10 Petunjuk Dasar Ragnarok Mobile Eternal Love bagi Pemula

36
ragnarok mobile guide, petunjuk dasar ragnarok mobile

Ragnarok Mobile: Eternal Love jadi salah satu game yang digandrungi anak muda saat ini. Bagi pemula, yuk simak petunjuk dasar Ragnarok Mobile berikut ini!


Ragnarok Mobile Guide – Massively Multiplayer Online Roleplaying Game (MMORPG) bisa dikatakan salah satu genre gim yang selalu jadi pilihan banyak gamers. Ragnarok, Seal, Dragon Nest, dan masih banyak lagi permainan berjenis MMORPG yang telah berjaya di warnet-warnet.

Kini, dari daftar permainan tersebut sudah banyak yang memiliki versi mobile-nya, salah satunya adalah Ragnarok. Sekarang kamu sudah bisa menemukan Ragnarok di Play Store dengan nama Ragnarok M: Eternal Love.

Sebelum kamu meng-install game ini di handphone, sebaiknya kamu mengetahui beberapa hal dasar yang perlu kamu lakukan sebagai pemula di gim ini. Simak selengkapnya!

Baca Juga: 15 Rekomendasi Game MMORPG Android Terbaik dan Terpopuler

Petunjuk Dasar Ragnarok Mobile

1. Menentukan Job

ragnarok mobile guide, petunjuk dasar ragnarok mobile
Sumber Gambar: Ragnarok Eternal Love

Selayaknya gim MMORPG pada umumnya, sebelum memulai permainan kamu perlu memilih job untuk karaktermu. Dalam Ragnarok M: Eternal Love, kamu dapat memilih enam job yang sekiranya sesuai dengan gaya permainanmu.

Keenam job tersebut, yaitu:

  • Swordman
  • Thief
  • Archer
  • Mage
  • Acolyte
  • Merchant

Kemudian, jika kamu ingin mengganti job, kamu perlu mencapai level 10 dengan cara leveling terlebih dulu. Caranya mudah, yakni lakukan auto-attack kepada monster di sekitar.

2. Menyelesaikan Quest

ragnarok mobile guide
Sumber Gambar: Ragna Mobile Guide

Ragnarok M: Eternal Love memiliki banyak quest yang dapat kamu selesaikan, mulai dari yang sepele, hingga yang sulit. Ketika kamu pertama kali main, kerjakan lah quest yang bertanda merah, karena ini merupakan quest utama.

Kamu pun dapat melakukan quest monster wave jika staminamu mencapai angka 100, setelah grinding level. Selain itu kamu dapat melakukan quest yang ada di adventure book.

3. Bergabung dengan Guild

ragnarok mobile guide
Sumber Gambar: GamingPH

Segera bergabung dengan guild. Guild sangat penting dalam gim ini, jika tidak ada guild kamu akan kesulitan menyelesaikan permainan. Dari guild kamu akan mengerjakan quest dan hunting dengan anggota guild, dan masih banyak aktivitas lain yang bisa kamu lakukan.

Kamu pun dapat membuat guild-mu sendiri, namun kamu perlu mencapai level 20 dulu untuk melakukannya.

4. Bergabung dengan Party

petunjuk dasar ragnarok mobile
Sumber Gambar: Level Winner

Bergabung lah dalam party dan berteman dengan banyak player lain. Dalam sebuah party kamu akan cepat untuk nik level karena ada fitur sharing level. Lakukan quest-quest yang sulit bersama party.

Kamu pun dapat membuat party bersama teman-temanmu agar kamu lebih mudah berkoordinasi mengenai pilihan job dalam party.

5. Terapkan Job Class Pertama di Level 10

petunjuk dasar ragnarok mobile
Sumber Gambar: Level Winner

Pemilihan job yang kamu pilih pada saat awal permainan baru akan dimulai pada saat kamu mencapai level 10. Kamu akan diinstruksikan untuk pergi ke Prontera dan ikuti penanda di map, hingga kamu mencapai Adventurer’s League HQ.

Di sana kamu akan bertemu dengan mentor Adventure’s Guilds, Higgy Eez, dan karakter lain yang mewakili masing-masing kelas. Setelah kamu memutuskan job barumu, kamu akan dikirim ke combat test. Setelah itu akan ada ceremony perubahan job.

jual smartphone gaming
Butuh smartphone gaming berperforma maksimal dan dapat diandalkan? Temukan dengan harga termurah di sini!

Baca Juga: 20 Rekomendasi Game Perang Android Terbaik yang Seru untuk Dimainkan

6. Hunting Wormtail

Ketika kamu sudah mencapai level 18, lakukan auto-hunt Wormtail yang berlokasi di Prontera North Field. Wormtail merupakan monster yang terbilang lemah, namun dapat memberikan kamu exp yang lumayan, 220 base exp dan 148 job exp.

7. Lakukan Misi Rift Riving dan Pet Adventure Book

Misi rift riving ini adalah misi yang hanya bisa kamu lakukan lima kali dalam sehari. Jadi, kamu masih dapat melakukan misi tersebut dikemudian hari.

Setelah melakukan misi rift riving, lakukan lah misi pet untuk mendapatkan pet adventure book yang bisa memberikan kamu base dan job exp. Selagi menunggu pet adventure book, pergilah ke quest board untuk melakukan misi lainnya.

8. Kunjungi Monster Watcher

Berikutnya, jika kamu ingin menaikan level dan exp-mu dengan cepat, kamu bisa mendatangi monster watcher setiap hari. Monster watcher akan memberi tahumu lokasi quest yang akan memberikanmu exp 10 kali lipat.

Namun, quest dari monster watcher ini tetap ada batasannya, kamu hanya bisa mengunjungi lokasi tersebut sebanyak dua kali sehari.

9. Cek Adventure Book

Ragnarok M: Eternal Love juga memberimu fitur bernama Adventure Book. Buku ini berisikan kegiatan yang kamu lakukan selama petualangan. Monster-monster yang kamu lawan, pet, headgear, serta achievement yang kamu dapat akan tercatat dalam buku ini.

Kamu dapat menambahkan achievement-mu sendiri secara manual ke dalam buku ini. Kemudian, kamu bisa mendapatkan adventure experience dan coin eden.

10. Kunjungi Mission Boards

Dalam petualanganmu, banyak mission boards yang tersebar di kota. Kunjungi mission boards tersebut untuk mendapatkan misi-misi yang kan memberikanmu banyak Zeny dan exp.

Setelah menyelesaikan quest, pastikan kamu kembali ke mission boards untuk mengambil reward dari quest tersebut.

Baca Juga: Pacu Adrenalin dengan 25 Game Balap Mobil Terbaik Android

Sudah paham kan apa saja yang perlu kamu lakukan untuk bermain Ragnarok M: Eternal Love? Semakin sering kamu main, pasti kamu akan menemukan celah-celah apa saja yang harus kamu lakukan agar level permainanmu cepat naik.

Nah, untuk menunjang aktivitas mobile gaming di smartphone, kamu dapat melakukan in-game purchase. Jadi, ayo dapatkan voucher game dengan penawaran terbaik hanya di Tokopedia!

jual perlengkapan gaming
Temukan berbagai perlengkapan gaming terbaikmu dengan harga terbaik di sini!

Bagikan Artikel