• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

13 Daftar Peralatan Sekolah Anak TK yang Wajib Dimiliki

18 July 2023

Share

13 Daftar Peralatan Sekolah Anak TK yang Wajib Dimiliki

Anak segera masuk TK? Ini daftar peralatan yang wajib dimiliki anak TK ke agar hari pertama dan seterusnya di sekolah berjalan lancar!


Punya anak yang sudah memasuki usia sekolah taman kanak-kanak (TK)? Ada banyak persiapan yang perlu dilakukan lho sebelum si kecil memulai hari pertama sekolah. Bagi anak yang baru masuk TK, sekolah tentu merupakan hal baru baginya. Sebab ada perubahan besar dalam kegiatan sehari-harinya.

Maka dari itu, penting bagi orangtua untuk menyiapkan beberapa peralatan sekolah anak yang bisa membuatnya nyaman dan betah di sekolah. Memiliki anak yang baru memasuki TK kadangkala bisa membuat bingung orangtua soal apa yang perlu dan tidak perlu dibawa ke sekolah.

Berikut perlengkapan sekolah anak TK serta tips memilih dan mempersiapkan peralatan sekolah anak yang wajib bunda ketahui!

Baca Juga: 12 Kelengkapan Cuaca Hujan untuk Anak dan Dewasa, Lindungi Diri!

Perlengkapan Sekolah Anak TK

Latih kemandirian anak dengan membiarkannya di sekolah tanpa ditemani atau ditunggu. Agar kegiatan berjalan lancar, pastikan perlengkapannya tidak ada yang tertinggal. Simak apa saja yang harus dibawa anak TK ke sekolah!

1. Tas Sekolah

Anak menggunakan tas sekolah

Sumber Gambar: Freepik

Tas sekolah menjadi peralatan sekolah anak pertama yang wajib dimiliki seorang murid, termasuk murid TK. Untuk si kecil, sebaiknya pilihlah tas sekolah yang nyaman dipakai serta memuat barang-barang yang perlu dibawa ke sekolah setiap harinya.

Kebanyakan tas sekolah anak TK yang paling cocok adalah tas ransel atau tas dorong. Hal yang terpenting, pilihlah tas dengan ukuran yang pas dengan badan si kecil serta praktis supaya anak tidak kesulitan membawanya.

2. Seragam Sekolah

Seragam

Sumber Gambar: Freepik

Meskipun masih di jenjang pendidikan TK, tapi ada beberapa sekolah yang mewajibkan muridnya memakai seragam sekolah tertentu. Kamu bisa tanyakan ke pihak sekolah saat mendaftar apakah ada ketentuan seragam. Kalau ada, jangan lupa untuk memesan seragam sekolah. Sebab kalau begitu, perlengkapan sekolah anak yang satu ini bersifat wajib.

Biasanya minimal ada dua seragam yang diperlukan, seragam kemeja dan seragam untuk olahraga. Untuk seragam sekolah, tentu saja bukan hanya dibawa namun dipakai oleh anak sejak berangkat.

3. Alat Menggambar

Krayon

Sumber Gambar: Freepik

Karena biasanya pada jenjang TK belum diminta untuk menulis, justru peralatan sekolah anak yang dibutuhkan adalah alat gambar. Siapkan perlengkapan gambar seperti pensil warna, spidol, krayon, rautan, dan buku gambar.

Walaupun terkadang disediakan sekolah, membawa alat gambar sendiri bisa menghindari anak dari berebut dengan anak lain. Tapi tetap sesuaikan dengan kebutuhan si kecil ya, Toppers.

4. Tisu

Tisu

Sumber Gambar: Freepik

Cairan tumpah, terjatuh, dan mewarnai dengan cat air adalah tiga dari banyak hal yang mungkin menyebabkan anak terkena noda. Kenalkan anak pada kebiasaan menjaga kebersihan dengan membawakannya tisu dan memberi tahu mereka untuk apa kegunaannya. Sekalipun mereka belum bisa menggunakannya dengan efektif sendiri, membawa tisu ke sekolah tetap bisa bermanfaat untuk anak karena mereka dapat meminta tolong guru untuk menggunakannya ketika ada kotoran.

5. Tempat Pensil

Kotak pinsil

Sumber Gambar: Freepik

Tentunya dengan banyaknya alat gambar yang dibawa, si kecil butuh tempat pensil untuk menyimpan alat gambar pribadinya. Memiliki tempat pensil bisa menjadi penyemangat anak sekolah lho.

Ada banyak sekali model tempat pensil anak TK yang unik dan menyenangkan. Yang terpenting, tempat pensil yang dipilih tetap memenuhi fungsinya untuk menyimpan seluruh alat tulis dan gambar anak.

Baca Juga: 10 Inspirasi Bekal Anak Sekolah, Menu Praktis dan Lezat!

6. Kotak Bekal dan Botol Minum

Lunch box

Sumber Gambar: Freepik

Peralatan sekolah anak selanjutnya adalah membawa alat makan anak seperti kotak bekal serta botol minum. Membekali anak dengan masakan rumah bisa dibilang wajib hukumnya, apalagi untuk anak TK.

Alangkah baiknya kalau anak menghindari jajan di luar rumah yang tidak terjamin kualitas dan kebersihannya. Kotak bekal yang dipilih sebaiknya yang memiliki banyak sekat, ringan, mudah dibuka dan ditutup, tidak mudah bocor, serta berbentuk menarik. Begitu pula dengan botol minum, memilih botol minum yang dilengkapi sedotan akan memudahkan si kecil.

