• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Di Balik Inisiatif Hyperlocal: Langkah Nyata Tokopedia Dorong UMKM Lokal Berkembang

20 April 2021
Share
Di Balik Inisiatif Hyperlocal: Langkah Nyata Tokopedia Dorong UMKM Lokal Berkembang

Tokopedia baru-baru ini menggarap inisiatif Hyperlocal sebagai bentuk komitmen dari perwujudan misi untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Melalui inisiasi ini, Tokopedia fokus untuk mendukung para pegiat bisnis lokal di berbagai daerah di Indonesia agar memiliki kesempatan yang sama dalam mengembangkan usaha serta meningkatkan daya saing bisnis melalui teknologi. 

Inisiasi tersebut tidak lepas dari peran tim Regional Growth Expansion Tokopedia atau yang biasa disebut dengan tim RGX. Dibawah pimpinan Trian Nugroho selaku Head of RGX, tim yang berdiri sejak tahun 2019 ini memiliki visi untuk menjangkau dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh penjual dan pembeli lokal di area luar jabodetabek.

Melihat banyaknya pelaku usaha lokal di berbagai daerah yang belum sepenuhnya tersentuh oleh teknologi, Trian dan tim mengambil peluang untuk mendorong transformasi digital pada UMKM sebagai salah satu upaya Tokopedia dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional. Sepanjang tahun 2020, jumlah mitra UMKM yang bergabung bersama Tokopedia mengalami peningkatan sebesar 2,8 juta. 

Mengubah Tantangan Menjadi Peluang

Sejak tahun 2019, tim RGX tersebar di 28 kota di Indonesia untuk menjangkau penjual dan pembeli di masing-masing area. Pada saat itu, tim RGX melakukan berbagai kegiatan untuk mendukung berbagai inisiasi dalam mengembangkan berbagai daerah, seperti Tokopedia Corner yang hadir di berbagai pusat perbelanjaan dan kampus untuk menjangkau komunitas dan pembeli lebih dekat.

Pandemi tidak menghalangi Trian dan tim untuk terus merangkul para pegiat usaha lokal dan pembeli di daerah. Dengan segala keterbatasan yang ada selama menjalankan kebijakan Work From Home (WFH) dan mengikuti regulasi pemerintah demi menekan angka penyebaran pandemi Covid-19, hal ini justru memicu semangat tim RGX dalam berevolusi dan menciptakan berbagai inisiatif dan inovasi. 

Di tahun 2020, tim RGX melakukan restrukturisasi strategi dengan mempersempit area jangkauan ke 7 kota, yakni Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang dan Makassar. Langkah tersebut merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan peluang di tengah keadaan yang menantang. 

Tokopedia percaya bahwa teknologi merupakan jantung dari setiap inovasi. Ketika dihadapkan oleh tantangan untuk memastikan bahwa para pegiat usaha lokal serta pembeli di 7 kota tersebut dapat terjangkau selama masa pandemi, Trian dan tim memanfaatkan adopsi digital dengan menghadirkan kampanye secara online, dimana hal tersebut akhirnya mendorong tim RGX untuk melahirkan inisiatif hyperlocal.

Melalui inisiatif tersebut, tim RGX ingin memastikan bahwa setiap penjual dapat menjadi raja di kotanya sendiri dan memiliki pasarnya masing-masing dengan menghadirkan kampanye lokal. Salah satu program di bawah inisiatif Hyperlocal yang dapat dijadikan contoh adalah program Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang hadir di 7 kota. Kini, pembeli di daerah setempat dapat melihat dan menikmati berbagai produk yang ditawarkan oleh para penjual lokal dengan lebih mudah. 

“Dengan localized campaign ini, pembeli yang ada di kota Bandung misalnya, mereka hanya akan melihat campaign yang ada di Bandung, begitu juga dengan kota-kota lainnya. Kita memanfaatkan semua kanal yang ada di aplikasi Tokopedia seperti dynamic channel, home page, landing page dan beberapa banner yang disesuaikan dengan lokasi dari pembeli dan penjual di masing-masing kota,” jelas Trian. 

Dengan adanya program Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Trian dan tim berharap masyarakat dapat mulai membiasakan diri untuk mencari produk dan kebutuhan hariannya melalui penjual yang hadir di kotanya masing-masing. Hal ini dilakukan untuk sekaligus membantu penjual setempat mempertahankan bisnis dan berkontribusi ke perekonomian daerah.

