• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

12 Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias untuk Percantik Akuarium

28 June 2021
Share
12 Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias untuk Percantik Akuarium

Nggak cuma bermanfaat bersihkan akuarium, ikan sapu sapu hias juga bisa percantik akuarium kamu. Yuk, intip jenis-jenis ikan sapu sapu hias populer berikut!


Jenis-Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias Untuk Toppers pecinta ikan hias, keberadaan ikan sapu-sapu di dalam akuarium bisa sangat membantu karena jenis ikan satu ini bermanfaat untuk membasmi ganggang yang tumbuh di dalam akuarium. Ikan nokturnal yang hidup di dasar air ini secara global dikenal dengan nama plecostomus atau plesco.

Meskipun memiliki manfaat, ikan sapu-sapu juga kerap diidentikan dengan penampilannya yang tidak menarik. Padahal, ada banyak sekali spesies dan jenis dari ikan sapu-sapu dengan daya tariknya masing-masing. 

Jika Toppers ingin percantik aquarium sekaligus menjaganya bebas dari pertumbuhan ganggang yang mengganggu, berikut rekomendasi ikan sapu-sapu hias paling populer yang bisa Toppers pelihara.

baca juga: 12 Ikan Hias Air Laut Populer yang Mudah Dirawat

Jenis-Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias

Ikan sapu-sapu hias tidak hanya cantik dan menarik, tapi juga bisa membersihkan kaca akuarium kamu, lho. Ikan ini membersihkan akuarium dengan cara menghisap ganggang yang berada didalamnya. Jika kamu tertarik untuk memeliharanya, berikut ini merupakan daftar ikan sapu-sapu hias:

1. Leopard Frog pleco

leopard frog pleco
Sumber gambar: Tropical Fish Site

Jenis ikan sapu-sapu hias pertama adalah Leopard Frog plecostomus yang berasa dari Brazil. Keunikan dari ikan sapu-sapu hias satu ini adalah pola bentuk tubuhnya yang terbentuk dari garis-haris berwarna putih kekuningan dan hitam. Ikan sapu hias satu ini tergolong memiliki ukuran kecil. Namun, dengan perawatan yang baik, ukutan tubuhnya bisa mencapai 10-11 cm. 

2. Ikan Sapu-Sapu Synodontis

ikan sapu sapu synodontis
Sumber gambar: Tokopedia

Ciri-ciri dari ikan sapu-sapu hias selanjutnya adalah sirip pada bagian atas yang sangat panjang serta tubuh dengan pola bintik-bintik hitam. Sirip yang panjang dan lebar pada bagian atas ikan ini kerap terbuka sehingga membuat ikan sapu-sapu satu ini terlihat lebih cantik dibandingkan ikan sapu-sapu lainnya. 

3. Ikan Sapu Sapu Xingu Baryancistrus

ikan sapu sapu xingu baryancistrus
Sumber gambar: bacaterus

Ikan sapu-sapu selanjutnya ini berasal dari Brazil, tepatnya Rio Xingu. Karakter utama dari jenis ikan sapu-sapu hias ini adalah warna kehitaman pekat dengan corak kuning pada ujung ekor dan sirip serta pola bintik-bintik kontras yang ada pada tubuhnya. Ikan sapu-sapu hias jenis ini juga dikenal dengan nama Gold Nugget pleco dan bisa tumbuh hingga ukuran 15-20 cm.

4. Hypancistrus Zebra

Hypancistrus zebra
Sumber gambar: Gerava

Sesuai dengan namanya, jenis ikan hias sapu-sapu ini memiliki corak hitam-putih dengan pola menyerupai zebra. Tubuhnya yang eksotis ini membuatnya sangat digemari kolektor ikan hias sehingga jangan terkejut jika ikan hias sapu-sapu jenis Hypancitrus Zebra ini bisa dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

5. Golden Royal Line

Golden royal line
Sumber gambar: petpintar

Banyak ditemukan di Amerika Selatan, tepatnya di Venezuela, ikan sapu-sapu hias ini memiliki karakter fisik berupa tubuh kehitaman dengan corak garis horizontal berwarna keemasan pada tubuhnya. Perpaduan dua warna ini membuatnya tampil menonjol dibandingkan ikan-ikan sapu-sapu lainnya.

