Perbandingan Jakarta Aquarium vs Seaworld, Mana yang Lebih Bagus?

0
226
jakarta aquarium vs seaworld

Berkunjung ke akuarium bisa menjadi salah satu opsi liburan untuk anak. Pilih Jakarta Aquarium atau Seaworld? Simak perbandingan lengkapnya di sini!


Wisata edukasi sekarang menjadi pilihan banyak orang. Karena, selain bisa mendapatkan hiburan, wisata edukasi juga dapat memberikan pengunjung tambahan ilmu yang bermanfaat. 

Salah satu wisata edukasi yang menjadi favorit pengunjung dari segala usia adalah dengan berkunjung ke akuarium. Saat ini di Jakarta terdapat 2 akuarium yang paling populer yaitu Jakarta Aquarium dan Seaworld

Keduanya memiliki fasilitas yang baik. Kira- kira diantara mereka mana yang lebih unggul? Simak perbandingan Jakarta Aquarium vs Seaworld berikut ini.

Jakarta Aquarium vs Seaworld

1. Jakarta Aquarium

jakarta aquarium vs seaworld
Sumber gambar: Loop

Jakarta Aquarium merupakan akuarium dalam ruangan terbesar di Indonesia, dibawah naungan Taman Safari Indonesia bekerja sama dengan Aquaria KLCC, Malaysia.

Akuarium Jakarta menerima penghargaan Trip Excellence’s Certificate Excellence Destination 2018 dan Indonesia Travel Tourism Awards (ITTA) sebagai Destination Conservation Leading Indonesia 2017-2018 / 2018-2019.

BACA JUGA: 20 TEMPAT BERMAIN ANAK TERBAIK DI JAKARTA

Tempat dan Lokasi

Jakarta Aquarium merupakan aquarium indoor raksasa terbesar di Indonesia yang luasnya mencapai 1 hektar. Kawasan konservasi ini terletak di dalam mall Neo Soho @ Podomoro City, lantai LG 101 -LGM 101. Mall Neo Soho sendiri terletak di jalan Letjen S. Parman Kav. 28, Jakarta Barat, 11470. 

Tiket Masuk dan Jam Buka

Terdapat dua tipe tiket untuk masuk ke Jakarta Aquarium. Yaitu tiket regular dan premium. Untuk tiket regular, pengunjung akan mendapatkan fasilitas berupa explore Jakarta Aquarium, watch feeding time (all animals) dan watch mermaid show on schedule.

Tiket regular dapat kamu dapatkan mulai dari Rp 145.000 untuk hari Senin – Jumat dan Rp 165.000 untuk hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional.

Sementara, untuk tiket premium, kamu akan mendapatkan semua fasilitas yang ada di tiket regular ditambah private premium queuing, welcome drink, multiple entry within 4 hour at max, dan access to 5D theater.

Tiket premium untuk hari Senin – Jumat Rp 165.000, dan untuk hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional seharga Rp 212.000. Untuk anak dibawah 2 tahun tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Pada hari Senin – Jumat Jakarta Aquarium buka dari jam 11.00 –  19.00 WIB, sementara untuk hari Sabtu dan minggu tempat ini buka dari jam 10.00 – 20.00 WIB.

Ragam Hewan 

Terdapat kurang lebih 3.500 spesies hewan akuatik maupun satwa lainnya di Jakarta Aquarium. Jika kamu ingin melihat hewan-hewan langka, Di sinilah tempatnya.

Beberapa hewan langka yang bisa kamu temukan adalah gurita raksasa, kutu laut raksasa, naga laut berdaun, naga laut rumput, dan masih banyak lagi.

Fasilitas Lainnya

Salah satu area yang menjadi favorit pengunjung adalah Otter Tunnel. Bukan hanya sekedar untuk menyaksikan berang-berang yang lucu, spotnya pun sangat instagramable karena bagus untuk berfoto. 

Para pengunjung bisa dengan bebas menyaksikan tingkah laku menggemaskan dari satwa ini dari terowongan kaca yang sudah tersedia.

Terdapat juga wahana kolam sentuh di mana pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan binatang laut saja, tapi juga bisa menyentuhnya. Jenis hewan di kolam ini antara lain: siput, teripang, tiram dan lainya kamu sentuh seakan-akan ikut bermain dengan binatang tersebut.

Fasilitas tambahan yang ada di Jakarta Aquarium cukup lengkap mulai dari loker, kamar mandi, akses kursi roda dan kereta bayi, kamar mandi bayi, WiFi, cafetaria, toko suvenir, dan restoran.

Restoran Pingoo merupakan restoran dengan tema pantai bernuansa putih biru. Terdapat area bermain anak-anak di bagian samping dan akuarium penguin yang besar. 

