• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Fakta Unik Anjing Chow Chow, Berbulu Lebat Mirip Beruang!

07 June 2024

Share

10 Fakta Unik Anjing Chow Chow, Berbulu Lebat Mirip Beruang!

Anjing chow chow berasal dari Tiongkok yang kini banyak jadi perbincangan. Ini dia fakta unik anjing chow chow yang perlu kamu ketahui.


Anjing chow chow adalah salah satu ras anjing tertua di dunia, dikenal dengan bulunya yang tebal dan wajahnya yang mirip beruang.

Selain penampilan yang unik, chow chow memiliki karakteristik dan kepribadian yang menarik. Chow chow berasal dari Tiongkok kuno dan diyakini sudah ada selama lebih dari 2.000 tahun.

Anjing chow chow awalnya digunakan sebagai anjing penjaga, anjing pemburu, dan bahkan anjing pekerja di berbagai pekerjaan. Dengan sejarah yang kaya dan panjang, chow chow telah menjadi salah satu ras anjing yang paling dihormati dan dikenal di dunia.

Bagi kamu yang tertarik dengan anjing chow chow, simak fakta uniknya berikut ini yuk!

Baca juga: Nama Anjing yang Bagus Beserta Artinya, Bisa Jadi Inspirasi!

Asal Usul anjing Chow Chow

asal usul anjing chow chow

Sumber gambar: Canva

Chow chow pertama kali muncul dalam catatan sejarah Tiongkok kuno dan sering digambarkan dalam seni dan literatur Tiongkok. Mereka dihargai oleh bangsawan dan digunakan untuk berbagai tujuan seperti berburu dan menjaga kuil-kuil suci.

Pada abad ke-19, chow chow mulai diperkenalkan ke Eropa dan Amerika, di mana mereka dengan cepat mendapatkan popularitas karena penampilan unik dan sifat mereka yang berbeda. Ratu Victoria dari Inggris adalah salah satu tokoh terkenal yang memiliki Chow chow, yang semakin meningkatkan popularitas ras ini di Eropa.

10 Fakta Unik Anjing Chow Chow

Anjing chow chow memiliki tubuh yang unik dengan ukuran yang besar dan bulu yang tebal. Namun, keunikannya tidak hanya pada tubuhnya lho! Lalu apa saja? Ini dia fakta unik anjing chow chow.

1. Keunikan Lidah Chow Chow

keunikan lidah chow chow

Sumber gambar: Canva

Salah satu ciri paling unik dari chow chow adalah lidahnya yang berwarna biru-hitam. Lidah berwarna ini adalah karakteristik yang sangat langka dan hanya ditemukan pada beberapa ras anjing lain, seperti Shar Pei.

2. Bulu yang Lebat dan Indah

bulu lebat yang indah

Sumber gambar: Canva

Chow chow memiliki dua jenis bulu, yaitu bulu halus dan bulu kasar. Bulu mereka yang lebat dan tebal membutuhkan perawatan yang intensif untuk mencegah kusut dan menjaga kesehatan kulit. Warna bulu anjing chow chow bervariasi, termasuk merah, hitam, biru, fawn, dan krem.

3. Mandiri dan Introvert

mandiri dan introvert

Sumber gambar: Canva

Chow chow dikenal sebagai anjing yang mandiri dan introvert. Mereka cenderung tidak terlalu membutuhkan perhatian terus-menerus dari pemiliknya dan dapat menghabiskan waktu sendirian tanpa merasa cemas. Meskipun demikian, mereka sangat setia dan protektif terhadap keluarga mereka.

4. Wajah yang Mirip Beruang

wajah yang mirip beruang

Sumber gambar: Canva

Dengan bulu yang mengelilingi wajah mereka seperti surai, chow chow sering kali digambarkan memiliki wajah yang mirip dengan beruan. Penampilan ini menambah daya tarik dan keunikan mereka sebagai salah satu ras anjing yang paling dikenal di dunia.

5. Sejarah sebagai Anjing Penjaga

sejarah sebagai anjing penjaga

Sumber gambar: Canva

Di masa lalu, chow chow sering digunakan sebagai anjing penjaga di Tiongkok karena naluri protektif dan keberanian mereka. Mereka juga digunakan untuk berburu dan menjaga kuil-kuil, menjadikan mereka anjing yang serba guna dan dihormati dalam masyarakat Tiongkok kuno.

