• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Hewan Jinak yang Mudah di Pelihara, Unik dan Lucu!

Share

10 Hewan Jinak yang Mudah di Pelihara, Unik dan Lucu!

Sedang mencari hewan peliharaan yang unik dan lucu di rumah? Simak daftar jenis hewan jinak yang mudah dipelihara berikut ini!


Hewan Jinak – Bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan di rumah tentunya menjadi hobi tersendiri. Memelihara hewan akan membuat suasana rumah menjadi lebih hidup dan membuat rumah lebih aman dan nyaman. 

Hobi satu ini tentu membutuhkan perhatian khusus, yang artinya kamu harus rela meluangkan lebih banyak waktu untuk memenuhi semua keperluannya. Seperti memberi makan yang cukup, air, dan perawatannya juga harus layak untuk diberikan. 

Istilah hewan peliharaan sendiri sering digunakan untuk menggambarkan hewan-hewan yang imut, yang bisa dipangku dan dielus-elus. Misalnya kucing, anjing, kelinci, atau hamster. Seiring dengan berkembangnya minat masyarakat terhadap hewan, kini istilah tersebut sudah semakin luas. 

baca juga: Hewan Paling Setia: Bisa Lebih Setia dari Pasanganmu!

Jenis Hewan Jinak

Saat ini juga sudah banyak hewan yang mudah dipelihara dan jinak. Bukan hanya yang imut saja, tapi yang liar pun juga bisa menjadi peliharaan. Penasaran apa saja? Simak daftar lengkapnya di bawah ini:

1. Kucing

Kucing
Sumber Gambar: Unsplash/@ejleusink

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan terbaik dan cukup sering ditemukan di rumah kebanyakan orang. Hewan ini cocok bagi kamu yang sibuk bekerja dan tidak memiliki banyak waktu bersama hewan peliharaan.

Kucing memiliki sifat yang tenang, dan masuk ke dalam salah satu hewan soliter atau senang menyenderi. Karena ini jugalah, hewan jinak satu ini banyak digemari oleh masyarakat.

2. Anjing

Anjing
Sumber Gambar: Unsplash/@mnelson

Anjing juga termasuk ke dalam salah satu daftar hewan peliharaan yang jinak dan bisa dipelihara di rumah. Hewan satu ini merupakan hewan yang penyayang dan sangat loyal terhadap siapa saja yang merawatnya.

Ketika kamu memutuskan untuk memiliharanya, pastikan kamu selalu merawat dan mengajak anjing untuk bermain agar dirinya tidak mudah stres dan sakit. Sebab, anjing termasuk hewan yang membutuhkan perhatian lebih.

3. Kelinci

Kelinci
Sumber Gambar: Pixabay

Siapa yang tidak tahu hewan jinak, lucu, dan lincah satu ini? Pasti hampir sebagian orang tertarik untuk memiliki hewan peliharaan menggemaskan ini. Berbeda dengan anjing dan kelinci, merawat kelinci membutuhkan sebuah kandang agar dapat dipeliharan dengan tenang dan tidak mudah kabur.

Sesekali juga perlu mengeluarkan kelinci dari kandang agar tidak stres. Namun, jangan lupa untuk mengembalikannya ke dalam kandang, jika sudah selesai bermain.

4. Landak Mini

Landak Mini
Sumber Gambar: Freepik

Ketika mendengar nama hewan satu ini, pasti kamu akan berpikir bahwa landak termasuk hewan yang berbahaya. Padahal, hewan ini termasuk contoh hewan jinak dan sudah dipelihara oleh orang banyak.

Mamalia yang berasal dari keluarga Erinaceinae memiliki duri yang tidak mengandung racun. Hal inilah yang membedakannya dengan landak hutan.

Kamu cukup menyiapkan kandang berdiameter 40 centimeter dengan kotak kecil untuk beristirahat dan bersembunyi. Dengan begitu, landak mini sudah akan bahagia. Cukup mudah, kan?

5. Sugar Glider

Sugar Glider
Sumber Gambar: Pixabay

Hewan peliharaan yang jinak berikutnya ini tak kalah menggemaskan. Memelihara dan merawat hewan sugar glider ini tergolong mudah, bahkan hanya dengan kandang kecil sekalipun. Kamu hanya perlu memberikan perhatian yang cukup dengan menyediakan kandang yang nyaman bagi mereka.

