• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Mengatur Jam Tidur Bayi Agar Sesuai dengan Pola Tidur Orang Tua

Share

Cara Mengatur Jam Tidur Bayi Agar Sesuai dengan Pola Tidur Orang Tua

Jangan khawatir bila bayi belum punya jam tidur konsisten. Kamu bisa mengikuti cara berikut ini agar bayi punya pola tidur yang sama dengan orang tua.


Ada kalanya para orang tua akan kelelahan ketika harus bergiliran menjaga dan menenangkan bayi yang kesulitan tidur dimalam hari, dan sebaliknya saat siang hari bayi akan lebih banyak beristirahat. Sebenarnya hal ini cukup lumrah dirasakan oleh para orang tua baru.

Selama 30 hari pertama, bayi baru akan mulai menyesuaikan dengan kehidupan barunya, ia belum mampu membedakan malam dan pagi hari, sehingga jam tidurnya pun belum begitu teratur. Tentunya, kendala tersebut cukup berpengaruh terhadap aktivitas para orang tua.

Namun, tidak perlu khawatir, perlahan bayi akan mulai menyesuaikan dengan pola tidur orang tuanya, untuk mendukung proses adaptasi bayi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu mengatur jam tidur bayi dengan baik.

Cara Mengatur Jam Tidur Bayi

1. Ciptakan Suasana Tidur yang Konsisten

Kamu bisa menciptakan suasana tidur yang konsisten sedari dini, tidak perlu menunggu bayi hingga menginjak usia beberapa bulan.

Kamu dan pasangan bisa memulainya dengan membedakan suasana menjelang tidur dimalam hari.

Caranya adalah ketika menjelang waktu tidur malam hari, buatlah kamar benar-benar gelap atau hanya menggunakan lampu tidur.

Berikan anak baju yang nyaman dan jauhkan mainan dari sekitar tempat tidur. Ciptakan suasana kamar yang mendukung bayi untuk terlelap dengan mengurangi suara bising disekitar kamar. 

Bila dilakukan secara konsisten, perlahan anak akan mulai paham bahwa pada suasana tersebut ia harus siap untuk tidur.

Baca Juga: 10 Susu Program Hamil Terbaik, Aman Tidak Bikin Gendut

2. Tunjukan Perbedaan Pagi dan Malam

Pada beberapa bulan pertama bayi lahir, ia masih harus beradaptasi dengan keadaan sekitar, sehingga ia belum benar-benar paham perbedaan pagi dan malam. kamu dan pasangan bisa mulai mengenalkan bayi mengenai suasana waktu tersebut.

Saat malam, kamu perlu menciptakan suasana yang nyaman dan mendukung  bayi terlelap, sebaliknya ketika menjelang pagi, buka jendela kamar agar matahari masuk, tanda bahwa anak pun harus bangun dan beraktivitas.

3. Hindari Bermain Menjelang Jam Tidur

Hindari bermain dengan bayi saat menjelang waktu tidur, apa lagi permainan yang cukup menyita energinya. 1 jam hingga 30 menit menjelang tidur, biarkan anak lebih rileks dan nyaman dengan suasana kamar.

Simpan dan jauhkan mainan yang mungkin bisa mendistraksinya, hindari juga screen time pada waktu tersebut, agar ia tidak berfokus untuk bermain.

4. Berikan Aktivitas yang Cukup pada Pagi hingga Siang Hari

Beberapa bayi kesulitan tidur dimalam hari karena belum merasa lelah, perlu dimaklumi bahwa pada usia awal pertumbuhan tersebut, energi mereka terasa seperti tidak akan ada habisnya.

Perlu diperhatikan, bahwa bayi pun butuh aktivitas yang cukup pada siang hari, seperti beraktivitas sensory play, atau mainan edukatif lainnya yang bisa merangsang kecerdasan kognitif mereka.

Para orang tua bisa memberikan aktivitas yang cukup dan jangan terlalu berlebihan agar tidak menyebabkan bayi terlalu kelelahan. 

5. Jangan Biarkan Bayi Merasa Lapar

Bila si kecil terus menangis menjelang waktu tidur bisa saja ia merasa tidak nyaman akan sesuatu atau ternyata sedang merasa lapar. Jangan biarkan bayi merasa lapar saat menjelang waktu tidur, ibu bisa mulai menetapkan waktu untuk menyusui menjelang saat bayi beristirahat.

Cukup pastikan bayi mendapat ASI yang cukup 30-45 menit sebelum waktu tidur dengan tetap membuat suasana yang nyaman untuk terlelap, setelah mendapat ASI yang cukup, ibu bisa mulai kembali menidurkan bayi.

Baca juga: Penyebab Bayi Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

Itu dia, Toppers beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk membantu bayi memiliki jadwal dan pola tidur yang konsisten. Selalu pastikan agar bayi merasa nyaman dan tidak perlu khawatir bila diatas usia 3 bulan bayi masih belum memahami jadwal tidurnya.

Tetap lakukan dengan konsisten dan siapkan pilihan untuk berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan solusi terbaik sesuai dengan kondisi dan keadaan bayi.

Bila kamu juga sedang mencari produk perawatan bayi dan perlengkapan bayi lainnya, kunjungi Tokopedia sekarang juga dan temukan pilihan produk terlengkap dengan berbagai promo menarik.

banner promo susu popok
Dapatkan semua kebutuhan si kecil mulai dari susu hingga popok bayi termurah dan terlengkap hanya di Tokopedia

Penulis: Claudia

© 2009-2024, PT Tokopedia