Jakarta Aquarium mengklaim bahwa mereka memiliki tim profesional untuk memelihara penguin-penguin tersebut setiap hari. Restoran ini juga menawarkan pengalaman memberi makan penguin seharga Rp 50.000.

2. Seaworld

jakarta aquarium vs seaworld
Sumber gambar: nisadanchicco

Sea World Jakarta atau juga dikenal Sea World Ancol adalah akuarium laut yang terletak di Jakarta Utara.

Sea World Ancol pernah ditutup pada September 2014 namun sejak 17 Juli 2015 telah dibuka kembali untuk umum. Perusahaan pemiliknya saat ini sedang berekspansi untuk menjadikan fasilitas tersebut sebagai taman laut terbesar di dunia.

Tempat dan Lokasi

Seaworld berlokasi di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol, tepatnya di jalan Lodan timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430. Dari segi luas, Seaworld memiliki luas sekitar 3 hektar dengan bangunan utama berukuran 4.500 m2.

banner hotel tokopedia
Temukan hotel terbaik dan booking melalui aplikasi Tokopedia! Dapatkan harga menarik di setiap penawarannya.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Seaworld menawarkan dua jenis tiket yaitu tiket reguler dan tiket annual pass. Untuk tiket reguler, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 85.000 untuk hari Senin – Jumat dan Rp 105.000 untuk hari Sabtu dan Minggu.

Sementara, untuk tiket annual pass merupakan tiket yang bisa kamu pakai untuk masuk ke Seaworld kapanpun selama setahun penuh. Harga tiketnya adalah Rp 200.000 untuk satu orang.

Namun perlu kamu perhatikan, saat berkunjung ke Sea World, kamu perlu menyiapkan uang tambahan untuk membayar tiket masuk kawasan Ancol. Seaworld buka setiap hari mulai dari pukul 10.00 – 16.30 WIB.

BACA JUGA: WISATA BANDUNG TERBAIK YANG SEDANG HITS SAAT INI

Ragam Hewan

Seaworld memiliki 3 zona perairan yaitu zona perairan tawar, zona pesisir, dan zona perairan laut. Di zona perairan tawar terdapat kurang lebih 7.300 biota air tawar dengan 48 jenis ikan dan 1 jenis reptil.

Di zona pesisir, pengunjung akan dimanjakan dengan akuarium yang dibuat mirip dengan biota pesisir aslinya. Dan zona laut menampilkan 11.500 biota dengan 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil.

Di Seaworld terdapat juga akuarium utama yang merupakan akuarium favorit pengunjung. Akuarium ini menampung 5 juta liter air laut, dan ada puluhan ribu ikan laut di dalamnya. Akuarium utama ini merupakan akuarium air laut terbesar di Asia Tenggara.

Jika kamu mempunyai sertifikat diving, kamu bisa melakukan fun dive di akuarium utama dengan membayar Rp 500.000

Fasilitas Lainnya 

Selain dapat melihat berbagai macam satwa akuatik, di Seaworld juga dilengkapi dengan museum yang berisi koleksi hewan laut yang diawetkan. Di sini kamu bisa melihat jasad ikan yang hidup di laut dalam, juga jasad ikan pari raksasa.

Seaworld juga terkenal dengan Antasena Tunnel Aquarium yang merupakan terowongan kaca dengan panjang 80 meter.

Ini adalah wahana paling menyenangkan karena kamu bisa menyaksikan satwa laut berenang tepat di atas kepala dan juga bisa menyaksikan diver yang sedang menyelam.

Di setiap-tiap sisi terowongan ada papan informasi agar pengunjung bisa mencari tahu tentang jenis satwa yang sedang dilihat.

Seperti di Jakarta Aquarium, disini juga terdapat Touch Pool, yaitu kolam kecil terbuka berisi ragam ikan kecil dan bintang laut, toko suvenir, dan restoran.

BACA JUGA: OBJEK WISATA TERBARU DAN TERFAVORIT DI BOGOR SAAT INI

Dari perbandingan diatas dapat disimpulkan bahwa Jakarta Aquarium dan Seaworld memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jakarta Aquarium memiliki kelebihan dari segi lokasi yang lebih baru, modern, dan memiliki banyak spot foto, sedangkan Seaworld memiliki kelebihan dari segi lengkapnya koleksi satwa dan harga tiket yang lebih terjangkau.

Jadi bagaimana menurutmu? Mana yang lebih bagus dan ingin kamu kunjungi? Yang pastinya, tiket masuk untuk kedua tempat tersebut dapat kamu beli lewat Tokopedia. Yuk cek sekarang juga!

mainan terlengkap
Hilangkan rasa bosan dan bikin waktu luang lebih seru dengan berbagai permainan menarik serta kekinian di sini!

Penulis: Andina Apriliani