6. Kebutuhan Latihan yang Spesifik

kebutuhan latihan spesifik

Sumber gambar: Canva

Meskipun terlihat tenang dan penyendiri, chow chow membutuhkan latihan yang teratur untuk menjaga kesehatan fisik dan mental mereka. Jalan-jalan harian dan waktu bermain yang cukup penting untuk menjaga kebugaran mereka.

7. Kecenderungan Terhadap Beberapa Masalah Kesehatan

kecenderungan terhadap beberapa masalah kesehatan

Sumber gambar: Canva

Chow chow rentan terhadap beberapa masalah kesehatan, termasuk displasia pinggul, masalah mata, dan alergi kulit. Penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan menjaga gaya hidup yang sehat untuk mencegah dan mengelola masalah ini.

8. Kebiasaan Makanan yang Sehat

kebaisaan makanan yang sehat

Sumber gambar: Canva

Pola makan yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan chow chow. Memberikan makanan berkualitas tinggi yang kaya akan nutrisi, protein, dan vitamin membantu menjaga kesehatan mereka dan mencegah obesitas serta masalah pencernaan.

9. Perawatan Bulu yang Intensif

perawatan bulu yang intensif

Sumber gambar: Canva

Bulu tebal chow chow membutuhkan perawatan yang rutin dan intensif. Menyikat bulu mereka secara teratur membantu mencegah kusut dan menjaga kesehatan kulit. Selain itu, mandi dan perawatan tambahan seperti pemotongan kuku dan pembersihan telinga juga penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mereka.

10. Ketahanan Terhadap Cuaca Dingin

ketahanan terhadap cuaca dingin

Sumber gambar: Canva

Chow chow memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap cuaca dingin karena bulu mereka yang tebal dan lebat. Mereka dapat bertahan dalam suhu dingin dengan baik, tetapi perlu diawasi saat cuaca panas karena mereka rentan terhadap panas berlebih.

Tips Merawat Anjing Chow Chow

tips merawat anjing chow chow

Anjing chow chow perlu mendapatkan perhatian yang intensif dan perawatan yang tepat. Mengingat, chow chow memiliki bulu tebal dan anjing yang penyendiri. Ini dia tips merawat anjing chow chow.

1. Aktivtias Harian yang Tepat

Chow chow membutuhkan aktivitas harian yang cukup untuk menjaga mereka tetap sehat dan bahagia. Jalan-jalan harian dan waktu bermain yang cukup penting untuk menjaga kebugaran mereka. Aktivitas fisik juga membantu mencegah kebosanan dan perilaku yang merusak.

2. Tempat Tinggal yang Ideal

Lingkungan tempat tinggal yang sesuai sangat penting untuk chow chow. Mereka membutuhkan ruang yang cukup untuk bergerak dan bermain. Meskipun mereka bisa tinggal di apartemen, akses ke area luar yang aman dan luas sangat dianjurkan.

3. Diet yang Tepat

Memberikan chow chow diet yang seimbang dan berkualitas tinggi sangat penting untuk kesehatan mereka. Makanan yang kaya protein, serat, dan vitamin membantu menjaga kesehatan mereka dan memberikan energi yang cukup untuk aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Fakta Unik Anjing Doberman dan Tips Merawatnya

Itulah 10 fakta unik anjing chow chow yang bisa jadi referensi kamu. Semoga ulasan di atas bisa membuat kamu lebih mengenal ras anjing yang satu ini ya!

Jangan lupa beli kebutuhan anjing mu, seperti makanan anjing, vitamin anjing, dan susu anjing di Tokopedia. Dapatkan berbagai promo menarik, cashback, hingga bebas ongkir sekarang! Tunggu apa lagi? Belanja di Tokopedia sekarang!

Penulis: Nada Karisma

Share

Nada Karisma OktaviaNada Karisma Oktavia

Related Articles

10 Fakta Unik Kucing Caracal, Keistimewaan Kucing Asal Afrika
Perawatan Hewan
10 Fakta Unik Kucing Caracal, Keistimewaan Kucing Asal Afrika
© 2009-2024, PT Tokopedia