Selain program KTP, di bulan Ramadan ini tim RGX juga menghadirkan Waktu Indonesia Belanja (WIB) Ramadan Ekstra spesial lokal untuk dapat memberikan eksposur lebih kepada para penjual yang tersebar di 7 kota fokus RGX. 

Langkah Nyata untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM Lokal

Upaya tim RGX dalam mengembangkan area di luar Jabodetabek tentunya didukung oleh banyak pihak. Dalam hal ini, tim RGX juga berkolaborasi dengan tim lain seperti tim Marketing, Public Policy and Government Relations, Product, dan juga Category Development untuk memastikan bahwa setiap strategi dan komunikasi dapat berjalan dengan baik.

Selain berkolaborasi dengan tim internal, Trian dan tim juga bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. Salah satu bentuk nyata upaya tim RGX dalam mendorong digitalisasi UMKM lokal adalah dengan hadirnya program kampanye virtual Jatim Fair 2020 yang diselenggarakan pada tanggal 30 Oktober 2020 lalu dengan berkolaborasi bersama pemerintah daerah setempat.

Berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, acara yang diadakan secara daring untuk pertama kalinya ini menuai kesuksesan. Pada saat itu, kampanye ini dikunjungi sebanyak hampir 100 ribu kali oleh masyarakat melalui aplikasi Tokopedia dan diikuti oleh lebih dari 300 pelaku bisnis lokal dari berbagai kategori penjualan. 

Berbagai upaya nyata dilakukan oleh tim RGX dalam memberikan panggung seluas-luasnya bagi para pelaku usaha di daerah. Tak hanya bermitra sinergi dengan pemerintah, tim RGX juga melakukan pendekatan dengan cara yang berbeda untuk dapat merangkul lebih banyak penjual dan pembeli. Sebab, setiap harinya tim RGX berhadapan dengan berbagai penjual dengan karakteristik yang beragam.

Ada penjual yang sama sekali belum paham tentang berjualan secara online. Di sisi lain, ada juga UMKM, business to business (B2B) partner, hingga penjual dan distributor yang sudah cukup terkenal. Masing-masing memiliki cara pendekatan yang tidak bisa disamakan. Untuk merangkul para penjual yang belum tersentuh teknologi, Trian dan tim membangun sebuah sistem grup dan melakukan webinar secara rutin. 

Sistem grup ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan antarpenjual, sekaligus agar mereka juga dapat menyadari adanya peluang besar yang dapat mereka raih dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Berbeda dengan pendekatan ke toko-toko offline yang sudah besar, Trian menjangkau para pebisnis ini secara personal untuk meyakinkan bahwa bisnis mereka dapat berkembang melalui kanal digital. 

Tidak sampai di situ, ketika para penjual baru telah bergabung, Trian dan tim juga akan terus mendukung dan membantu agar mereka dapat terus berkembang.Contohnya, tim RGX memberikan exposure kepada toko ataupun produk untuk dapat muncul pada halaman kampanye lokal Tokopedia, dan secara berkala memberikan arahan agar para penjual dapat terus memenuhi kebutuhan atau permintaan pembeli.

Tim RGX memiliki harapan besar untuk dapat selalu membantu mengembangkan UMKM yang ada di setiap area, dan bertekad untuk selalu ada dan selalu bisa kapan pun jika dibutuhkan. Selain itu, tim RGX juga berharap untuk dapat memberikan dampak sosial kepada seluruh pelaku bisnis lokal, agar mereka dapat terus membuka peluang baru dan mendapatkan lebih bersama dengan Tokopedia.

Kedepannya, tim RGX akan terus membangun UMKM melalui berbagai program, inisiatif, serta arahan dan edukasi melalui webinar, sehingga Tokopedia dapat selangkah lebih dekat untuk mencapai misi pemerataan ekonomi secara digital di seluruh Indonesia. 

TAGS
Share
Amalia RizqytaAmalia Rizqyta

Related Articles

Evoware: Produksi Gelas yang Bisa Dimakan untuk Mengurangi Sampah Plastik
Behind The Scene
Evoware: Produksi Gelas yang Bisa Dimakan untuk Mengurangi Sampah Plastik
© 2009-2023, PT Tokopedia