6. Blue Phantom Pleco

Blue phantom pleco
Sumber gambar: Seriously fish

Jenis ikan sapu-sapu hias selanjutnya ini juga berasal dari Amerika Selatan. Tubuhnya berwarna biru gelap dengan sedikit pola bintik-bintik pada tubuhnya. Pada saat dewasa, jenis ikan sapu-sapu hias ini bisa tumbuh hingga sepanjang 15-17 cm.

baca juga: 11 Jenis Ikan Oscar: Predator Rupawan Pemikat Hati

7. Snowball Pleco (Hypancistrus Inspector)

Snowball pleco
Sumber gambar: Tropical fish site

Snowball Pleco atau Hypancistrus Inspector adalah jenis ikan sapu-sapu hias lainnya yang juga berasal dari perairan Amerika Selatan. Mengenali jenis ikan sapu-sapu hias satu ini cukup mudah, yakni memiliki totol-totol putih dengan ukuran cukup besar daripada bintik-bintik yang umumnya ada pada tubuh ikan sapu-sapu. 

Namun, jenis ikan sapu-sapu hias ini terbilang cukup agresif dan merupakan predator di alam liar sehingga tidak cocok untuk dicampur dengan jenis ikan lainnya, khususnya ikan berukuran kecil dan bersifat submisif.

8. Green phantom pleco

Green phantom placo
Sumber gambar: Aquarium domain

Berbeda dengan jenis-jenis ikan sapu-sapu hias sebelumnya yang memiliki tubuh dengan dominasi warna gelap dan kehitaman, Green Phantom pleco justru memiliki warna kehijauan dengan pola bintik pada tubuhnya sehingga membuat penampilannya cukup mencolok.

9. Tiger Plecostomus

Tiger plecostomus
Sumber gambar: Elena Studio

Dengan tubuh cantik dengan pola kuning keemasan dan kehitaman yang membentuk pola seperti tubuh macan, ikan sapu-sapu jenis Tiger Peckoltia adalah jenis ikan sapu-sapu hias selanjutnya yang bisa jadi alternatif mempercantik aquarium. Jenis ikan yang cukup mudah dirawat ini juga sangat mudah berbaur dengan jenis-jenis ikan lainnya karna sifatnya yang cukup ramah. Pada saat dewasa, ukuran dari Tiger Peckoltia bisa mencapai 12 cm.

10. Ikan Sapu-Sapu Acanthicus Adonis

Ikan sapu-sapu Acanthicus Adonis
Sumber Gambar: Seriously fish

Ikan sapu-sapu satu ini cukup jarang ditemukan di Indonesia, ia juga dikenal dengan lele lapis baja, karena kulitnya yang lebih keras dibanding ikan sapu-sapu lainnya dan tampilannya yang seperti lele.

Ikan sapu-sapu spesies ini dapat tumbuh besar hingga ukuran 1 meter atau 3,3 kaki. Warnanya juga hitam atau coklat dengan bintik-bintik putih di sekelilingnya.

11. Ikan Sapu-Sapu Baryancistrus Sp

Baryancistrus sp
Sumber Gambar: Encyclo Fish

Ikan sapu-sapu jenis berasal dari Amerika Selatan dan dapat ditemukan di lembah Amazon atau di sungai mengalir, panjangnya dapat mencapai 35 cm dan lebih aktif dimalam hari.

Ikan ini merupakan herbivora dan bisa kamu temukan dengan ciri-ciri tubuh hitam polkadot beserta warna strip kuning di sekujur tubuhnya.

12. Bristlenose Pleco

Bristlenose Pleco
Sumber Gambar: fisharoma.com

Ikan sapu-sapu jenis satu ini bisa tumbuh hingga 11,8 cm, ia juga cocok hidup dalam temperatur 23-28 derajat celcius. Jenis ikan sapu ini berasal dari Amerika Selatan dan mereka dapat hidup dalam pH air 5.8 sampai 7.8. Warnanya coklat, abu-abu atau hijau dengan bintik-bintik putih di sekelilingnya. 

baca juga: Kenali 15 Jenis Ikan Cupang, Mulai dari Cupang Liar, Hias hingga Aduan


Ternyata nggak cuma bermanfaat untuk bersihkan aquarium, berbagai jenis ikan sapu-sapu hias diatas juga cocok untuk mempercantik akuarium bersama ikan-ikan hias kesayanganmu lainnya.

Agar merawat ikan-ikan hias kesayangan jadi lebih mudah, yuk lengkapi perlengkapan memelihara ikan hias di Tokopedia. Mulai dari aquarium ikan hias, pompa aquarium, makanan ikan, hingga obat dan vitamin ikan bisa Toppers temukan dengan mudah cukup lewat satu aplikasi Tokopedia saja.

Pompa Akuarium
Jaga sirkulasi air aquarium dengan pompa pilhan!
© 2009-2023, PT Tokopedia