Cara Menyimpan Emas: Sederhana Tapi Manjur Mencegah Kehilangan

94
cara menyimpan emas di rumah yang aman

Menyimpan emas di rumah nggak boleh sembarangan. Kamu harus buat perencanaan yang matang karena emas adalah barang yang bernilai tinggi.


Aturan Menyimpan Emas

Ketika akan menyimpan emas atau barang berharga apa pun, tempat yang terintas di pikiran kita hanyalah lemari atau laci.

Padahal, masih banyak tempat dan cara lain yang yang jauh lebih aman. Jika jumlahnya banyak dan harganya sangat tinggi, kamu butuh lebih dari sekadar tempat biasa untuk menyimpannya. Kamu butuh strategi dan perencanaan yang baik, Toppers.

Lalu bagaimana seharusnya menyimpan emas dengan benar dan aman? Sebelum mengulas 5 cara menyimpan emas yang ada di bagian bawah artikel, ada baiknya memahami aturan di bawah ini:

  • Butuh modal. Ingat, kamu sednag mengamankan sesuatu yang sangat berharga. Mengeluarkan sejumlah uang untuk investasi keamanan bukan hal yang salah
  • Butuh upaya. Jika emas atau barang berharga sudah hilang, kemungkinan barang kembali sangat kecil. Mengeluarkan sedikit upaya untuk meningkatkan keamanan barang tidak merugikan kamu
  • Pisahkan perhiasan. Jangan satukan tempat menyimpan emas yang kamu pakai sehari-hari dan emas untuk investasi.
  • Harus lebih kreatif dari pencuri.

baca juga: Cara Mengenali Emas palsu tanpa bantuan alat

1. Menyimpan Emas di Rumah? Gunakan Tiga Lapisan

cara menyimpan emas yang aman
Sumber gambar: komando

Pencuri biasanya beraksi secara terburu-buru. Mereka cenderung mengambil sesuatu yang mudah diraih. Untuk itu, cobalah mempersulit akses pada tempat penyimpanan emas.

Caranya dengan menggunakan tiga lapisan penyimpanan. Contohnya, buat ruang rahasia di bawah laintai.

Masukkan kotak emas di dalamnya dan tutup dengan karpet yang dibebani lemari. Semakin sulit pencuri untuk membongkar tempat penyimpanan emas, maka semakin kecil peluangnya untuk berhasil.

2. Tempat Menyimpan Emas: Brankas Unik

cara menyimpan emas di rumah gunakan brankas buku
Sumber gambar: pixabay

Pikirkan tempat yang tidak terpikirkan oleh pencuri saat mereka memasuki rumah. Sebagian besar dari kita pasti menyimpan barang berharga di lemari, maka jangan menyimpan di tempat tersebut.

Cara yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencari tempat yang tidak terpikirkan oleh pencuri.

Jadi, kamu dituntut untuk kreatif supaya emas dapat tersimpan dengan aman di rumah! Misalnya kamu bisa menyimpannya di brankas buku.

Tempat penyimpanan yang bentuknya menyerupai buku ini bisa kamu selipkan di antara tumpukan buku di rak buku dalam kamar tidur atau perpusatakaan.

Opsi lainnya adalah brankas jam dinding. Selain fungsinya yang memang seperti jam, kotak penyimpanan satu ini memiliki ruang khusus untuk menyimpan barang yang dilengkapi dengan kunci pengaman.

3. Kecoh Pencuri

Letakan brankas di dalam kamar di tempat yang mudah terlihat. Selanjutnya, isi brankas dengan barang-barang yang kurang berharga.

Dengan begitu pencuri akan mengira kamu memang tidak menyimpan emas atau barang berharga di rumah. Dengan begitu, mereka akan teralihkan.

baca juga: SELAIN KUNING , INI 5 jENIS WARNA EMAS UNIK YANG ADA DI PASARAN

4. Menyimpan Emas di Bank & Pegadaian

cara menyimpan emas di bank
Sumber gambar: barrons

Safe Deposit Box (SDB) adalah fasilitas yang disediakan bank bagi nasabah yang ingin menyimpan emas di bank maupun dokumen berharga lainnya.

Karena disimpan di di bank, perlindungan yang diperoleh atas barang berharga dan dokumen kita sangat maksimal.

Tidak hanya perlindungan dari risiko kehilangan dan pencurian, SDB juga memberi perlindungan dari risiko kebakaran karena dilengkapi dengan ruangan khusus, sistem pemindai sidik jari, nomor PIN dan Kunci pengaman ganda.

Untuk mengakses SDB tentu saja Toppers harus membayar iuran dan uang jaminan. Kamu juga bisa menyimpan emas di Pegadaian.

Biaya menitipkan emas di Pegadaian berkisar antara Rp 20.000 per 100 gram emas setiap bulannya.

5. Konversikan ke Emas Digital Melalui Tokopedia

investasi emas
Investasi emas masa kini dengan cara yang lebih praktis dan aman di sini!

Apabila jumlah emas yang kamu miliki cukup banyak, kamu bisa mengkonversikan emas fisik ke bentuk digital.

Cara ini jauh lebih menguntungkan. Alasannya, selain mengurangi riisko kehilangan, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan finansial.

Caranya cukup mudah. Semua emas fisik yang kamu punya bisa dijual terlebih dahulu dan diinvestasikan ke produk Tokopedia Emas.

Ini merupakan produk yang lahir dari kerjasama Tokopedia dan PT Pegadaian. Kelebihannya, kamu bisa mencairkan unit emas yang kamu miliki atau mengubahnya ke bentuk fisik seperti emas batangan.


Itulah Toppers, 5 cara menyimpan emas dengan cara yang tepat dan aman. Bagaimana? Sudah terpikir cara untuk menyimpan emas kamu?

Bagikan Artikel