• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Cara Memperbaiki Internet Lemot di HP Kamu

03 April 2024

Share

10 Cara Memperbaiki Internet Lemot di HP Kamu

Internet lemot memang menjengkelkan, apalagi kalau sedang seru-seru-nya browsing. Tapi, jangan khawatir, Toppers, kamu bisa memperbaiki internet lemot dengan cara ini.


Toppers pernah nggak sih mengalami koneksi internet berubah menjadi lemot saat sedang berada di tengah-tengah kemacetan, atau dalam suatu ruangan?

Kalau iya, ternyata hal ini terjadi karena banyak faktor. Selain karena operator penyedia jaringan internet mengalami masalah, ternyata internet lemot juga dapat disebabkan oleh cuaca, lokasi, dan performa handphone yang mulai menurun.

Baca Juga: Cek Harga Pulsa Telkomsel Lengkap & Terbaru, Turun Harga!

Kamu nggak mau dong, aktivitas menggunakan internet jadi terganggu karena masalah ini? Jangan khawatir, Toppers, kamu bisa simak solusinya di artikel berikut ini!

Cara Mengatasi Internet Lemot di HP

Internet yang lelet dan banyak buffering saat kita beraktivitas di hp memang sangat mengganggu dan nggak jarang bikin emosi. Nah, untuk mengantisipasinya, cek beberapa cara mengatasi internet lemot di hp berikut ini, yuk!

1. Nyalakan Ulang Ponsel

Cara ini mungkin terdengar sederhana, tetapi berpengaruh pada performa internet kamu. Biasanya, ketika sudah terlalu lama menyala dan digunakan, ponsel akan memproses banyak hal lebih berat. Hal ini ternyata dapat mempengaruhi koneksi internet, lho.

Bagi pengguna iPhone 8 atau versi yang lebih lama, kamu dapat tekan tombol di samping kanan selama beberapa detik hingga muncul tulisan “Slide to Power Off” di layar.

Sementara, untuk pengguna iPhone X, kamu harus tekan dan tahan tombol di samping kanan bersamaan dengan salah satu tombol volume. Kemudian, nyalakan kembali setelah beberapa saat.

Sedangkan, bagi pengguna android, cukup tekan tombol power sampai muncul beberapa opsi. Selanjutnya pilih “Restart”. Nyalakan kembali hape kamu setelah beberapa saat.

BACA JUGA: CARA CEK KUOTA INTERNET UNTUK SELURUH PROVIDER INTERNET

2. Pindah Lokasi

Selain karena cuaca, alasan utama internet lemot bisa juga disebabkan oleh lokasi. Misalnya, kamu berada di dalam gedung, di dalam basement atau di dataran tinggi seperti pegunungan, lokasi-lokasi seperti ini dapat menurunkan koneksi internetmu.

Sebab, jaringan internet tidak dapat menjangkau lokasimu yang cukup sulit ditembus. Maka, yang dapat kamu lakukan adalah berpindah ke tempat yang tidak banyak terdapat halangan, agar dapat menikmati koneksi internet yang lebih lancar.

3. Nonaktifkan dan Update Aplikasi

Nonaktifkan penggunaan beberapa aplikasi yang berat atau yang lebih optimal kinerjanya jika menggunakan WiFi.

Sebab, terkadang aplikasi masih “menyedot” data walaupun sedang tidak digunakan sehingga memberatkan kinerja secara keseluruhan.

Aplikasi-aplikasi yang belum di-update juga dapat membuat ponselmu jadi lebih keras bekerja sehingga mempengaruhi koneksi internet.

Bagi pengguna iPhone, kamu dapat memperbaikinya dengan mengunjungi Pengaturan > Seluler, lalu nonaktifkan akses aplikasi ke jaringan data seluler mu.

Bagi pengguna Android, kamu bisa melakukan hal ini: Pengaturan > Jaringan & Internet > Jaringan seluler > Penggunaan data. Klik pada aplikasi yang tidak kamu inginkan menggunakan data ketika sedang tidak digunakan.

4. Putus Koneksi VPN

Meskipun sering menjadi alternatif untuk mempercepat koneksi internet, terkadang VPN malah memperlambat koneksi, apalagi ketika menggunakan mobile data dan bukan WiFi.

Jika kamu menggunakan VPN, kamu hanya perlu memutus koneksi selama beberapa saat, lalu sambungkan ulang. Biasanya akan langsung terlihat perubahan pada koneksi internet kamu.

5. Cek Pemutusan Jaringan

Terkadang, internet lemot di HP disebabkan oleh pemutusan koneksi dari penyedia jaringan internet yang kamu gunakan.

Coba periksa dengan mengecek sosial media seperti TwitterFacebook. Biasanya, perusahaan provider internet mengumumkan hal ini kepada pelanggannya melalui akun sosial media resimnya.

Namun, karena kamu tidak dapat tersambung ke internet, coba sambungkan ke jaringan WiFi terlebih dahulu.

6. Reset Pengaturan Jaringan

Dengan mereset setting jaringan, kamu bisa memperbaiki koneksi internet yang lambat. Setelah reset, daftar koneksi Wi-Fi dan Bluetooth akan hilang dari ponselmu. Kembali masukkan dan sambung ke koneksi yang memang kamu perlukan.

7. Keluarkan Kartu SIM

Kamu juga bisa coba mengeluarkan kartu SIM dari ponselmu dan memasukkannya kembali.

Tempat penyimpanan kartu SIM berbeda di setiap perangkat. Jika kamu menggunakan iPhone, slot kartu SIM terletak di bagian kanan ponsel di bawah tombol samping.

Jika kamu menggunakan Android, kartu SIM dapat terletak di samping, atas, atau mungkin di balik penutup belakang kalau batre ponselmu dapat dilepas. Beberapa perangkat memerlukan alat kecil seperti peniti untuk membuka slot kartu SIM.

8. Hapus Cache

Jika kamu memiliki banyak aplikasi dan sering menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, ada kemungkinan terdapat penumpukan cache yang dapat mempengaruhi kecepatan internet.

Cache yang menumpuk menjadi beban dan performa ponselmu menjadi berat. Bersihkan cache secara rutin, minimal seminggu satu kali untuk menjaga performa ponselmu tetap baik dan koneksi internetpun akan lebih lancar.

9. Hapus Aplikasi Tidak Penting

Meskipun jarang kamu gunakan, terkadang beberapa aplikasi masih memberatkan ponselmu.

Terutama, jika perangkat yang kamu gunakan memiliki prosesor lambat atau RAM yang kecil.

Hapus aplikasi-aplikasi yang kurang penting dan tidak pernah kamu lakukan, agar memperlancar performa ponselmu.

10. Hubungi Provider Internet

Kalau permasalahan ini sudah berlangsung cukup lama, kamu dapat meminta saran dan solusi kepada operator penyedia jaringan internet-mu.

Jika ternyata kamu tidak diberikan solusi atas permasalahan ini, mungkin sudah saatnya kamu pindah ke provider lain yang sudah lebih terjamin kecepatan koneksi internetnya.

BACA JUGA: 12 MEREK ROUTER WIFI TERBAIK YANG BISA BIKIN KONSEKSI INTERNET NGEBUT

Nah, itu dia beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar internet di ponselmu menjadi lebih cepat.

Selain untuk ponsel, kamu juga dapat mengaplikasikan beberapa langkah di atas untuk perangkatmu yang lain.

Share

Olga LaurenzaOlga Laurenza

Related Articles

10 Helm KYT Terbaik & Terbaru Berbagai Model
Top List
10 Helm KYT Terbaik & Terbaru Berbagai Model
© 2009-2024, PT Tokopedia