Simak Fakta Unik Tentang BLINK! Kamu Salah Satunya?

0
343
BLINK

Apa arti BLINK? Apakah Indonesia memiliki jumlah BLINK terbanyak se dunia? Penasaran? Yuk simak profil dan fakta unik tentang BLINK!


Fakta tentang BLINK – Dalam dunia entertainment, sebuah grup sampai seorang idol pasti memiliki fans dan juga fanbase yang berperan penting dalam karirnya. Sama halnya dalam dunia K-Pop, sebuah grup boyband atau girlband memiliki fandom yang mendukungnya dengan nama juga ciri khas uniknya masing – masing.

Bagi para penggemar girlband BLACKPINK (블랙핑크) yang berisikan Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rose, kamu sudah pasti mengetahui dan termasuk menjadi seorang BLINK. Sebagai fanbase yang memberikan support dan dukungan kepada BLACKPINK, nama fanbase, BLINK, pun dibuat dari gabungan nama BLACK dan PINK. 

Nah, bagi kamu yang masih tergolong fans baru, pasti bingung dan belum mengetahui fakta – fakta unik dan menarik seputar BLINK, seperti kapan fandom BLACKPINK resmi dibentuk, siapa yang memberikan namanya, dan lain sebagainya.

Untuk itu, kamu bisa membaca artikel ini, karena kita akan mengulas profil BLINK dan fakta – fakta menarik yang berkaitan dengan fanbase BLACKPINK ini. Yuk, kita bahas satu – persatu.

BACA JUGA: Yuk, Simak Biodata Lengkap Personil BLACKPINK: Cantik & Bertalenta!

Profil BLINK BLACKPINK

  • Nama Fanbase: BLINK
  • Debut: 14 Januari 2017
  • Warna Fandom: Hitam dan Pink (Unofficial)
  • Fandom Lightstick: Pyong Bong
  • Yel – Yel Resmi: Blackpink in Your Area
  • Arti BLINK: BLINK merupakan penggabungan dari nama girlband K-Pop, BLACKPINK, yang disingkat menjadi BLINK. BLACKPINK sendiri merupakan dua buah warna yang berartikan feminim namun tetap fierce atau sangar.
Banner WIB January
Promo Waktu Indonesia Belanja di Akhir Bulan! Raih promo gede-gedean, ada Kejar Diskon, Cashback, Bebas Ongkir dan promo spesial lainnya!

Fakta – Fakta Menarik Seputar BLACKPINK BLINK

Fakta - Fakta Menarik Seputar BLACKPINK BLINK
Sumber: Pinterest

Sebagai salah satu fandom girlband populer di dunia, BLINK juga memiliki banyak cerita dan fakta menarik. Jika kamu termasuk kedalam fandom BLACKPINK tersebut, kamu wajib tahu fakta – fakta menarik berikut ini!

1. Debut Lima Bulan Setelah BLACKPINK

Debut Lima Bulan Setelah BLACKPINK
Sumber: Soompi

Bagi fans yang telah support dan mendukung BLACKPINK dari sebelum debut resminya, pasti sudah melalui berbagai perubahan nama tidak resmi untuk fandom girlband satu ini. Hingga pada 5 bulan debutnya, akhirnya BLACKPINK meresmikan nama fanbase miliknya melalui Instagram resminya.

Pada tanggal 14 Januari 2017, akun resmi BLACKPINK merilis unggahan BLINK dengan tulisan berwarna merah muda dan latar hitam. Banyak fans bertanya – tanya mengenai nama tersebut yang akhirnya dijelaskan dan diklarifikasi oleh Jennie melalui postingan lanjutan.

Tiga hari setelah unggahan tersebut, tepatnya pada tanggal 17 Januari 2017, Jennie mengunggah foto dengan caption yang menyatakan bahwa BLINK merupakan orang yang paling disukainya dan merupakan pendukung atau nama dari fanbase resmi BLACKPINK.

2. Satu Nama Berjuta Makna

Salah satu penderitaan yang dimiliki BLINK saat ini, adalah belum munculnya warna fandom resmi dari pihak YG dan BLACKPINK. Namun, nama yang dimiliki girlband satu ini pun sudah tergolong sebagai warna yang akhirnya digunakan oleh para BLINK.

Tidak hanya itu, warna hitam dan merah muda juga banyak digunakan dalam merchandise dan konsep – konsep seputar BLACKPINK ini, seperti musik video, album – album, logo dan lain sebagainya yang membuat BLINK mengadaptasi warna hitam dan merah muda sebagai warna fandom.

BACA JUGA: Lirik Lagu BTS “Not Today” dan Makna MV-nya yang Bikin Semangat!

3. Indonesia Menempati Urutan Pertama yang Paling Sering Nonton BLACKPINK

Indonesia Menempati Urutan Pertama yang Paling Sering Nonton BLACKPINK
Sumber: Rojakdaily

Popularitas BLACKPINK yang meningkat ini tentu juga berartikan semakin banyaknya jumlah BLINK di seluruh dunia. Pada tahun 2019 lalu, terdapat data 10 negara yang paling banyak menonton BLACKPINK melalui YouTube di seluruh dunia, dan Indonesia menempati peringkat pertama.

