10 Jenis Kimchi yang Paling Populer dari Korea Selatan

0
1447
Jenis-jenis Kimchi

Ternyata jenis kimchi ada banyak lho, Toppers bukan cuma itu-itu saja. Simak macam-macam asinan sayur khas Korea berikut ini!


Jenis Kimchi – Annyeong! Untuk kamu yang suka memakan makanan khas Korea, pasti gak asing lagi dong kalau mendengar kata kimchi? Kimchi adalah salah satu kudapan tradisional asal Korea Selatan yang dipakai sebagai bahan baku dan juga side dish.

Kimchi dibuat dari sayur-sayuran dan difermentasi dengan cabai, sehingga mempunyai cita rasa asam dan pedas yang menggugah.

Kimchi sendiri mempunyai banyak jenis lho, inilah berikut jenis kimchi yang paling populer dari Korea!

tokopedia x bts

Baca juga: 7 Makanan Pedas Terlezat untuk Kamu Pecinta Kuliner Pedas

Jenis Kimchi Terpopuler di Korea

1. Baechu Kimchi

Jenis-jenis Kimchi
Sumber: Pixabay

Baechu kimchi jenis adalah sajian kimchi yang paling populer. Baechu kimchi bahan dasarnya terbuat dari sawi putih yang difermentasikan dan dibumbui dengan bubuk cabai, bawang putih dan minyak ikan.

Baechu kimchi tak hanya dijadikan sebagai kuliner pendamping, tapi juga bisa dijadikan tambahan nasi goreng dan dijadikan sup kimchi.

2. Chonggak Kimchi

Jenis-jenis Kimchi
Sumber: Maangchi

Conggak kimchi adalah kimchi terbuat dari lobak, dengan bahan-bahan sama seperti pada umumnya. Bedanya chonggak kimchi merupakan sajian lebih pedas dibandingkan dengan baechu kimchi.

Conggak kimchi memiliki tekstur lebih renyah dari kimchi jenis lainnya.

3. Oisobagi Kimchi

Jenis-jenis Kimchi
Sumber: Maangchi

Oisobagi kimchi adalah jenis kimchi yang terbuat dari bahan dasar mentimun. Mentimun dibelah empat bagian diatasnya lalu diisi beragam potongan sayuran yang telah dibumbui seperti lobak, wortel dan sawi.

Oisobagi kimchi disajikan sebagai hidangan pelengkap untuk menikmati sup lobak.

4. Bossam Kimchi

Jenis-jenis Kimchi
Sumber: Koreaherald

Bossam berarti sesuatu yang dibungkus atau dibalut. Kimchi ini dibuat menggunakan buah-buahan dan kacang-kacangan serta seafood yang diberi bumbu bubuk cabai, bawang putih dan minyak ikan dan kemudian dibungkus dengan kubis.

Kimchi ini termasuk salah satu kimchi yang paling sulit pembuatannya.

5. Gat Kimchi

Jenis-jenis Kimchi
Sumber: Pixabay

Gat kimchi terbuat dari fermentasi sawi hijau. Sebenarnya gat kimchi hampir sama pembuatannya dengan baechu kimchi, namun gat kimchi memiliki rasa ebih asam dan tidak terlalu berair seperti baechu kimchi.

Gat kimchi adalah jenis kimchi paling populer di provinsi Cholla.

Tteokbokki
Nikmati tteobokki yang gurih dan nikmat dengan cara mudah di sini!

Baca Juga: Cara Membuat Kimchi, Asinan Sayur Khas Korea yang Bikin Segar!

6. Baek Kimchi

Jenis-jenis Kimchi
Sumber: Maangchi

Berbeda dengan baechu kimchi, baek kimchi adalah kimchi yang dibuat tanpa tambahan pasta cabai sehingga tidak terasa pedas sama sekali. Baek kimchi berbahan utama sawi putih.

Baek kimchi dibuat dengan tambahan bawang putih, daun kucai, lobak, dan buah-buahan seperti pir Korea dan jujube atau lebih dikenal dengan kurma Korea.

7. Sseumbagwi Kimchi

Sseumbagwi kimchi terbuat dari akar sayur selada. Kimchi akar selada ini dipercaya mempunyai banyak khasiat. Namun, sseumbagwi kimchi memiliki rasa yang sangat pahit sekali.

Rasa asam pedas dan pahit jadi satu dalam sseumbagwi kimchi.

8. Tongbaechu Kimchi

Ini mungkin merupakan salah satu jenis kimchi yang paling populer kini. Terbuat dari sawi putih, asinan sayur ini bahkan sangat umum ditemui di berbagai restoran khas Korea di Indonesia.

9. Yangbaechu Kimchi

Jika kebanyakan kimchi yang lain difermentasi, yangbaechu kimchi tidak perlu mengalamai proses itu. Makanya, jenis yang satu ini juga dijuluki dengan nama ‘kimchi darurat.’

10. Kkaenip Kimchi

Kkaenip kimchi cukup unik dari varian lainnya. Bukan dari sawi maupun mentimun, varian yang satu ini terbuat dari tanaman kkaenip alias perilla yang mirip daun mint.

Kkaenip kimchi biasa disajikan dengan tambahan wijen setelah melalui proses fermentasi.

Baca juga: Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di K-Drama

Itulah 7 jenis kimchi yang paling populer dari Korea. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba jenis-jenis kimchi lain? Kamu gausah ribet-ribet lagi untuk mencari berbagai jenis kimchi karena sekarang kimchi sudah ada di Tokopedia!

Kimchi
Nikmati sayuran khas Korea bersensasi asam, pedas dan gurih yang menggugah di sini!

Bagikan Artikel