7. Snack

Biskuit

Sumber Gambar: Freepik

Anak yang lapar kadang memiliki mood yang tidak terkendali. Untuk menghindari hal tersebut, siapkan pula snack untuk dibawa ke sekolah agar mereka senang seharian. Pilihan ini juga lebih aman dari pada membiarkan anak jajan sembarangan di sekitar sekolah. Selain itu, punya camilan saat sekolah bisa juga melatih anak untuk berbagi, Toppers!

8. Sepatu dan Kaus Kaki

Sepatu sekolah

Sumber Gambar: Freepik

Memilih sepatu dan kaus kaki yang nyaman untuk si kecil sangat penting lho, Toppers. Terlebih lagi untuk anak yang aktif bergerak kesana kemari. Selain model sepatu, penting juga untuk memilih sol sepatu yang nyaman dan tidak licin ketika anak beraktivitas. Pilihlah sepatu tanpa tali dengan perekat yang kuat sebab umumnya anak TK belum bisa mengikat tali sepatu sendiri.

Memilih bahan kaus kaki yang menyerap keringat juga penting untuk kenyamanan anak. Nah, untuk kedua perlengkapan sekolah anak ini, kamu bisa tanyakan ke sekolah apakah ada ketentuan warna yang diwajibkan. Bila tidak ada, kamu bisa memberi kesempatan pada anak untuk memilih model sepatu dan kaus kaki yang ia sukai.

9. Baju dan Kaus Kaki Cadangan

Baju dan kaus kaki cadangan pun sebaiknya masuk ke dalam daftar perlengkapan sekolah anak TK selanjutnya. Seperti yang diketahui anak kecil sangat aktif bergerak dan belum benar-benar awas terhadap kebersihannya.

Baju dan kaus kaki cadangan bisa jadi bermanfaat ketika anak tidak sengaja menumpahkan minuman atau menginjak kubangan air saat memakai kaus kaki.

10. Buku Gambar

Buku Gambar

Sumber Gambar: Freepik

Berikutnya, buku gambar juga menjadi perlengkapan sekolah anak TK yang perlu dibawa. Biasanya buku gambar anak TK hanyalah sebuah buku berisikan halaman kosong karena nantinya akan diisi sesuai perintah guru. Toppers bisa membebaskan anak memilih desain halaman depan agar si kecil lebih semangat sekolah.

11. Obat-obatan Pribadi

Obat dan vitamin

Sumber Gambar: Freepik

Jika anakmu memiliki penyakit tertentu yang memerlukan obat khusus, bunda wajib memasukkan obat-obatan pribadi ke dalam kumpulan peralatan sekolah anak.

Sebaiknya kamu juga beritahu guru atau pengawas di sekolah tentang penyakit dan cara penanganannya.

12. Barang Kesukaan

Lego

Sumber Gambar: Freepik

Terakhir, barang kesukaan juga bisa mendorong anak dalam melewati sekolah. Walaupun tidak harus, tapi barang kesukaan bisa membantu anak lebih berani dan nyaman di sekolah, terutama pada hari-hari awal mulai sekolah.

Seiring berjalannya waktu, kamu bisa perlahan melatihnya ke sekolah tanpa membawa barang kesukaan, karena di jenjang sekolah selanjutnya biasanya tidak diperbolehkan membawa barang yang tak berkaitan dengan keperluan sekolah.

13. Buku Mewarnai

Buku Mewarnai

Sumber Gambar: Freepik

Biasanya kegiatan pembelajaran anak TK diisi dengan mewarnai yang dapat membangkitkan kreativitasnya. Sehingga buku mewarnai jadi hal wajib yang dimiliki murid TK. Tapi biasanya buku mewarnai sudah ditentukan oleh pihak sekolah. Kamu bisa pastikan dulu jenis buku mewarnai apa yang dibutuhkan anak sebelum membelinya, ya!

Tips Mempersiapkan dan Memilih Peralatan Sekolah Anak

perlengkapan sekolah anak tk

Sumber Gambar: Momtastic

Selain mengetahui perlengkapan dasar apa saja yang perlu dibawa ke sekolah di hari pertama si kecil, bunda juga perlu memperhatikan tips mempersiapkan dan memilih peralatan sekolah anak berikut ini:

  1. Tanyakan pada sekolah dan guru apakah ada ketentuan khusus dalam beberapa hal seperti seragam, warna sepatu, maupun barang-barang yang boleh ataupun tidak boleh dibawa ke sekolah.
     
  2. Buat daftar barang peralatan sekolah anak yang harus dibeli agar tidak ada barang yang terlewatkan demi keberlangsungan aktivitas sekolah anak.
     
  3. Beli perlengkapan sekolah anak TK sesuai dengan kebutuhan anak TK, jangan sampai berlebihan dan malah menyusahkan anak. Selain itu, kamu juga bisa tanyakan apakah ada peralatan yang sudah disiapkan pihak sekolah.
     
  4. Ajak anak membeli barang yang ia sukai guna menumbuhkan semangat anak bersekolah. Anak kecil apalagi di umur TK masih belum terlalu mengerti apa itu sekolah. Oleh sebab itu, buatlah dia senyaman mungkin agar menyukai kegiatan di sekolah.


Sudah punya ide peralatan sekolah anak apa saja yang perlu bunda persiapkan? Dengan mengikuti tips persiapan perlengkapan sekolah anak di atas, bunda tak perlu lagi bingung dalam mempersiapkan anak masuk TK pertama kali.

Bunda juga tidak perlu bingung beli perlengkapan sekolah anak karena semuanya ada di Tokopedia, nikmati cashback dan banyak penawaran menarik lainnya!

Penulis: Nathania Griselda & Amanda R. Putri & Nabilah Muhamad

© 2009-2024, PT Tokopedia