BLINK Indonesia menonton performa Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rose tersebut sebanyak 48,6 juta kali penayangan! Yang disusul oleh Thailand dengan 40,5 juta penayangan dan Filipina dengan 33,6 juta kali.

4. BLINK Indonesia Kompak Menyewa Billboard untuk Merayakan Ulang Tahun ke-4

BLINK Indonesia Kompak Menyewa Billboard untuk Merayakan Ulang Tahun ke-4
Sumber: Instagram – BLINKOfficialIndonesia

Genap 4 tahun pada 8 Agustus 2020 lalu, BLINK Indonesia punya ide yang kreatif untuk merayakan hari jadi girlband favoritnya tersebut. Tidak tanggung – tanggung, BLINK Indonesia melalui BLINK Official Indonesia di Instagram menyewa tiga billboard sekaligus untuk mengucapkan ucapan ulang tahun kepada idolanya.

Video kejutan manis tersebut ditempatkan pada tiga titik papan billboard Jakarta, yaitu di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Plaza Atrium Senen, Jakarta Pusat, dan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Selain itu, BLINK Indonesia juga giat melakukan penggalangan dana untuk orang – orang yang membutuhkan. Seperti penggalangan dana untuk korban bencana alam di Barabai, Kalimantan dan Mamuju, Sulawesi, yang baru – baru ini diselenggarakan.

5. Sempat Bertengkar dengan ARMY Perihal “Kill This Love”

Siapa sangka, album “Kill This Love” yang sukses memecahkan rekor 56,7 juta views di YouTube pada hari pertama juga tangga lagu di sejumlah aplikasi streaming seperti Spotify dan iTunes, bisa memicu pertengkaran antara ARMY dan BLINK.

Penyebab utamanya adalah kontroversi yang dilontarkan sejumlah anggota ARMY yang menuding bahwa BLINK telah membayar layanan streaming Spotify untuk memastikan bahwa iklan BLACKPINK diputar terlebih dahulu sebelum lagu BTS dapat didengarkan yang dipercaya secara tidak langsung bisa meningkatkan jumlah pendengar lagu “Kill This Love”.

Namun, pihak Spotify pun akhirnya memberikan klarifikasi resmi bahwa iklan tersebut tidak diperhitungkan dalam tabulasi penghitungan streaming untuk “Kill This Love”, alias iklan lagu BLACKPINK tersebut tidak mempengaruhi rekor tangga lagu yang dipecahkan girlband ini.

6. Pyong Bong, Atribut Wajib untuk BLINK

Pyong Bong, Atribut Wajib untuk BLINK
Sumber: Tokopedia

Selain kefanatikan fans – fans K-Pop, mereka juga merupakan pendukung yang sangat ekspresif dan selalu menyiapkan atribut – atribut unik ketika menghadiri dan menyaksikan idolanya tampil. 

Biasanya, fanbase sebuah grup idol K-Pop, akan membuat koreografi yang unik sambil fanchant bersama lagu yang dibawakan. Tidak hanya gerakan dan fanchant yang seirama, fanbase juga pastinya menyediakan lightstick resmi dari grup idol favoritnya.

Setiap grup idol K-Pop memiliki lightstick dengan ciri khas, bentuk, dan warna yang berbeda – beda untuk membedakan fanbase sebuah grup idol dengan fanbase lain. Begitu pula dengan BLACKPINK yang memiliki Pyong Bong sebagai lightstick resminya.

Berbentuk palu dengan hati di kedua sisi palu, Pyong Bong ini pastinya menjadi atribut wajib untuk dikoleksi ataupun diayunkan oleh BLINK sambil menyaksikan performa dari idolanya. Masih sesuai dengan namanya, Pyong Bong ini memiliki gagang berwarna hitam dan merah muda pada bagian sisi palu dengan tambahan LED.

BACA JUGA: Fakta Unik BTS ARMY, Fandom Terbesar di Dunia K-Pop


Itu dia profil dan fakta – fakta menarik seputar fanbase BLACKPINK yang harus kamu ketahui sebagai BLINK. Jika kamu merupakan salah satu anggota BLINK, pasti tidak ingin kelewatan special performance dari BLACKPINK bukan? Nah, kamu bisa nonton BLACKPINK di WIB TV Show Tokopedia tanggal 25 Januari 2021!

Tidak hanya performa menarik, kamu juga bisa menyaksikan keseruan penampilan BLACKPINK sambil belanja dengan promo akhir bulan di Tokopedia, promo WIB! Yuk, atur alarm kamu dan jangan sampai terlewatkan performa spesial dari BLACKPINK dan artis K-Pop lainnya di WIB TV Show Tokopedia!

Banner WIB Blackpink & BTS
Saksikan WIB TV Show Tokopedia bersama BTS, BLACKPINK, dan berbagai artis ternama lainnya. Nikmati juga promo hingga diskon gede-gedean!

Penulis: Lazuardi