• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Jenis Jam Tangan Berdasarkan Movement, Gaya dan Kebutuhan

Share

10 Jenis Jam Tangan Berdasarkan Movement, Gaya dan Kebutuhan

Arloji ternyata diciptakan untuk berbagai kepentingan. Kenali jenis-jenis jam tangan berikut ini untuk panduan membeli sesuai kebutuhan!


Ketika membutuhkan penunjuk waktu, Toppers barangkali akan mencari-cari jam tangan. Ya, memang jam tangan memiliki fungsi tersebut, namun arloji tidak lagi hanya digunakan sebagai alat penunjuk waktu.

Kini, jam tangan pun memiliki fungsi fashion. Apakah hanya itu? Tentu, tidak.

Perkembangan zaman telah membawa perkembangan yang sama juga pada jam tangan. Telah terjadi penyesuaian fungsi jam tangan sesuai dengan situasi masyarakat, gaya hidup, budaya, dan sebagainya.

Sejak diperkenalkan pada abad ke-16, jam tangan sudah mendapatkan porsi perhatian di masyarakat. Apalagi, benda ini sangat dibutuhkan sejumlah orang pada masa itu.

Akan tetapi, jam tangan yang diperkenalkan kala itu masih menggunakan mesin penggerak mekanik manual (hand-winding). Jika dibandingkan dengan jam tangan kekinian, jelas berbeda, meski jam automatic masih jadi primadona hingga kini.

Sekarang, sudah ada jam tangan yang lebih beragam jenisnya. Mungkin, ada jenis jam tangan yang belum Toppers ketahui.

Yuk, simak berbagai jenis jam tangan sebagai berikut ini!

Belanja Bebas Ongkir
Nikmati promo Bebas Ongkir Tokopedia, biar belanja makin hemat!

Baca Juga: 10 Jam Tangan Automatic Rp 1 Jutaan Terbaik untuk Pecinta Arloji

Jenis-jenis Jam Tangan

1. Jam Tangan Quartz

jenis jam tangan
Sumber Gambar: Drama Club

Ini adalah jenis jam tangan paling umum digunakan di masa sekarang. Ditenagai penggerak Quartz, jam jenis ini disebut yang paling akurat soal ketepatan waktu.

Kekurangannya, jam tangan dengan movement Quartz masih membutuhkan baterai yang harus diganti secara berkali jika habis.

2. Jam Tangan Automatic

jenis jam tangan
Sumber Gambar: Crown & Caliber Blog

Berbeda dengan Quartz, jam tangan automatic atau yang menggunakan mesin mekanis tidak membutuhkan baterai. Mesin jam berjalan otomatis dengan mengandalkan tenaga dari penggerak itu sendiri. Ini biasanya digilai oleh para pecinta arloji.

“Tik-tok-tik-tok…” Itulah kekhasan jam tangan ini. Jam bermesin mekanis sangat mudah dikenal karena kamu dapat mendengar suara ticking. Umumnya berharga cukup mahal, namun kini harga yang ditawarkan lebih beragam.

3. Jam Tangan Chronograph

jenis jam tangan
Sumber Gambar: Pinterest/Tinashe Moyo

Salah satu jam tangan yang populer diperjual-belikan adalah jam tangan chronograpgh. Jenis jam tangan ini sebenarnya bukanlah inovasi terbaru, melainkan sudah ada sejak lama.

Pada awal 1800-an, petinggi kerajaan Prancis meminta bawahannya untuk menciptakan petunjuk waktu yang lebih akurat dalam kegiatan balap kuda.

Hasilnya, tentu jam tangan chronograph yang bercirikan tiga lingkaran waktu berukuran kecil di permukaan utama jamnya.

4. Jam Tangan Digital

jenis jam tangan
Sumber Gambar: G-Shock

Pada awal tahun 2000-an, jam tangan digital ramai beredar di pasaran. Jenis jam tangan digital memiliki bermacam fitur, termasuk alarm, varian waktu, stopwatch, dan lain-lain. Jam tangan digital membutuhkan baterai agar dapat beroperasi.

Seiring perkembangan teknologi, jam tangan digital telah berubah, bahkan berevolusi menjadi jam tangan yang lebih canggih lagi.

