10 Jenis Tanaman Perdu Hias yang Percantik Halaman Rumah

0
129
jenis tanaman perdu hias, jenis tanaman hias semak

Ingin tambah keindahan halaman rumah tak perlu ribet. Cukup dengan jenis tanaman perdu hias berikut untuk menambah estetika bagian depan rumah!


Jenis Tanaman Perdu – Apabila kamu sedang mendekorasi halaman rumah barumu, atau ingin memberikan aksen pada rumahmu agar tidak terlihat membosankan, coba tambahkan tanaman agar terlihat segar dan indah.

Pilihan tanaman untuk dekorasi halaman rumahmu bukan merupakan hal yang sulit, karena banyak macam tanaman dari wangi hingga warna yang bisa memberikan rumahmu nuansa baru.

Salah satu yang bisa jadi pilihan adalan tanaman perdu. Jika kamu pernah mendengar tentangnya, tanaman ini berukuran kecil yang bisa dijadikan penambah aksen dari warna yang terdapat di tanaman ini.

Ingin tau jenis-jenis tanaman perdu yang cocok untuk rumahmu? Simak rekomendasi berikut ini, Toppers!

Baca juga: Mengenal 20 Jenis Tanaman Anggrek Tercantik yang Perindah Rumah

Jenis Tanaman Perdu / Semak Hias

1. Lili Paris

tanaman perdu, tanaman perdu hias
Sumber Gambar: Pinterest/Megan Walker Photography

Lili paris atau Chlorophytum comosum ini sering digunakan untuk dekorasi interior di rumah minimalis. Asal tanaman ini datang dari Afrika Selatan dengan fungsi yang dijadikan sebagai tanaman penghias, semak pembatas, dan tanaman untuk di pot gantung.

Tanaman ini memiliki warna daun panjang yang unik dan tahan akan sinar matahari langsung, sehingga untuk melakukan perawatan tidak sulit.

2. Bunga Soka

tanaman perdu, tanaman perdu hias
Sumber Gambar: Coina Photo

Bunga soka ini sudah familiar didengar dengan banyak orang. Bunga ini memiliki bentuk yang mini dan memiliki warna merah yang tajam, sehingga dapat memberikan elemen dan aksen tambahan yang dapat memberikan keindahan pada rumahmu.

Bunga ini biasanya ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias karena cantiknya dan tahannya kepada sinar matahari.

3. Ekor Tupai

tanaman perdu, tanaman perdu hias
Sumber Gambar: Flora dan Fauna

Tanaman ini memiliki bentuk yang sesuai dengan namanya, dengan bentuk daun yang memanjang dan tebal. Dengan bentuk yang unik ini, banyak yang minat dengan bentuk tanaman ekor tupai ini.

Namun, struktur tanaman ini memiliki struktur yang rapuh dan mudah patah. Tapi, apabila kamu rawat dengan baik, maka tanaman ini dapat tumbuh dengan panjang hingga 1 meter.

4. Rembosa Mini

jenis tanaman perdu, tanaman semak
Sumber Gambar: Rimba Kita

Tanaman perdu ini sudah terkenal di pasaran sebagai tanaman hias rumah. Bunga putih kecil yang dimiliki tanaman ini dapat memperindah taman rumahmu yang minimalis.

Hadir dengan banyak warna seperti hijau, kuning, dan silver, tanaman ini banyak dilihat bercampur dengan rumput atau semak-semak rumahan. Seperti tanaman perdu lainnya, tanaman ini tahan dengan paparan sinar matahari.

5. Philodendron

jenis tanaman perdu, tanaman semak
Sumber Gambar: Village Nuresies

Nah, untuk kamu yang mencari tanaman perdu hias untuk dalam rumah atau indoor, maka Philodendron adalah jawabannya. Tanaman ini tidak memerlukan paparan sinar matahari yang berlebih dan mudah untuk dirawat.

Warna tanaman ini juga cocok dan masuk ke semua tipe rumah, karena memiliki warna hijau yang menyegarkan ruangan.

Lampu Taman Minimalis
Tingkatkan estetika taman dengan lampu berdesain minimalis berikut!

Baca Juga: 15 Jenis Tanaman Bonsai Terbaik untuk Percantik Rumah

6. Mirten

jenis tanaman perdu, tanaman semak
Sumber Gambar: Flora dan Fauna

Jenis tanaman perdu ini dapat digunakan di luar maupun dalam rumah, sesuai dengan seleramu. Perawatannya pun sama seperti tanaman perdu hias lainnya, tidak memerlukan pemeliharaan yang sulit.

Tanaman ini juga sering digunakan sebagai tanaman bonsai yang memiliki daun-daun yang mekar. Pada pertumbuhan daun, mirten termasuk tanaman perdu yang cukup cepat.

7. Bromelia

jenis tanaman perdu, tanaman semak
Sumber Gambar: Plants & Flowers

Bromelia merupakan jenis tanaman perdu yang sering digunakan untuk mendekorasi kawasan wisata atau perumahan. Bentuk tanaman semak yang unik dan serupa dengan kuncup nanas ini memiliki warna hijau dan merah sehingga memberikan aksen keindahan pada taman.

Bromelia juga dapat menumbuh dan menempel di pepohonan pada alam bebas. Dan sekarang, tanaman ini dibudidayakan karena memiliki figur yang cantik.

8. Sutra Bombai

tanaman hias semak
Sumber Gambar: Gramha

Sutra bombai, rose mass, atau Portulaca sp. ini merupakan tanaman yang perlu dilakukan intensif penyiraman, karena tanaman ini menyukai area yang lembab. Tanaman ini merupakan hias untuk diletakkan di pot gantung, dan di semak-semak.

9. Bunga Puspa Bangsa

tanaman hias semak
Sumber Gambar: Good News from Indonesia

Bunga ini merupakan bunga melati, dengan tinggi yang dibawah 6 meter. Bunga ini memiliki struktur batang yang tegak. Bunga melati ini dijuluki sebagai Puspa Bangsa Indonesia.

Dijuluki demikian, karena bunga ini melambangkan kesucian serta kemurnian yang dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyaknya suku di Indonesia. Bunga ini cocok untuk mendekorasi rumah yang simpel dan konvensional sehingga beraroma wangi dan indah.

10. Bunga Kembang Sepatu

tanaman hias semak
Sumber Gambar: Wikipedia

Bunga ini merupakan jenis tanaman asal Asia Timur. Tanaman ini tentunya tidak berbau, dan merupakan bunga yang memiliki kelopak besar, berwarna merah, dan dapat tumbuh di iklim tropis dan subtropis.

Dapat ditemukan di alam bebas, jadi tidak susah untuk menanam tanaman hias semak ini untuk menghiasi halaman rumahmu.

Baca juga: 15 Tanaman Rambat Cantik nan Indah untuk Sempurnakan Taman Hunian

Jadi, bagaimana, Toppers? Sudah menemukan inspirasi untuk mendekorasi rumah dengan tanaman perdu? Jangan lupa untuk melakukan riset dalam merawat tanaman ya, agar terus subur dan sehat!

Dan jangan lupa, temukan perlengkapan dekorasi rumah dan perawatan taman terlengkap hanya di Tokopedia!

jual perabotan rumah tangga
Ingin mengisi perabatan rumah tapi budget terbatas? Lengkapi segera dengan barang termurah dan berkualitas terbaik di sini!

Bagikan Artikel