Menyangkut makanan sugar glider, hewan peliharaan kecil dan menggemaskan ini menyukai makanan manis seperti nektar bunga. Tak heran jika hewan ini disebut sugar glider karena kesukaannya adalah makanan manis.

baca juga: Inspirasi Nama Hewan Peliharaan & Artinya

6. Hamster

Hamster
Sumber Gambar: Pexels

Nah, kalau hewan satu ini tidak membutuhkan banyak tempat untuk kamu peliharan. Hamster memiliki ukuran tubuh yang kecil, sehingga kamu bisa lebih leluasa untuk meletakkan kandang tersebut pada tempat yang berbeda.

Bahkan, tak jarang seseorang membeli hamster dalam jumlah banyak. Padahal tidak semua hamster bisa cepat akrab dengan yang lain dalam kandang yang sama.

7. Ular

Ular
Sumber Gambar: Pexels

Mungkin satu ini memang terdengar begitu menyeramkan, sehingga tak sembarang orang berani untuk menjadikannya peliharaan. Namun, pesona yang dimiliki ular masih cukup kuat untuk menarik perhatian pecinta hewan.

Walaupun begitu, perlu diketahui bahwa tidak semua jenis ular bisa dipeliharan. Kamu hanya bisa merawat spesies yang tidak berbisa. Selain itu, ular perlu dijinakkan terlebih dahulu agar nyaman berada di dekat manusia.

Bagi pemula, sebaiknya pilihlah yang cukup jinak dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit, seperti corn snakerosy boagarter snake, atau kingsnake

8. Rubah Fennec

Rubah Fennec
Sumber Gambar: Freepik

Sulit untuk tidak jatuh cinta dengan hewan yang memiliki telinga besar dan mata yang berkilauan, yakni rubah fennec. Hewan ini adalah spesies rubah paling kecil dan jinak, sehingga tak sulit untuk membiasakannya tinggal dengan manusia.

Sifatnya pun tak jauh berbeda dengan anjing dan kucing. Mereka ramah, aktif, suka bermain, dan berinteraksi dengan manusia. Namun, hewan ini termasuk high maintenance, yang mana kamu perlu ekstra kesabaran dan telaten dalam merawatnya.

Meski sudah jinak, ia tetap memiliki insting liar yang kuat, sehingga rawan untuk kabur. Rubah fennec juga termasuk hewan noktural, maka mereka bisa saja berisik di malam hari.

9. Iguana

Iguana
Sumber Gambar: Unsplash/@alexis_antonio

Jika kamu suka dengan hewan yang unik, sebaiknya coba alihkan perhatian kamu pada hewan satu ini. Meski terlihat berbahaya, ternyata iguana cukup jinak untuk dipeliharan.

Dengan tampilan garang dan bisa dipelihara, tak heran membuat hewan jinak satu ini terlihat menarik untuk dipelihara oleh banyak orang.

Cukup sediakan kandang berdimensi 100 x 100 centimeter saja, kamu sudah bisa memeliharanya. Akan tetapi, perlu kamu ketahui juga bahwa hewan peliharaan yang jinak ini tidak mudah untuk dirawat.

10. Kura-kura

Kura-kura
Sumber Gambar: Unsplash/@aynazshahtale

Bagi kamu pecinta hewan reptil, rasanya perlu mencoba untuk memelihara kura-kura di rumah. Hewan ini bisa hidup di air tawar maupun air laut, yang biasanya disimpan di akuarium bersama dengan ikan lainnya.

Artinya, kamu tidak perlu menyediakan kandang khusus untuk kura-kura kesayangan kamu. Hewan yang mudah dipelihara dan jinak ini mudah ditemukan di toko hewan peliharaan. Jenis yang paling banyak dicari adalah kura-kura brazil.

baca juga: Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing, Bahaya!


Nah, gimana Toppers? Setelah mengetahui apa saja hewan jinak yang mudah dipeliharan di rumah, kamu paling tertarik memelihara yang mana?

Sebelum kamu benar-benar memeliharanya, pastikan kamu sudah siap secara mental maupun materi. Sebab, memiliki hewan peliharaan tidaklah semudah yang dipikirkan. Kamu perlu memberikan tenaga dan waktu ekstra ketika merawatnya.

© 2009-2024, PT Tokopedia