Fahma Mahardini: Hobi yang Ditekuni Bisa Jadi Sumber Penghasilan Utama

369
Kisah sukses penjual online yang berhasil mengubah hobi jadi peluang usaha dan sumber penghasilan utama

Siapa bilang hobi itu cuma keisengan yang menghabiskan uang? Untuk menggeluti hobi yang kita sukai, tidak selamanya harus mengeluarkan isi dompet. Tidak sedikit orang yang sudah membuktikan bahwa hobi justru bisa kita jadikan sebagai salah satu peluang untuk mempertebal isi dompet, salah satunya Fahma Mahardini. Perempuan berusia 23 tahun ini berhasil menjadikan hobinya di bidang kerajinan flanel sebagai sumber penghasilan utamanya.

Fahma yang sejak SMA memang sudah hobi untuk membuat kerajinan tangan dari flanel mulai menjajakkan hasil buatan tangannya ke teman-temannya dan mendapatkan respon yang cukup baik. Namun dari situ ia tidak langsung fokus pada bisnis kerajinan dan bekerja sebagai Sales Promotion Girl (SPG) counter setelah lulus dari bangku SMA.

Selama bekerja, ia pun mulai merasa harus mencari cara lain untuk mengubah hidupnya, dengan tidak hanya bergantung pada pekerjaannya sebagai SPG. Dan dari sini lah awal mula perjalanan Fahma dalam mengubah hidupnya dan juga keluarga. Di sela-sela kesibukannya bekerja, ia kembali menekuni hobinya untuk membuat kerajinan tangan berbahan flanel, seperti gantungan kunci, tempat tisu, toples, dan banyak aksesoris unik lainnya.

Kisah sukses penjual online yang berhasil mengubah hobi jadi peluang usaha dan sumber penghasilan utama

Kisah sukses penjual online yang berhasil mengubah hobi jadi peluang usaha dan sumber penghasilan utama

Kemudian perempuan yang selalu tekun dalam menjalankan usahanya ini memasarkan hasil produksinya lewat ranah online, khususnya di Tokopedia pada Maret 2013 dengan brand Wi-Ka Souvenir Flanel, dan langsung mendapatkan pesanan pertama berupa gantungan kunci sebanyak 200 buah. Dari situ, ia semakin termotivasi untuk serius dalam bisnisnya, pesanan pun terus menerus datang.

“Dari situ muncul masalah, apakah saya bisa memenuhi orderan yang begitu banyak? Lalu setelah berpikir panjang, saya akhirnya berhenti dari pekerjaan sebagai SPG counter dan fokus menjalankan usaha ini”, ujarnya.

Namun pilihannya untuk fokus ke bisnis flanel justru mendapat cibiran dari lingkungan sekitar yang meragukan bisnisnya ini.

“Saya masih ingat, dulu ibu-ibu sekitar sini banyak yang meremehkan bisnis ini. Mereka bilang apa bisa cuma bisnis flanel aja buat mencukupi kebutuhan hidup? Tapi sekarang saya bisa membuktikan bisnis ini bisa menjadi sumber penghasilan utama. Saya dan keluarga pun bisa hidup dari bisnis ini”

Kisah sukses penjual online yang berhasil mengubah hobi jadi peluang usaha dan sumber penghasilan utama

Namun semangat Fahma tidak sampai disitu. Masih begitu banyak harapan yang ingin ia lakukan untuk mengembangkan usahanya dan juga menciptakan peluang di lingkungan sekitarnya, salah satunya dengan mengajak anak-anak dan ibu-ibu di lingkungannya untuk bisa berkreasi dan menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk diri mereka.

“Daripada ibu-ibu di rumah nggak ada kerjaan, lebih baik berkreasi dengan kerajinan tangan. Selain untuk mengisi waktu, kegiatan ini juga bisa mereka jadikan sebagai peluang untuk mendapat uang tambahan”, jelasnya.

Fahma menjadi salah satu sosok anak muda yang sudah membuktikan bahwa “keisengan” yang ditekuni ditambah dengan inovasi dan kesabaran, bisa menjadi jalan untuk mengubah hidupnya jadi lebih baik.

“Kita harus pintar melihat peluang yang ada. Kalau ada hobi, harus dikembangkan, siapa tahu dari hobi itu bisa jadi peluang usaha. Dan yang terpenting, kita harus mengerjakannya dengan tekun dan dari hati”

 

Toppers juga  yang memiliki kisah unik dan menarik selama berjualan di Tokopedia ataupun dalam perjalanan membangun bisnis kamu? Yuk bagikan kisahmu untuk menginspirasi seller-seller lain di Tokopedia. Caranya, daftarkan kisahmu melalui halaman Kisah Penjual sekarang juga! :D

Bagikan Artikel