajak pengguna Tokopedia untuk berkontribusi nyata menyediakan air bagi warga Kampung Pematang Macan, Desa Kelawi, Lampung.

Dengan membeli satu tumbler resmi Tokopedia & Lock n Lock, pengguna Tokopedia telah berdonasi 100 liter air bersih bagi warga Desa Kelawi, dimana jumlah ini setara dengan 5 galon air berukuran 19 liter. Total air yang telah disumbangkan melalui kampanye CSR Tokopedia ini adalah sebanyak 125,000 liter air, dimana jumlah ini merupakan sepenuhnya kontribusi dari pengguna Tokopedia.

Tumbler kolaborasi Official Merchandise Tokopedia dengan Water ID Foundation dan Lock n Lock

Sudah merupakan anggapan umum di mana kita menemukan air, maka di sana terdapat harapan dan tanda kehidupan. Sebagai komponen utama dari ekosistem kita, air menjadi kebutuhan dasar yang menunjang kehidupan kita. Tanpa air, kualitas kehidupan manusia pun akan berpotensi semakin menurun dengan adanya masalah sanitasi, penyakit, kelaparan, dan kemiskinan.

Proses distribusi air bersih di Desa Kelawi, Lampung Selatan

Maka dari itu, CSR Tokopedia berharap kampanye yang berlangsung selama satu bulan ini dapat memberi kehidupan yang lebih baik dan layak bagi para warga Desa Kelawi. Siti Fauziah, Senior Communications Lead and CSR dari Tokopedia, menerangkan bahwa kampanye ini ditujukan untuk membawa perubahan baik pada warga Desa Kelawi di Lampung Selatan.

Kami berharap bantuan yang telah terkumpul dari pengguna Tokopedia dapat memberi warga Desa Kelawi kesempatan untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dan sehat dari sebelumnya,” jelas Siti.

Air ialah hak bagi setiap warga masyarakat. Namun, menjadi kewajiban kita bersama juga untuk merawatnya dengan melakukan penghematan demi generasi mendatang.

Save Water, Save the Future.

Bagikan Artikel