Mengenal Gluten dan Bahayanya

0
472
gluten free, bahaya gluten

Apa arti Gluten? Apa benar Gluten Free itu lebih sehat? Yuk perhatikan efek samping gluten dan beberapa makanan yang mengandung gluten berikut ini!


Sekarang ini tidak jarang ditemukan produk di pasaran tertera label “Gluten Free.” Mungkin Toppers juga pernah mendengar diet bebas gluten.

Tidak jarang orang memilih makanan gluten free ini karena mengira lebih sehat. Tapi, sebenarnya apa itu gluten? Dan apa benar gluten free lebih sehat?

Yuk simak penjelasan gluten dan gluten free serta makanan yang mengandung gluten berikut ini! 

Apa itu Gluten?

makanan mengandung gluten
Sumber Gambar: Lindsay Moe – Unsplash

Gluten adalah jenis protein yang dapat ditemukan dalam berbagai jenis gandum. Gluten ini merupakan senyawa alami yang berperan seperti perekat lem pada makanan agar bertekstur kenyal dan elastis. Tanpa gluten, adonan roti dan kue akan lebih mudah robek. 

Makanan gluten free merupakan jenis makanan yang tidak mengandung gluten sama sekali. Banyak berita yang menggemborkan sisi buruk dari gluten sebagai strategi marketing. Secara ilmiah, tidak ada bukti bahwa gluten ini dapat berdampak buruk untuk orang sehat.

Sebaliknya, gluten memiliki beberapa manfaat seperti mengurangi risiko diabetes tipe 2, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kesehatan tubuh. 

baca juga: manfaat infused water lemon untuk diet dan kesehatan

Bahaya Gluten

Tentunya, ada saat di mana gluten dapat menimbulkan dampak negatif untuk beberapa individu dan mewajibkan mereka untuk mengonsumsi makanan gluten free. Kondisi medis yang berkaitan dengan gluten antara lain:

  • Penyakit celiac – penyakit autoimun di mana tubuh bereaksi negatif saat mengonsumsi gluten dan bisa merusak organ usus. 
  • Intoleransi Gluten yang bersifat non-celiac – mirip dengan penyakit celiac namun hanya berefek samping ringan.
  • Alergi Gandum – alergi terhadap jenis protein yang ditemukan dalam gandum. Dapat menimbulkan efek samping berbeda-beda dari gatal-gatal, sesak napas, hingga diare.
  • Dermatitis Herpetiformis (DH) – kondisi di mana kulit dipenuhi rasa gatal, kemerahan, dan benjolan saat mengonsumsi gluten.

Bagi penderita tersebut, gluten bisa memberikan efek samping ringan seperti:

  • Sering letih lesu
  • Perut kembung
  • Gangguan pencernaan: Diare, sembelit, nyeri di perut, bau feses yang tidak normal
  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Sulit fokus 

Hingga komplikasi kronis seperti:

  • Berat badan terus menurun
  • Pertumbuhan anak terhambat
  • Malnutrisi
  • Kerusakan saluran pencernaan
  • Kekurangan darah (anemia)
kacang sehat
Ingin ngemil yang sehat? Kacang sehat bisa jadi pilihannya!

baca juga: pilihan biskuit sehat untuk camilan sehari-hari yang rendah lemak dan kalori

Jenis Makanan yang Mengandung Gluten

Umumnya ada tiga jenis produk yang mengandung gluten:

  • Gandum (wheat) – ditemukan dalam roti, kue kering, biskuit, sup, pasta, sereal, saus (mayones, saus tomat, kecap asin), dan saus selada (salad dressing).
  • Jelai (Barley) – ditemukan dalam produk olahan berbahan malt (biji-bijian serealia), zat pewarna, sup, dan minuman beralkohol.
  • Gandum Hitam (rye) – ditemukan dalam roti rye, sereal, dan bir.

Tentunya ada banyak jenis makanan lain yang mengandung gluten. Bahkan terkadang produk vitamin pun mengidap jejak gluten. 

Bagi penderita penyakit celiac atau alergi terhadap gluten, sebaiknya perhatikan setiap bahan dan komposisi sebelum dikonsumsi. Terkadang, gluten memiliki nama lain seperti Dextrin, Hydrolysate, Tocopherol, dll.

Tips dan Cara Menjalani Gluten Free Diet

gluten free diet
Sumber Gambar: Hao Ji – Unsplash

Diet bebas gluten berarti menjauhkan diri dari makanan yang kerap ditemukan di pasaran seperti sereal, pasta, pizza, dan roti. Jangan lupa juga menghindari berbagai bumbu dan saus masak seperti kecap asin.

Beberapa produk yang umumnya bebas gluten seperti beras, jagung, dan quinoa dapat dijadikan sumber karbohidrat sehari-hari.

Kombinasikan dengan buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, daging, dan telur untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi yang cukup. Saat berbelanja, pilih produk seperti tepung dan oats dengan label “gluten-free.” 

Sebaiknya konsumsi camilan atau snack gluten-free secara moderasi karena umumnya dipenuhi kalori, gula, dan garam yang lebih tinggi dari biasanya. 

Apakah Kamu Harus Diet Bebas Gluten?

Seperti pembahasan sebelumnya, makanan gluten free dibuat khusus untuk penderita kondisi medis tertentu.

Jika kamu termasuk orang yang sehat, disarankan untuk tidak menghindari makanan gluten. Hal ini dikarenakan banyak makanan gluten free yang tidak mengandung protein dan vitamin yang diperlukan untuk kesehatan tubuh. 

Dengan kata lain, sebagian besar dari makanan gluten seperti gandum dan jelai juga mengandung vitamin B dan serat yang tinggi. Komposisi ini berperan penting untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan menjaga berat badan juga loh! 

baca juga: rekomendasi merk oatmeal terbaik untuk diet dan hidup sehat

Nah, ini dia makna dari gluten yang sering kamu dengar. Ternyata tidak seburuk itu kan? Sebaiknya, Toppers tidak mengikuti diet secara membabi buta sebelum benar-benar mengerti ya!

Agar tubuh lebih sehat, lengkapi aktivitas keseharian kamu dengan produk kesehatan di Tokopedia yang berkualitas!

Snack Diet
Diet tapi ingin tetap ngemil? snack diet solusinya!

Penulis: Benedicta Clarissa