Fahrudin, Mantan Cleaning Service yang Berhasil Menciptakan Peluang dengan Jualan Mainan via Online

316
Fahrudin, Mantan Cleaning Service yang Berhasil Menciptakan Peluang dengan Jualan Mainan via Online

“Apapun latar belakang keluarga kita, apapun latar belakang pendidikan kita, saya percaya masing-masing orang punya paket kesuksesannya masing-masing”

Kalimat itulah yang selalu menjadi pengingat dan motivasi bagi Fahrudin untuk berani mengubah mimpinya menjadi peluang yang bisa membuat hidupnya dan keluarga jadi lebih baik.

Fahrudin adalah seorang mantan cleaning service yang sudah berhasil menciptakan peluangnya sendiri dengan berjualan mainan lewat toko online-nya, Juragan Mainan. Bekerja lebih dari 5 tahun sebagai cleaning service tidak mampu mencukupi kebutuhan keluarganya, terlebih lagi karena kebutuhan yang semakin meningkat setelah bekeluarga. Dititik inilah ia berpikir bahwa ia harus mengambil langkah dan mencari cara untuk menambah penghasilannya.

“Saat itu saya pikir, saya nggak bisa terus-terusan begini dengan hanya mengandalkan penghasilan bulanan sebagai cleaning service”, kenangnya.

Pria berumur 28 tahun ini kemudian coba memutar otak untuk mencari pekerjaan tambahan yang bisa dengan mudah ia lakukan di sela bekerja selama 10 hingga 12 jam setiap harinya. Ia mengaku satu-satunya pekerjaan sampingan yang mungkin untuk ia kerjakan saat itu adalah bisnis online.

“Kerja dari pagi sampai malam, sulit bagi saya untuk mencari pekerjaan sampingan lain. Tapi saya dulu pernah dengar tentang internet marketing, bisa dapat penghasilan lewat internet. Awalnya sih bingung, tapi saya terus cari tahu apa itu internet marketing”, ujar Fahrudin.

Hobi membacanya lah yang mengenalkan bapak dari satu anak ini pada internet marketing dan bisnis online lebih dekat.

“Kebetulan dulu saya sering numpang baca di toko buku. Suatu hari saya baca buku tentang internet marketing dan salah satu bahasannya adalah tentang Tokopedia. Dari situ saya pelajari dan akhirnya coba buka toko di Tokopedia”, jelasnya.

Fahrudin memilih berjualan mainan karena harganya yang relatif murah dan tidak perlu modal besar. Di samping itu, ia juga melihat belum ada toko yang fokus menjual mainan di Tokopedia. Dari situlah ia tahu bahwa ia bisa menciptakan peluang dari mainan.

Fahrudin, Mantan Cleaning Service yang Berhasil Menciptakan Peluang dengan Jualan Mainan via Online

Setelah berjalan 1 tahun, penghasilan Fahrudin dari jualan online ternyata lebih besar gajinya sebagai cleaning service. Ia pun kemudian memutuskan untuk resign dan fokus mengelola toko online-nya, Juragan Mainan.

“Saya diskusi sama istri, dia juga bilang mending fokus ke jualan online aja. Dan saya rasa keputusan yang dulu saya ambil tidaklah salah, penghasilan saya sekarang bahkan bisa 5 sampai 10 kali lipat dari gaji saya dulu,” tuturnya.

Seiring berjalannya waktu, Fahrudin semakin optimis bahwa bisnis online akan punya masa depan yang cerah, terlebih lagi saat ia mendapat pesanan yang harganya tergolong sangat murah.

“Uniknya saya pernah mendapat orderan yang harganya Rp 450,-, ongkirnya saja lebih mahal. Tapi saya malah senang, dari situ saya lihat bahwa masyarakat Indonesia semakin terbiasa belanja online, bahkan produk yang harganya murah saja dibeli lewat online”, ucapnya dengan optimis.

Fahrudin, Mantan Cleaning Service yang Berhasil Menciptakan Peluang dengan Jualan Mainan via Online

Bagi Fahrudin, pencapaian yang sesungguhnya bukan hanya tentang materi, tapi tentang keberaniannya untuk mengembangkan diri dan mewujudkan mimpinya.

“Pencapaian bagi saya adalah tentang bagaimana saya bisa menciptakan peluang bagi diri saya sendiri, tentang bagaimana saya bisa mengubah hidup keluarga saja jadi lebih baik, bahkan membantu teman-teman saya juga punya latar belakang sama seperti saya, dengan menciptakan lapangan pekerjaan untuk mereka,” tutup Fahrudin.

Kisah Fahrudin menjadi salah satu bukti bahwa siapa saja bisa menciptakan peluang, tidak peduli apapun latar belakang keluarga dan pendidikannya.

Toppers juga  yang memiliki kisah unik dan menarik selama berjualan di Tokopedia ataupun dalam perjalanan membangun bisnis kamu? Yuk bagikan kisahmu untuk menginspirasi seller-seller lain di Tokopedia. Caranya, daftarkan kisahmu melalui halaman Kisah Penjual sekarang juga! :D

Kisah Penjual Tokopedia

Bagikan Artikel