6 Keuntungan Reksa Dana Pasar Uang

0
128
keuntungan reksa dana pasar uang

Reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang cocok untuk pemula. Berikut ini penjelasan singkat mengenai reksa dana pasar uang & kelebihannya.


Untuk Toppers yang merasa sudah saatnya mulai investasi demi masa depan keuangan yang lebih baik, ini saat yang tepat buat kamu untuk mengenal reksa dana.

Reksa dana sering dibandingkan langsung dengan deposito, padahal keduanya mempunyai kinerja yang relatif berbeda.

Reksa dana adalah wadah dimana uang dari pemodal dihimpun lalu diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajemen Investasi.

Sementara itu, deposito merupakan produk perbankan yang memungkinkan kita menyimpan dana tanpa ada penarikan dalam jangka waktu tertentu.

Oleh sebab itu diberikan suku bunga lebih tinggi daripada produk tabungan biasa sebagai imbalannya. 

Ada beberapa jenis reksa dana dengan karakteristik dan kelebihannya masing-masing yang bisa kamu pilih.

Salah satunya yang paling populer saat ini adalah reksa dana pasar uang. Seiring dengan kinerjanya yang semakin positif, reksa dana pasar uang semakin diminati belakangan ini. 

Baca juga: Reksa Dana Saham untuk Pemula (Tips dan Rekomendasi)

Kelebihan Reksa Dana Pasar Uang

ilustrasi reksa dana pasar uang
Sumber gambar: pixabay

1. Keuntungan lebih tinggi

Ini pastinya menjadi pertanyaan pertama yang muncul saat mau berinvestasi, seberapa besar keuntungan yang didapat? Apakah reksa dana pasar uang lebih menguntungkan daripada investasi lain?

Reksa dana pasar uang mampu menawarkan rata-rata keuntungan sampai 20% per tahun. Sementara suku bunga deposito hanya menawarkan keuntungan di kisaran 4-7%, walaupun memang masih lebih untung dibandingkan suku bunga produk tabungan.

Terlihat jelas dari return atau tingkat pengembalian, reksa dana pasar uang menghasilkan return yang lebih besar.

Di sisi lain, suku bunga deposito juga dari tergantung durasi penempatan dan seberapa besar dana yang ditempatkan.

Portofolio terus disusun secara berkala oleh Manajer Investasi sehingga selalu menghasilkan untung dengan kerugian yang minim.

Jadi dengan keuntungan lebih tinggi dan investasi yang diatur Manajemen Investasi, kamu tidak perlu pusing memikirkan perputaran uangmu. 

2. Investasi sangat terjangkau

Keuntungan reksa dana pasar uang yang ini memungkinkan semua orang berinvestasi. Dengan uang 100 ribu rupiah saja kamu sudah bisa mulai berinvestasi di reksa dana pasar uang.

Kalau dibandingkan dengan deposito, kamu memerlukan minimal 5 juta rupiah untuk bisa diinvestasikan.

Belum lagi karena itu adalah nominal terendah, bunganya pun akan dipatok yang paling rendah.

Jika kamu ingin mendapat bunga yang tinggi, besar uang yang diinvestasikan pun juga harus besar, kisaran 50 juta rupiah. 

Penentuan nominal terendah dan bunga yang didapat inilah yang sangat membedakan reksa dana pasar uang dengan deposito.

Selain nominal terendah investasi yang sangat terjangkau, bunga yang didapat pun tidak tergantung pada jumlah uang yang kamu investasikan, Toppers.

Jadi entah itu 100 ribu atau 50 juta, perhitungan persentase bunga akan tetap sama. Selain itu, perlu kamu ketahui bunga deposito terkena pajak, sedangkan reksa dana adalah instrumen yang bebas pajak. 

tokopedia reksa dana
Investasi mudah dan menguntungkan, mulai dari Rp 10 ribu! Tunggu apa lagi?

3. Pencairan dana bebas

Selanjutnya, yang membuat reksa dana pasar uang unggul adalah kamu bebas mencairkan dana kapanpun yang kamu mau tanpa dikenakan potongan atau pinalti.

