• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Mengenal Kucing Sphynx, Ras Kucing Bertubuh Unik

17 April 2024

Share

Mengenal Kucing Sphynx, Ras Kucing Bertubuh Unik

Kucing sphynx jadi salah satu ras kucing unik yang banyak dikagumi. Kenali lebih dalam kucing sphynx dan fakta uniknya di sini.


Kucing, makhluk yang menggemaskan dan penuh keunikan, telah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia selama ribuan tahun. Dari keanggunan kucing persia hingga kecerdasan kucing siamese, setiap ras kucing memiliki daya tariknya sendiri. Namun, ada satu ras yang secara khusus menarik perhatian banyak pecinta kucing, yaitu kucing sphynx.

Asal usul kucing sphynx mengarah pada Kanada pada awal 1960-an. Meskipun namanya mungkin menyarankan koneksi dengan Mesir kuno, ras ini sebenarnya tidak terkait dengan kucing yang digambarkan di tembok piramida. Kucing Sphynx pertama kali muncul melalui proses alami dan pemuliaan selektif, menghasilkan kucing tanpa bulu yang khas.

Selain bulunya, kucing sphynx juga memiliki keunikan lain lho! Apa saja itu? Simak fakta unik kucing sphynx berikut ini yuk!

Baca juga: Merk Makanan Kucing Terbaik dan Bernutrisi

10 Fakta Unik Kucing Sphynx

Keunikan kucing sphynx tidak hanya terbatas pada penampilannya. Mereka juga terkenal dengan keaktifan mereka dan kecenderungan untuk bermain dan mengeksplor tempat baru. Kucing sphynx ini memiliki kepribadian menyenangkan dengan fakta-fakta unik, apa saja itu? Ini dia daftarnya.

1. Tidak Sengaja Diciptakan

tak sengaja diciptakan

Sumber gambar: Canva

Meskipun mungkin terlihat seperti sebuah eksperimen genetik, kucing sphynx sebenarnya muncul secara alami. Penampilan mereka yang tanpa bulu berasal dari mutasi genetik yang langka yang terjadi secara spontan.

2. Kulit Berlipat-Lipat

kulit berlipat-lipat

Sumber gambar: Canva

Meskipun tanpa bulu, kucing sphynx memiliki kulit yang berlipat-lipat, terutama di bagian kepala, leher, dan kaki. Lipatan-lipatan ini memberikan mereka penampilan yang unik dan menarik.

3. Tubuh yang Hangat

tubuh yang hangat

Sumber gambar: Canva

Kucing sphynx memiliki suhu tubuh yang sedikit lebih tinggi dari rata-rata kucing lainnya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya lapisan isolasi bulu, sehingga mereka lebih memerlukan tempat yang hangat untuk beristirahat.

4. Karakter yang Kuat

karakter yang kuat

Sumber gambar: Canva

Meskipun terkenal dengan penampilan eksotis mereka, kucing sphynx juga terkenal dengan kepribadian yang kuat. Mereka adalah kucing yang cerdas, ramah, dan penuh kasih sayang terhadap pemiliknya.

5. Suka Bermain

suka bermain

Sumber gambar: Canva

Sphynx merupakan kucing yang aktif dan suka bermain, dan mereka sering kali terampil dalam berbagai permainan. Beberapa kucing sphynx bahkan bisa diajarkan trik-trik seperti lempar bola.

6. Perawatan Kulit Khusus

perawatan kulit khusus

Sumber gambar: Canva

Kulit kucing sphynx membutuhkan perawatan khusus. Meskipun tanpa bulu, mereka masih memerlukan mandi rutin untuk menjaga kebersihan kulit mereka dan menghindari masalah kulit seperti minyak berlebih atau jerawat.

7. Tidak Benar-benar Tanpa Bulu

tidak benar-benar tanpa bulu

Sumber gambar: Canva

Meskipun terlihat sepenuhnya tanpa bulu, sebagian besar kucing sphynx sebenarnya memiliki sedikit bulu halus yang hampir tidak terlihat. Bulu ini memberikan mereka sedikit perlindungan dan tekstur yang unik pada kulit mereka.

8. Kekurangan Pigmen

kekurangan pigmen

Sumber gambar: Canva

Beberapa kucing sphynx memiliki area kulit yang kurang pigmen, yang menyebabkan warna kulit mereka menjadi lebih terang atau merah muda. Ini menambah pesona unik mereka.

9. Perhatian Ekstra di Musim Dingin

perhatian ekstra di musim dingin

Sumber gambar: Canva

Karena kurangnya lapisan isolasi bulu, kucing sphynx perlu perhatian ekstra di musim dingin. Mereka harus tetap hangat di dalam ruangan atau menggunakan pakaian khusus untuk melindungi dari cuaca dingin.

10. Karakter Kulit yang Berbeda-Beda

karakter kulit yang berbeda-beda

Sumber gambar: Canva

Kulit kucing sphynx memiliki tekstur yang berbeda-beda, kadang-kadang bahkan mirip dengan kulit jeruk. Setiap kucing memiliki pola kulitnya sendiri, yang membuat setiap kucing sphynx terlihat unik.

Baca juga: Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik, Aman untuk Anabul

Meskipun memiliki penampilan yang mencolok, kucing sphynx memiliki kebutuhan perawatan yang khusus. Kulit mereka memerlukan perhatian ekstra untuk menjaga kelembaban dan mencegah iritasi. Mandi rutin dan penggunaan pelembap khusus kucing sphynx adalah bagian penting dari perawatan mereka.

Itulah kucing sphynx dengan berbagai fakta uniknya yang bisa jadi referensi kamu. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan kucing peliharaanmu dengan membeli makanan kucing di Tokopedia! Dapatkan berbagai promo menarik, bebas ongkir, hingga casback. Tunggu apa lagi? Pesan sekarang dan nikmati keuntungannya!

Penulis: Nada Karisma Oktavia

Share

Nada Karisma OktaviaNada Karisma Oktavia

Related Articles

10 Jenis Anjing Kecil yang Cocok Jadi Peliharaan
Perawatan Hewan
10 Jenis Anjing Kecil yang Cocok Jadi Peliharaan
© 2009-2024, PT Tokopedia