5. Smartwatch

jenis jam tangan
Sumber Gambar: YouTube/Techline – Linus

Bisa dikatakan bahwa jam tangan pintar atau smart watches merupakan hasil evolusi jam tangan digital. Jenis jam tangan ini sangat populer sejak 2010-an.

Utilitas smartwatches telah direpresentasikan oleh namanya, seperti adanya fitur pintar berupa GPS, kamera, serta sensor-sensor untuk merekam aktivitas sehari-hari dan olahraga

Selain itu, jam tangan cerdas ini dapat disinkronisasikan dengan ponsel pintar untuk memunculkan notifikasi panggilan, pesan masuk hingga kalender.

Jam tangan Casio Edifice
Temukan jam tangan tangguh Casio Edifiece pria dengan harga terbaik di sini!

Baca Juga: 10 Pilihan Jam Tangan Outdoor Terbaik, Tangguh dan Canggih!

6. Jam Tangan Militer

tipe jam tangan
Sumber Gambar: Berry’s Jewellers

Jam tangan militer didesain dengan material yang kuat dan kokoh. Selain itu, jam tangan militer bukan hanya sekadar aksesoris pergelangan tangan biasa saja, tetapi juga ada fitur-fitur khusus yang fungsional.

Seperti misalnya senter, nyala lampu SOS, dan fitur khusus lainnya. Jenis jam tangan ini sudah diperkenalkan sejak tahun 1800-an.

7. Jam Tangan Pilot

tipe jam tangan
Sumber Gambar: Lifestyle Asia

Ketika sedang mengudara, pilot membutuhkan fokus penuh sehingga benda-benda pendukung yang dimilikinya haruslah sesederhana mungkin, tidak terkecuali jam tangan.

Di kalangan pilot, terkenal jam tangan berjenis khusus yang biasanya digunakan oleh mereka yang aktif mengudara.

Jenis jam tangan pilot dibuat dengan desain dial yang besar dan jelas, bermaterial ringan, dan berfitur glow in the dark.

8. Jam Tangan Diver

tipe jam tangan
Sumber Gambar: Technobezz

Dive watches atau jam tangan selam merupakan jenis jam tangan yang biasanya dipakai oleh para penyelam ketika mereka melakukan aktivitasnya di bawah air.

Jenis jam tangan tersebut didesain secara tepat agar dapat bertahan di kedalaman sekitar 500 hingga 1000 kaki.

Namun, beberapa merek jam tangan yang mengeluarkan jenis ini biasanya memiliki water resistance yang lebih kuat lagi dan dapat digunakan di perairan yang lebih dalam lagi.

9. Jam Tangan Dress

tipe jam tangan
Sumber Gambar: Fashion Beans

Sementara jam tangan mewah memiliki fungsi yang mirip dengan jenis jam tangan ini, dress watches memiliki keunikannya tersendiri.

Jam tangan dress menonjolkan kesan yang sederhana, namun tetap menawan. Jam tangan ini menampilkan sisi elegansi yang dapat disesuaikan dengan pakaian.

10. Jam Tangan Perawat

tipe jam tangan
Sumber Gambar: Shutterstock

Para perawat membutuhkan jam tangan yang dapat menunjukkan waktu, akurasi detik yang sesuai detak jantung, dan tentunya terbuat dengan material yang mudah dibersihkan.

Ketika melakukan tugasnya, perawat sangat membutuhkan efisiensi waktu, misalnya jadwal-jadwal yang harus mereka laksanakan.

Selain itu, keutamaan jenis jam tangan ini adalah adanya petunjuk prediksi denyut nadi atau detak jantung.

Baca Juga: 10 Jam Tangan Pria Keren Pilihan dengan Harga Terjangkau

Kira-kira jenis jam tangan apa yang lebih sesuai dengan gaya dan kebutuhanmu, Toppers?

jual jam tangan casio g-shock murah
Cari jam tangan tangguh dengan fitur lengkap dan tahan banting? Cek Casio G-Shock dengan harga terbaik di sini!

Penulis: Ichsan Andi Lubis

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

8 Celana Dalam Pria Terbaik 2024, Super Nyaman dan Stylish!
Gaya dan Fashion Pria
8 Celana Dalam Pria Terbaik 2024, Super Nyaman dan Stylish!
© 2009-2024, PT Tokopedia