Kalau deposito, ada perjanjian di awal yang mengatur jangka waktu deposito dan sampai waktu jatuh tempo yang ditentukan, kamu baru bisa melakukan penarikan dana.

Kalau sampai kamu mencairkan deposito sebelum jatuh tempo, biasanya akan dikenakan denda sebesar 2% dari pokok simpanan. 

Karena kebebasan pencairan dana, investasi reksa dana ini sangat cocok untuk kamu yang sewaktu-waktu memerlukan dana cepat.

Daripada menyimpan dana di dompet yang tidak berbunga, lebih baik investasikan di reksa dana pasar uang selagi tidak terpakai.

Selain lebih menguntungkan, kamu tidak perlu khawatir akan terpotong jika ada kebutuhan mendadak.

Baca juga: 6 Hal Penting yang Harus Diperhatikan agar Pengajuan Tokopedia Reksa Dana Tidak Ditolak!

4. Jangka waktu fleksibel

Keunggulan lainnya, kamu bisa menentukan sendiri jangka waktu kamu berinvestasi. Tidak ada perjanjian di awal yang mengikat jangka waktu dan jatuh tempo. Kamu bebas menarik dana kapanpun kamu butuh, belum lagi jangka pendek atau panjang tidak memengaruhi perhitungan bunga.

Sementara, kalau deposito kamu harus bisa menghitung jangka waktu deposito dengan tepat sehingga tidak membuat kamu rugi karena denda atau mendapat bunga lebih kecil.

Waktu investasi di reksa dana pasar uang benar-benar fleksibel, bahkan hitungan harian pun bisa. Buat kamu yang ingin mencoba belajar berinvestasi, kamu juga bisa memanfaatkan keunggulan reksa dana pasar uang ini. 

5. Registrasi mudah

Tidak perlu repot-repot pergi ke bank seperti mau buka tabungan atau deposito, registrasi reksa dana sangat mudah bahkan bisa kamu lakukan secara online.

Untuk ikut berinvestasi di reksa dana pasar uang, kamu hanya perlu membuka rekening di aplikasi milik Manajer Investasi.

Proses daftarnya juga tidak sulit, biasanya hanya perlu foto KTP dan foto selfie sambil memegang KTP. Lalu kurang dari 24 jam sudah bisa diverifikasi. 

Setelah diverifikasi, kamu langsung bisa pilih produk reksa dana pasar uang yang kamu kehendaki, lalu masukkan nominal uang yang ingin kamu investasikan. Selambat-lambatnya 1 x 24 jam, kamu sudah punya portofolio. 

Kalau cara di atas masih merepotkan menurutmu, ada pilihan yang lebih sederhana lagi. Sekarang, kamu bisa investasi reksa dana pasar uang melalui Tokopedia. Kamu bahkan bisa mulai hanya dari Rp 10.000 lho. 

6. Risiko kecil 

Reksa dana pasar uang memiliki risiko paling kecil dibandingkan jenis reksa dana lainnya. Walaupun memang dengan risiko yang kecil, imbal hasil yang dihasilkan pun juga lebih rendah dibanding jenis reksa dana lain.

Tapi di sisi lain, pergerakannya relatif stabil. Jangan khawatir, Toppers, imbal hasilnya akan tetap lebih tinggi daripada produk deposito. 

Investasi dengan risiko kecil ini sangat cocok untuk pemula yang baru ingin memulai berinvestasi di pasar modal.

Kestabilan hasil investasi juga membuat reksa dana pasar uang ini dijadikan tempat parkir uang pengganti deposito atau giro. 

Baca juga: Investasi untuk Mahasiswa: 5 Alasan Kenapa Pilih Reksa Dana

Sekarang, tergantung pilihanmu mau berinvestasi di instrumen yang mana. Kamu juga perlu mengenal karakteristik dan motivasi kamu dalam berinvestasi.

Investasi sangat penting untuk masa depan keuangan yang lebih baik. Tapi tetap perlu pertimbangan yang matang, jangan terburu-buru, pikirkan sampai bulat agar tidak menyesal di kemudian hari.

tokopedia keuangan
Temukan berbagai layanan keuangan terlengkap, mulai dari investasi, pinjaman hingga asuransi!

Penulis: Nathania

Bagikan Artikel